Cara Agar Artikel Cepat Terindeks Di Google Kurang Dari 5 Menit

Cara Agar Artikel Cepat Terindeks Di Google Kurang Dari 5 Menit

Artikel cepat terindeks di mesin pencarian Google adalah hal wajib yang harus diketahui semua blogger dan webmaster. Gunanya agar setiap artikel yang ditulis segera masuk ke daftar pengindeksan Google dan langsung bisa bersaing dengan artikel-artikel lainnya dalam waktu kurang dari 5 menit saja.

Memang bisa? Sangat bisa!

Google sendiri menyiapkan alat yang bernama Fetch as Google dimana fitur ini terbilang sangat jitu untuk mengirim link artikel ke mesin pencari miliknya. Bagusnya, alat ini bisa digunakan secara gratis dan mudah digunakan.

Bagaimana cara menggunakannya?



Sebelum menggunakan Fetch as Google, kamu diharuskan mendaftarkan alamat blog ke Google Webmaster atau Google Search Console. Cara mendaftarkan alamat blog ke Google Webmaster sudah pernah saya ulas pada artikel sebelumnya mengenai Cara Verifikasi Blog Dan Website Ke Google Webmaster.

Kalau kamu sudah mendaftarkannya, sekarang kita lanjut untuk cara mengirim artikel ke Google, dan dalam waktu kurang dari 5 menit artikel kamu dijamin sudah terindeks di Google.


Cara Agar Artikel Cepat Terindeks Di Google Kurang Dari 5 Menit


1. Buka Google Webmaster dan pilih nama domain kamu yang ingin artikelnya di kirim ke Google.


Blog Di Google Webmaster
Blog Di Google Webmaster


Klik alamatnya seperti yang saya beri tanda kotak hijau.


2. Jika sudah, maka kamu akan dibawa masuk ke alat-alat webmaster yang bisa digunakan untuk mengontrol dan melihat perkembangan blog. Pilih menu Perayapan lalu klik Fetch as Google.


Fetch as Google
Fetch as Google

 BACA JUGA :  Cara Optimasi Blog Agar Mudah Ditemukan Google


3. Disana kamu akan diberikan kolom untuk memasukkan alamat artikel, masukkan alamat artikel kamu tanpa nama domain-nya seperti ini.


URL Artikel Fetch as Google
URL Artikel Fetch as Google


Lalu klik Ambil dan Render sampai muncul button Minta Pengindeksan.


Minta Pengindeksan
Minta Pengindeksan


Saat button kamu klik, pilih Rayapi URL ini saja.


Jenis Permintaan Indeks
Jenis Permintaan Indeks


Kenapa harus pilih yang itu gan?

Karena jika kamu memilih Rayapi URL ini dan link langsungnya, itu membutuhkan waktu lama untuk Google merender seluruh halaman-halaman artikel di blog kamu.

CATAT : Jenis permintaan indeks Rayapi URL ini dan link langsungnya sejatinya untuk mem-fetch homepage atau beranda blog saja dan bukan untuk mengirim link artikel ke Google. Fitur perayapan keseluruhan isi blog juga memiliki batas kiriman dan akan mencapai batas limit jika kamu mengirim lebih dari 10 kali dalam sebulan.



BATAS LIMIT PERMINTAAN :

Rayapi URL ini saja = 500 kali permintaan perbulan
Rayapi URL ini dan link langsungnya = 10 kali permintaan perbulan

Sesuai yang dikatakan oleh salah satu kontributor terpercaya di Google Webmaster Forum, Nazrina.


Google Webmaster Forum
Google Webmaster Forum

 BACA JUGA :  Teknik Menulis Artikel Blog Yang Menarik


4. Setelah itu artikel akan langsung masuk ke Google tanpa menunggu waktu. Biasanya hanya beberapa detik saja artikel kamu akan terindeks di Google.


Terindeks Kurang Dari 5 Menit
Terindeks Kurang Dari 5 Menit


Pada gambar diatas saya mengambil screenshot terlalu lama (3 menit) setelah melakukan fetch. Harusnya bisa lebih cepat dari itu, tapi karena tadi saya harus berganti browser dulu.




Sebelumnya saya menggunakan Google Chrome untuk melakukan Fetch as Google, kemudian mencari artikel yang terkirim ke indeks Google dengan Firefox. Hal ini saya lakukan untuk membuktikan apakah artikel benar-benar terindeks meski berganti-ganti browser.

Jika sudah terbukti ada di indeks Google, berarti sudah masuk indeks dan bisa dipastikan artikel juga akan bisa di temukan di seluruh browser dan gadget lain.


Begitulah Cara Agar Artikel Cepat Terindeks Di Google Kurang Dari 5 Menit. Pastikan kamu selalu mengirim artikel terbaru kamu menggunakan alat Fetch as Google yang disediakan khusus untuk para webmaster dan blogger.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status