Cara Beli Domain Dari Situs Luar Negeri (Namecheap)

Cara Beli Domain Dari Situs Luar Negeri

Ada beberapa alasan mengapa saya lebih memilih untuk membeli domain dari registrar luar negeri yaitu murah dan harga perpanjangan yang stabil. Karena alasan itulah saya selalu membeli domain maupun web hosting dari luarnegeri. Untuk domain saya pasti menggunakan layanan dari Namecheap karena sudah sangat terpercaya dan aman.

Tidak jauh berbeda dengan penyedia domain lainnya, Namecheap juga memiliki sistem yang sederhana untuk mempermudah kamu dalam membeli domain. Selain mudah dan aman, Namecheap juga memberikan salah satu fitur keamanan domain untuk menyembunyikan identitas pemilik yaitu WhoisGuard.



Jika kamu berkunjung ke situs penyedia domain luar negeri, mereka jarang sekali memberikan promo yang menjebak seperti buy one get one atau free domain name. Justru di Indonesia hal ini sangat sering kita temui dan hampir seluruh registrar menggunakan cara berpromosi seperti itu.

Kadang kita bisa menggunakan momen saat ada promo domain murah untuk menyewa domain murah selama satu tahun, dan tidak diperpanjang. Tapi jika kamu ingin memperpanjang nama domain yang kamu sewa, jangan kaget jika kamu akan dibebankan biaya super wow jika ingin memperpanjang domain di registrar Indonesia.

Memang tidak semua registrar di Indonesia berlaku seperi itu, namun ada bebepara penyedia yang sedikit "nakal" dan melakukan penyitaan domain secara halus dengan cara membebankan biaya yang jauh lebih mahal dari harga registrar lainnya.




Sebagai contoh, di salah satu registrar Indonesia harga penyewaan domain promo COM seharga Rp 50rb dan di registrar luar negeri $8 tentu lebih murah di registrar Indonesia. Nah, yang menjadi pertanyaan berapa harga perpanjangnya?

Di registrar Indonesia rata-rata domain COM dihargai Rp 130rb sampai Rp 150rb pertahun dan yang paling parah ada yang diatas Rp 200rb (registrar mahal seperti ini tidak sedikit dan ada banyak di Indonesia). Sedangkan di registrar luar negeri untuk perpanjangan atau renewal domain COM hanya $11 sampai $12 pertahunnya belum (normal dan tiak turun naik) lagi ditambah promo ringan yang biasanya selalu diadakan untuk renewal. Ya, meskipun promo registrar luar negeri tidak segila promo registrar Indonesia.

Sudahlah, kita tidak usah membhas soal harga domain ini. Sekarang kita bahas saja langsung Cara Beli Domain Dari Situs Luar Negeri khususnya di Namecheap.

Saya pribadi sudah lebih dari lima tahun menggunakan layanan registrar Namecheap dan sejauh ini belum pernah dikecewakan dengan mereka, karena pengalaman saya jadi saya ajurkan untuk memilih Namecheap sebagai registrar luar negeri yang terpercaya. Meskipun masih ada banyak registrar luar yang lebih terkenal dari Namecheap.


Cara Beli Domain Dari Situs Luar Negeri


1. Sebelum membeli domain, tentunya kamu harus memikirkan nama domain yang ingin kamu beli atau sewa. Pada tutorial ini saya mengambil domain aged (domain yang sudah pernah disewa orang sebelumnya) yaitu smallroom.info dengan usia hampir 11 tahun.


Domain Aged
Domain Aged


2. Jika kamu sudah memilih nama domain, selanjutnya cari domain pilihan kamu di kolom pencarian.


Pencarian Domain
Pencarian Domain


3. Setelah domain yang kamu inginkan tersedia, klik ikon keranjang untuk membelinya. Maka kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran.


Pembayaran Domain
Pembayaran Domain




4. Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan misalnya kartu kredit, debit atau Paypal. Pada proses ini saya menggunakan Paypal untuk membayar.


Pembayaran Domain Dengan Paypal
Pembayaran Domain Dengan Paypal


5. Klik Lanjutkan dan bayar. Tunggu beberapa saat hingga kamu diarahkan kembali ke Namecheap dan saat itu juga (apabila berhasil) domain sudah menjadi milik kamu.

PENTING : Kegagalan bisa saja terjadi jika akun Paypal belum terverifikasi atau tidak memiliki dana yang cukup.

Berhasil Beli Domain Dari Namecheap
Berhasil Beli Domain Dari Namecheap


6. Setelah domain sudah kamu beli dan berada pada dasbor, kamu bisa langsung mengubah yang kamu inginkan misalnya DNS atau Name Server.


Pengaturan Domain
Pengaturan Domain


7. Selesai.


Bahkan kamu tidak memerlukan persetujuan Namecheap untuk mengedit DNS atau Name Server, semua bisa dijalankan secara langsung dan otomatis. Hak kamu sebagai pemilik domain benar-benar dihargai karena tidak ada batasan apapun selama kamu tidak menggunakan domain tersebut untuk kegiatan yang merugikan orang lain.



Mudah kan membeli domain dari luar negeri? Mungkin hanya dalam waktu kurang dari lima menit, nama domain sudah menjadi milik kamu sepenuhnya dan bebas di otak-atik tanpa persetujuan dari Namecheap.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status