Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop Berbasis Windows

Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop Berbasis Windows

Secara teknis seluruh sistem operasi buatan Microsoft sudah memiliki fitur optimasi yang bekerja pada sistem, tapi fitur tersebut tidak terlalu berpengaruh baik jika tidak di seimbangi dengan cara menggunakannya.

Apabila kamu memiliki komputer atau laptop dengan spesifikasi low-end, jangan paksakan untuk bekerja diatas batas kekuatannya. Misalnya, laptop dengan RAM 4GB dan VGA 1GB dipaksa untuk menjalankan software berat seperti software Design 3D atau software Rendering. Tentu saja laptop atau komputer akan sangat terpaksa menjalankan software itu, bahkan bisa saja laptop atau komputer kamu mati seketika karena kehabisan resource. Lebih buruknya lagi jika ada komponen yang rusak karena tidak sanggup melayani permintaan dari software. Jangan sapai ya hal seperti ini terjadi pada komputer atau laptop kita.



Oleh karena itu, gunakan laptop atau komputer yang sesuai dengan kemampuannya. Jangan muluk-muluk ingin ini ingin itu. Kalau kamu mau untuk menjalankan software berat, lebih bauk rakit komputer atau beli laptop dengan spesifikasi khusus yang diperuntukkan untuk menjalankan software berat.

Kita kembali ke judul mengenai Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop Berbasis Windows.

Untuk mempercepat kinerja komputer atau laptop, kita perlu meminimalkan proses yang berjalan di latar belakang dan melakukan sedikit eksperimen sederhana yang terbukti ampuh untuk memacu kinerja komputer atau laptop.



Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop Berbasis Windows



1. Gunakan Performa Maksimal




Untuk memaksimalkan kinerja komputer atau laptop, kamu bisa mencoba untuk nonaktifkan visualisasi yang tidak begitu penting seperti visual effect.

Untuk nonaktifkan visual effect yang tidak penting kamu harus masuk ke Windows sebagai Administrator dan perhatikan gambar dibawah ini untuk nonaktifkannya.


Adjust for best performance
Pilih Adjust for best performance untuk nonaktifkan semua visual effect


Jika sobat memilih Adjust for best performance tampilan Windows akan berubah menjadi kaku dan jadul, tapi performa komputer sobat bisa naik beberapa persen karena visual effect yang berfungsi untuk membuat animasi di nonaktifkan. Setelah itu, coba bandingkan kinerjanya setelah dan sebelum menggunakan best performance.


2. Rajin Membersihkan Sampah


Hapus Cache dan Registry Dengan CCleaner
Hapus Cache dan Registry Dengan CCleaner


Cache dan Registry yang tidak terpakai aalah sampah digital yang tersimpan pada harddisk komputer atau laptop kita. Cache dan registry ini biasanya akan menyimpan data seperti riwayat browsing dan registri software yang terinstall di komputer atau laptop.

Kamu bisa melakukan bersih-bersih sampah dengan bantuan software gratis seperti CCleaner atau Advanced System Care.

Saya jamin komputer atau laptop kamu akan memiliki ruang penyimpanan yang bertambah lega dan kinerja bertambah cepat.


3. Hentikan Service Latar Belakang

Service atau program yang berjalan di latar belakang Windows biasanya memakan memori yang bervariasi. Service yang selalu berjalan (running) di belakang layar tanpa kamu ketahui akan memakan memori ram yang akan menimbulkan beberapa masalah pada koneksi internet (jika ada fitur auto update) serta memperlambat kinerja Windows.

Beberapa contoh service yang selalu berjalan di latar belakang adalah Antivirus dan software yang memiliki akses internet. Untuk menghindari hal ini kamu dapat mengeceknya dengan cara manual, yaitu mengetikkan System Configuration pada pencarian Windows disudut kiri bawa layar, setelah terbuka pilih Services.


Service running in background
Service Latar Belakang


Selain services, software yang berjalan bersamaan saat Windows dimulai (startup) juga bisa kamu hentikan dengan memilih tab Startup. Kemudian pilihlah software yang kamu rasa tidak perlu untuk berjalan saat Windows dimulai.


Service Startup
Software yang berjalan bersamaan saat Windows dimulai


Semakin sedikit software dan services yang berjalan di latar belakang, semakin cepat juga kinerja komputer atau laptop kamu.


4. Hindari Membuka Banyak Tab Di Browser

Banyak orang tidak tahu kalau setiap tab di browser akan memakan memori ram. Hal ini akan mengakibatkan banyak memori terpakai dan Windows akan menjadi semakin berat atau LAG.

Kamu yang sudah membaca artikel ini bisa membuktikannya langsung dengan mengeceknya melalui Task Manager. Lihatlah berapa tab yang terbuka dan berapa banyak ram yang terpakai oleh setiap tab-nya.


Task Manager
Memori yang terpakai oleh Browser saat membuka banyak tab


Sebaiknya bukalah tab yang menurut kamu penting saja. Umumnya orang yang paham akan hal ini akan membuka 2 sampai 3 tab saat browsing agar terhindar dari LAG.


5. Uninstall SoftwareTidak Terpakai




Hapuslah software yang tidak penting sama sekali dari komputer kamu. Semakin sedikit software atau game yang terinstall, semakin cepat juga komputer atau laptop untuk berakrifitas.

Software yang mungkin tidak diperlukan di komputer atau laptop biasanya software yang jarang dibuka atau dipakai.



Itulah Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop Berbasis Windows yang bisa kamu lakukan sendiri. Saya jamin kalau sudah melakukan semua hal diatas dengan benar, kinerja komputer atau laptop kamu akan meningkat 20 – 30 persen dari sebelumnya.

Saat ini mungkin komputer atau laptop dengan RAM 2GB dan VGA 512MB sudah tidak bisa lagi diajak kompromi untuk menjalankan banyak aktifitas.

Seperti yang kita ketahui, software-software terkenal seperti Google Chrome, Firefox, CCleaner, Antivirus, dll terus melakukan inovasi dan merilis versi terbaru yang membutuhkan lebih banyak resource dari versi terdahulunya.

Kemungkinan besar software-software terbaru dan yang akan datang nanti membutuhkan komputer atau laptop dengan spesifikasi yang lebih dari saat ini.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status