Cara Buat Email Dengan Nama Domain Sendiri (Webmail)

Cara Buat Email

Jika kamu memiliki domain sendiri seperti www.domainkamu.com atau nama situs usaha. Tentu membuat email dengan nama domain adalah pilihan yang tepat agar lebih terlihat profesional dan membuat calon klien menjadi lebih percaya.

Email dengan domain sendiri disebut dengan Webmail, yaitu layanan email yang di kelola menggunakan server host milik kita sendiri yang disediakan oleh web hosting. Jika web hosting yang kamu gunakan tidak memiliki akses ke webmail, kamu perlu mengirim tiket ke penjual (reseller hosting) untuk meminta akses ke webmail atau meng-upgrade paket hosting-nya.



Bagusnya, hampir semua penyedia web hosting sekarang memberikan akses webmail secara gratis. Tapi masih ada saja beberapa yang tidak mengijinkan, dan ada juga yang hanya mengijinkan pembuatan akun webmail 1 atau 2 saja. Intinya kamu harus pintar-pintar memilih web hosting terbaik untuk dapat mengakses dan menggunakan layanan webmail unlimited (tanpa batas).

Contoh Webmail Umum :

admin@domain.com
contact@domain.com
info@domain.com
support@domain.com
sales@domain.com


Apa manfaatnya membuat dan memiliki webmail?


Untuk situs web bisnis dan toko online webmail sangat penting untuk menambah kepercayaan calon klien. Dengan diberikannya alamat webmail di halaman kontak akan membuat calon klien yakin bahwa situs web benar-benar dikelola dengan maksimal dan dapat dipercaya. Pemilik web tentu mendapat satu nilai plus dari calon klien hanya memajang alamat webmail di kontak atau bagian bawah halaman.

Webmail sendiri tidak berkaitan sama sekali dengan layanan email seperti Gmail atau Yahoo. Webmail berdiri sendiri di atas web hosting yang kamu gunakan. Jadi, sepenuhnya webmail di kelola oleh hosting atau web server.


Bagaimana cara buat email dengan domain sendiri?


CATAT : Sebelum membuat webmail, pastikan kamu suah memiliki hosting yang mendukung akses ke webmail dan kamu bisa mengelolanya sebagai super administrator.

Untuk pembuatan webmail, ikuti step by step dibawah ini. Pastikan juga kamu membaca sambil mempraktikan agar lebih mudah di mengerti.


Cara Buat Email Dengan Nama Domain Sendiri


1. Login ke kontrol panel web hosting kamu.




2. Setelah berhasil masuk, cari menu Email dan klik Email Accounts.


Webmail Di cPanel
Webmail Di cPanel


3. Buat akun webmail baru dengan nama domain kamu.


Buat Akun Webmail
Buat Akun Webmail

Perhatikan setiap nomor dalam kotak hijau, dan isi sesuai yang kamu inginkan. Boleh juga samakan dengan gambar diatas.


4. Setelah akun webmail berhasil dibuat, login ke webmail untuk membuat profil. Khusus pengguna cPanel bisa langsung mengakses webmail melalui kontrol panel atau dengan link langsung ke https://domainkamu.com:2096 atau https://domainkamu.com/webmail.


5. Lengkapi data profil dan atur inbox webmail kamu seperti gambar dibawah ini.


Identitas Akun Webmail
Identitas Akun Webmail


Begitulah Cara Buat Email Dengan Nama Domain kamu sendiri. Tidak sulit jika kamu membaca tutorial ini sambil mempraktikannya langsung.


INFORMASI : Webmail juga bisa di sinkronisasikan dengan layanan Email di hp Android dan iPhone. Jadi kamu tidak perlu takut untuk ketinggalan pesan  email yang masuk ke inbox webmail karena sekarang kemanapun kamu pergi akan membawa webmail di ponsel.



Bagaimana cara mensinkronisasikan webmail di ponsel gan?


Gampang, kamu hanya perlu buka menu Email di ponsel dan atur in out server mail seperti dibawah ini.


Pengaturan Webmail Di Android
Pengaturan Webmail Di Android


Pengaturan Webmail Di Android (SSL/TLS)

Username : email@domainkamu.com
Password : ********
Incoming Server : mail.domainkamu.com
Outgoing Server : mail.domainkamu.com
IMAP Port : 993
POP3 Port: 995
SMTP Port : 465
Tipe Keamanan : SSL/TLS




Setelah semua kolom terisi sesuai fungsinya, sekarang kamu tes untuk menkoneksikan. Jika berhasil, berarti kamu mengisi semua kolom dengan benar, apabila salah atau autentikasi menampilkan info kesalahan, sebaiknya periksa lagi semua rincian webmail kamu dan coba lagi.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status