Cara Mengamankan Website Dari Serangan DDoS Hacker

Cara Amankan Website Dari Hacker

Apabila kamu seorang webmaster yang mengelola website instansi pemerintah atau website milik perusahaan ternama, ada baiknya kamu membaca artikel ini terlebih dahulu untuk memproteksi serangan-serangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ada jutaan serangan DDoS yang dilancarkan hacker setiap bulannya dan mungkin saja akan menargetkan web server atau website yang sedang kamu kelola. DDoS memang bukan satu-satunya cara hacker untuk merobohkan sebuah website atau web server, ada banyak cara yang mereka gunakan untuk melangsungkan serangan yang sifatnya merusak.



Salah satu perusahaan penyedia CDN terkenal, Cloudflare mampu menangkis serangan-serangan hacker atau attacker seperti DDoS (Distributed Denial of Service ) atau berbagai macam jenis penargetan lainnya yang ingin menumbangkan website atau web server. Hanya dengan mengkoneksikan website kamu ke Cloudflare, itu sudah lebih dari cukup untuk menangkis serangan DDoS.


Apa sih DDoS itu?


Distributed Denial of Service atau disingkat DDoS adalah jenis serangan yang dilakukan oleh hacker terhadap web server atau alamat website dengan cara menghabiskan sumber daya (resource) yang dimiliki oleh server (komputer server) sampai komputer tersebut tidak dapat lagi berfungsi.

Tentu dengan tidak berfungsinya sebuah web server maka seluruh website yang ada pada folder-folder web server tidak akan bisa di akses di internet alias down.


Server Down
Server Down


Ngeri tapi mengharukan, karena serangan DDoS ini hanya bisa ditangkal apabila web server yang kita tumpangi sudah menerapkan penagkal DDoS seperti bermitra dengan Cloudflare atau perusahaan keamanan internet lainnya.

INFORMASI : Meskipun kita (pemilik website) sudah menerapkan cara untuk menangkal serangan DDoS, tapi jika web server tempat kita menyewa hosting tidak menerapkan penangkalnya. Pastilah web server termasuk website kita akan tumbang juga jika hacker menargetkan DDoS ke alamat IP web server.




Oke tidak usah banyak basa basi ya, kita langsung saja ke inti pembicaraan mengenati cara penagkalannya dan menghindari situs dari aksi edan hacker atau attacker.


Cara Mengamankan Website Dari Serangan DDoS Dan Hacker 


1. Daftar atau Login di situs Cloudflare kemudian tambahkan situs kamu disana.


Tambah Situs Web Ke Cloudflare
Tambah Situs Web Ke Cloudflare


Jika sudah, ikuti intruksi selanjutnya hingga menemukan perubahan Nameserver. Saya sudah menjelaskan cara menambah situs web ke Cloudflare pada artikel ini silahkan dibaca.


2. Rubah Nameserver website kamu ke Naneserver milik Cloudflare.


Nameserver Cloudflare
Nameserver Cloudflare


Tunggu sampai website kamu benar-benar terhubung ke Cloudflare. Biasanya memakan waktu antara 30 menit samapai 1 jam. Jika sudah terhubung ditandai dengan status aktif.


Cloudflare Aktif
Cloudflare Aktif


3. Selesai.


Hanya dengan tiga langkah diatas kamu sudah bisa menerapkan penangkal hacker dan DDoS untuk website. Saya sendiri menggunakan Cloudflare pada salah satu website yang saya bangun dengan WordPress dan sampai sekarang normal terkendali meskipun ada beberapa percobaan serangan yang terekam dalam catatan analisis Cloudflare.



Selain untuk menangkal serangan DDoS dari hacker atau attacker, Cloudflare juga berfungsi untuk meningkatkan keamanan website dari spamer seperti komentar dan pengunjung yang menggunakan vpn atau proxy.


Cached Cloudflare
Cached dan Uncached Cloudflare


Poin terakhir yang paling saya banggakan dari Cloudflare adalah penyimpanan bandwidth yang dapat menghemat bandwidth hosting. Dengan fitur ini saya dapat menyimpan bandwidth website veverapa persen dan itupun hanya untuk pengunjung yang benar-benar bersih dan bukan robot.


Simpan Bandwidth Dengan Cloudflare
Simpan Bandwidth Dengan Cloudflare


Apa sih gan manfaatnya cached?


Dalam dunia website yang tetap menggunaka komputer sebagai server induk, Cache adalah mekanisme penyimpanan data sementara yang digunakan untuk menyimpan data atau instruksi yang sering diakses. Memori cache dimaksudkan untuk memberi kecepatan memori untuk mendekati memori yang paling cepat. Dan dengan menggunakan cache halaman website akan semakin cepat diakses.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar