Cara Menambahkan Merek Atau Nama Usaha Ke Google Bisnisku

Cara Menambahkan Merek Atau Nama Usaha Ke Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan layanan gratis yang mudah digunakan dan diperuntukkan bagi pemilik bisnis atau usaha dan organisasi untuk mengelola keterlihatan merek mereka secara online di Google, termasuk di hasil penelusuran dan Google Maps. Dengan menambahkan, mengedit dan memverifikasi nama bisnis atau usaha, kamu dapat membantu pelanggan menemukan nama itu dengan mudah.

Layanan ini sejatinya sudah diperkenalkan oleh Google beberapa tahun lalu dan sejauh ini sudah banyak perusahaan dan organisasi yang menggunakannya agar merek mereka mudah ditemukan di penelusuran Google dan Maps.



Sebagai contoh, jika kita mencari merek Ford, maka Google akan menampilkan brand mereka tepat disamping kanan layar atau hasil penelusuran seperti gambar yang saya tandai dengan kotak hijau dibawah ini.


Ford Google Bisnisku
Tampilan Ford Di Google Bisnisku

Para pencari merek atau nama usaha tentu akan melihat kolom tersebut karena memang sangat ditonjolkan di halaman pencarian dan membuat nama usaha atau merek kamu cepat dikenal oleh publik dan terverifikasi (terpercaya) oleh pencari / calon klien.

Saya anggap kamu sudah paham ya apa itu Google Bisnisku (Google My Business) ini. Jadi kita bisa langsung ke proses pendaftaran saja. Simak langkah-langkah dibawah ini untuk menambahkan merek atau nama usaha ke Google Bisnisku.


Cara Menambahkan Merek Atau Nama Usaha Ke Google Bisnisku



1. Buka alamat Google Bisnisku di https://www.google.com/business/ kemudian klik Start Now jika kamu belum pernah menaftar sebelumnya. Tapi jika sudah pernah mendaftar, klik Sign In.




2. Setelah kamu mengklik start akan dihadirkan form untuk memasukkan nama bisnis, usaha atau organisasi.


Nama Usaha Di Google Bisnisku
Nama Usaha Di Google Bisnisku


Ketikkan nama bisnis kamu dan pastikan nama tersebut benar-benar ada sebab akan ada verifikasi di Maps dan melalui telepon nantinya. Jika sudah, klik Next dan isi alamat bisnis, usaha atau organisasi kamu disana.


Lokasi Google Bisnisku
Informasi Lokasi Google Bisnisku


3. Setelah semua alamat sudah terisi dan kamu sudah mengklik Next kedua kalinya, sekarang saatnya untuk memasukkan informasi kontak berupa nomor ponsel dan alamat website.

PENTING : Gunakan alamat dan nomor telpon yang benar, karena nanti aka di verifikasi.


Kontak Google Bisnisku
Informasi Kontak Google Bisnisku

4. Tahap keempat adalah manfaat yang akan kamu dapat jika berhasil memverifikasi Google Bisnisku, klik saja Continue.


Verifikasi Google Bisnisku
Verifikasi Google Bisnisku

5. Pilih cara verifikasi pertama yang paling mudah yaitu verifikasi lokasi/alamat dengan mengetikkan nama penerima pada kolom Contact name dan klik Mail.




Maka otomatis proses pengiriman kode akan langsung diproses dan dikirim oleh Google ke alamat yang kamu tulis pada langkah ke 2.


Langkah Verifikasi Google Bisnisku
Langkah Verifikasi Pertama Google Bisnisku


6. Tunggu samapai kode diantarkan kerumah kamu (biasanya dalam beberapa hari kerja) dan jika kode sudah sampai,  masukkan kode tersebut pada bagian Enter Verification Code.


Enter Verification Code Google My Business
Enter Verification Code


7. Apabila verifikasi berhasil dan lokasi aktif, maka nama usaha, bisnis atau organisasi kamu akan segera muncul di penelusuran Google dan Maps.

Lokasi Google Bisnisku Dipublikasikan
Lokasi Google Bisnisku Dipublikasikan

Jika status sudah Dipublikasikan itu menandakan bahwa lokasi dan nama bisnis, usaha atau organisasi kamu sudah sepenuhnya aktif dan dapat ditemukan pada penelusuran serta Google Maps.



Nantinya, akan diminta verifikasi kedua yaitu melalui panggilan telpon dan sms beberapa minggu atau bulan kedepan untuk memastikan bahwa nomor ponsel aktif.


Begitulah Cara Menambahkan Merek Atau Nama Usaha Ke Google Bisnisku yang bisa saya sampaikan. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah iatas ini untuk mencantumkan nama usaha bisnis atau organisasi ke Google Bisnisku.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status