Cara Install Windows 10, 8 dan 7 Di USB Flashdisk

Cara Install Windows 10, 8 dan 7 Di USB Flashdisk

Cara install Windows di USB Flashdisk tidaklah sesulit yang kita bayangkan, bahkan hanya dalam hitungan menit dan beberapa kali klik Windows 10, 8 atau 7 dapat di install ke Flashdisk.

Saya sendiri sudah mencoba cara ini untuk menginstall dan menjalankan Windows 7 di USB Flashdisk, dan itu bukan hal yang sulit. Terlagi dengan bantuan software canggih yang bernama WinToUSB.



Software buatan EasyUEFI ini memang selalu menjadi primadona untuk kegiatan di komputer yang berhubungan dengan sistem operasi khususnya Windows.

WinToUSB terbilang software yang paling bagus dikelasnya dibanding software lain sejenis. Meskipun tergolong software gratis yang berguna untuk menginstall Windows di Flashdisk, ternyata WinToUSB juga bisa untuk membuat duplikat Windows (Clone) dengan syarat Flashdisk harus memiliki kapasitas penyimpanan yang lega.

Bagaimana cara menggunakannya?

Simak langkah-langkah dibawah ini dengan teliti.

PERSIAPAN :
a.) USB Flashdisk dengan kapasitas 16 GB atau lebih
b.) File ISO Windows 10, 8 atau 7 (32bit atau 64bit)
c.) Software WinToUSB (download di situs resmi WinToUSB)


Cara Install Windows 10, 8 dan 7 Di USB Flashdisk


1. Tancapkan Flashdisk kamu ke PC atau Laptop.

2. Backup semua file yang ada di Flashdisk, sebab dengan cara ini akan memformat seluruh kapasitas di Flashdisk.




3. Buka software WinToUSB kemudian pilih file ISO Windows dan pilih Flashdisk sebagai target penyimpanannya.


WinToUSB
Install Windows Dengan WinToUSB

CATAT : Dianjurkan untuk menggunakan USB Flashdisk dengan port 3.0.


4. Tunggu beberapa saat sampai instalasi selesai.


Proses Install Windows Dengan WinToUSB
Proses Install Windows Dengan WinToUSB


5. Setelah proses installasi selesai, sekarang kamu restart PC atau Laptop dan saat booting dimulai pilih USB Flashdisk.




Saat pertama kali menjalankan Windows di USB Flashdisk, kamu akan diminta melakukan pengaturan awal Windows seperti menginstall Windows pada umumnya. Ikuti saja semua langkah-langkahnya hingga Windows benar-benar selesai terinstall.


PENTING : Cara ini sudah saya coba sendiri untuk menginstall Windows di USB Flashdisk dengan kapasitas 16 GB menggunakan software WinToUSB versi gratis. Jangan coba untuk menginstallnya pada Flashdisk yang kurang dari 16 GB, karena ada kemungkinan akan terjadi error atau bad sector pada Flashdisk yang tidak mencukupi saat proses install.


WinToUSB
WinToUSB


Gambar diatas adalah tampilan folder USB Flashdisk saat saya melihat dari Windows 10 yang terinstall pada harddisk komputer.

Terlihat jelas bahwa di dalam Flashdisk ada beberapa file dan folder dan yang paling besar adalah file WinToUSB.VHD karena file inilah yang digunakan oleh Windows 7.

Didalam file itu terdapat partisi dan seluruh isi Windows 7 mulai dari sistem, software, driver dan beragam pengaturan juga data yang tersimpan.

INFO : File memang terlihat berukuran hampir memenuhi seluruh kapasitas USB, karena WinToUSB harus membuat partisi C:\ di dalam Flashdisk yang di dalam partisinya ada ruang kosong sebesar 7 GB.

Jadi, sebenarnya file WinToUSB.VHD masih kosong 7 GB yang bisa digunakan untuk menyimpan file dan data jika sedang menggunakan Windows 7 dari Flashdisk.


WintoUSB Windows 7
WintoUSB Windows 7



Nah gambar diatas ini adalah saat saya menggunakan Windows 7 dari USB, bisa di lihat bahwa partisi C:\ maish ada ruang kosong, tapi USB terlihat penuh.

Windows yang terinstall di USB Flashdisk dapat digunakan di PC atau Laptop manapun seperti On-The-Go (OTG)  jadi sangat efisien untuk dibawa-bawa.

Biarpun begitu, tetap ada kekurangan jika kamu melakukan install Windows di USB Flashdisk dan masalah yang paling umum ditemukan adalah Driver Display Adapter dan Driver WiFi mungkin akan bermasalah, jadi kamu wajib menggunakan LAN untuk berinternet.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

4 komentar:

  1. wah aku pake flashdisk 16GB dan enggak cukup untuk install windows 10 terbaru,.. makin kesini makin gede aja nih!

    BalasHapus
  2. kalau 16gb cocok untuk win7, kalau untuk win10 usahakan 32gb atau 64gb gan

    BalasHapus
  3. Padahal tinggal pake rufus terus rubah syatem boot nya pake usb di bios wkwkw 4gb cukup ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rufus hanya untuk install bootable. File ISO Windows aja bisa 2GB sebelum di ekstrak, belum lagi software yang bakal di install nantinya. :D

      Hapus

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status