Apakah Bisnis Jual Beli Domain Menjanjikan?

Apakah Bisnis Jual Beli Domain Menjanjikan

Di internet yang luas ini ada banyak sekali jenis pekerjaan atau bisnis yang bisa dilakukan hanya bermodalkan koneksi internet dan perangkat pendukung seperti ponsel dan komputer. Mulai dari pekerjaan yang paling umum hingga yang paling unik ada di internet.

Pekerjaan di internet yang paling umum dan biasanya tidak jauh bebeda dengan yang ada di dunia nyata adalah marketing dan desainer grafis. Kedua pekerjaan ini cukup populer diberbagai belahan dunia, online maupun offline.



Ada juga pekerjaan (yang tergolong bisnis) hampir tidak diketahui oleh masyarakat umum, tapi hasil bisnis unik ini bisa membuat siapapun yang mendengar keuntungannya langsung ingin mengetahui seluk beluknya.

Ya, bisnis jual beli domain di internet adalah bisnis yang tergolong unik dan aneh. Untuk memulai bisnis unik ini hanya ada tiga langkah agar bisa mendapat hasil. Berikut ini tiga langkahnya :

Membeli Domain
Memasarkan Domain
Menjual Domain

Mudah, bahkan sangat mudah jika kita melihat ketiga step itu. Mudah bukan berati "gampang" karena siapapun yang ingin terjun ke bisnis ini harus menyediakan modal yang tidak sedikit. Bayangkan sebuah nama domain dihargai dengan $12 atau setara dengan Rp 150rb. Untuk menjalankan bisnis ini kamu diharuskan memborong domain agar bisa membuahkan hasil dan itu diperlukan modal yang bisa kamu sesuaikan dengan jumlah domain yang ingin diborong.

• 10 Domain = $120 setara dengan Rp 1,5jt
• 100 Domain = $1,200 setara dengan Rp 15jt
• 1.000 Domain = 12,000 setara dengan Rp 150jt

WOW.... Sangat besar kan modal untuk memulai bisnis ini.




Tapi jika kamu pelajari alur dari bisnis ini, seluruh modal diatas hanyalah untuk harga satu buah domain saja jika kamu berhasil menjualnya ke perusahaan.


Maksudnya gan?


Jika kamu bisa menemukan dan membeli nama domain yang diburu orang atau perusahaan, tentu semua modal akan kembali hanya dengan menjual satu domain penting saja. Domain penting ini adalah domain yang memang dicari dan dibutuhkan oleh perorangan atau perusahaan. Jadi berapapun harga yang kamu tawarkan mereka akan membelinya.

Perusahaan terkenal seperti Xiaomi telah membeli domain pendek singkatan dari merek mereka yaitu Mi.com dengan harga yang sangat fantastis 41,6 milyar pada tahun 2014 lalu. Pembelian domain tersebut lebih murah dibandingkan dengan harga dari domain pendek milik Facebook yaitu Fb.com yang dibeli pada tahun 2011 dengan harga 116,4 milyar dari pemik pertamanya.

Perusahaan-perusahaan menengah keatas tidak akan takut untuk membeli nama domain yang berkaitan dengan merek mereka sebab, daripada dibeli oleh kompetitor mereka akan lebih baik jika mereka membeli (mengamankan) nama domainnya. Begitulah sistem bisnis jual beli domain di internet.

Jadi domain yang kamu borong pada modal pertama haruslah domain-domain penting yang berkaitan dengan nama perusahaan atau merek / branding.




Saya sendiri belum memiliki ilmu untuk mencari dan menemukan nama domain yang berpotensi dibeli orang atau perusahaan. Jadi saya belum bisa memberikan tips banyak untuk memilih domain yang potensial.

Tapi beberapa tahun lalu saya berhasil menjual salah satu nama domain kepada orang yang luar negeri di salah satu situs domain market terkenal yaitu Freemarket. Domain saya berhasil terjual dengan harga $525 atau sekitar Rp 6,5jt. Awalnya saya hanya coba-coba pajang domain di Freemarket karena saat itu domain tersebut tidak terpakai padahal namanya lumayan bagus. Meskipun bukan nama perusahaan atau merek, ada orang yang berani membelinya dengan harga yang saya anggap tidak bisa ditolak.


Domain Terjual Di Freemarket


Tidak pakai basa basi saya langsung menjualnya, kira-kira penjualan berlangsung selama dua hari karena pembeli dan Escrow harus memverifikasi kepemilikan. Dan hari ketiga akhirnya dana masuk ke akun Paypal. Nominalnya berkurang sekitar $50 karena potongan dari Freemarket sebesar $25 dan potongan transaksi Paypal $22 sebagai biaya konversi mata uang dan perbedaan negara pengirim dan penerima.


Dana Masuk Ke Paypal
Dana Masuk Ke Paypal


KESIMPULAN :

Jual beli domain adalah bisnis yang berpotensi untuk meraup untung besar jika memiliki pengetahuan luas mengenai branding.


Banyak situs domain market yang tersebar di internet dan Freemarket adalah salah satu situs tempat saya menjual domain. Alasan mengapa saya memilih Freemarket adalah, disana kita tidak memerlukan biaya untuk melisting nama domain kita ke situs mereka. Dengan kata lain di Freemarket kamu boleh memajang nama domain kamu sebanyak-banyaknya secara gratis!

Bagi kamu yang ingin mencoba menjajakan nama domain bisa juga memajang nama domain kamu di situs-situs domain market sepeti yang sudah saya kumpulkan dibawah ini.

Daftar situs domain market terpercaya :

1. Flippa

2. Sedo

3. Igloo

4. Afternic

5. Freemarket

6. SnapNames

7. DropCatch

8. Bido

9. GoDaddy Auctions

10. NameCheap Marketplace

Situs-situs diatas adalah yang paling terkenal dan sering dijadikan wadah untuk jual beli domain berskala ribuan dolar. Contohnya Flippa, banyak pembisnis domain yang menjadikan situs ini andalan mereka. Sayangnya di Flippa kita membutuhkan biaya untuk memajang nama domain di situsnya. Selain tempat jual beli domain terpercaya, Flippa juga sekarang meluas dengan menambahkan fitur jual beli website dan aplikasi ponsel.



Saya rasa sudah cukup ya penjelasan mengenai jual beli domain ini. Kesimpulan dan modal juga sudah saya jebarkan diatas. Semua kembali ke diri masing-masing apakah berani mencoba atau tidak. Kalau saya pribadi jujur belum berani untuk menggeluti bisnis unik ini karena terkendala modal dan pengetahuan.

Oh ya, buat kamu yang ingin belajar sedikit-sedikit mengenai jual beli nama domain bisa juga bergabung dengan para senior di forum Namepros dan DN Forum untuk mencari petuah yang mungkin saja bisa bermanfaat.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar