Cara Sharing Folder Dan File Dari Windows Ke Mac

Cara Sharing Folder Dan File Dari Windows Ke Mac

Sharing folder dan file dari Windows ke Mac kini sudah lebih mudah berkat adanya fitur OSX built-in untuk terkoneksi dengan Server Message Block (SMB) Protocol milik Miscrosoft yang memungkinkan akses baca dan tulis antara kedua komputer.

Cara sharing ini dapat dilakukan dengan beberapa langkah di System Preferences Mac. Setelah itu, lanjut ke setting sesuai dengan langkah-langkah yang akan saya ungkap pada tutorial ini. Syarat utama sebelum melakukan sharing adalah komputer Windows dan Mac harus dalam satu koneksi internet yang sama atau Local Area Network (LAN). Pengguna Windows harus bisa melihat koneksi komputer Mac pada jaringan lokal.



Selanjutnya kamu dapat men-setting folder sharing di Mac. Masing-masing folder berbeda akses baca dan tulismya. Maka dari itu, kamu harus menyesuaikannya satu persatu.

Mari kita lakukan bagaimana cara sharing folder dan file ini dapat dilakukan. Simak panduannya dibawah ini dengan teliti.


Cara Sharing Folder Dan File Dari Windows Ke Mac


1. Setting Sharing Di Mac

Langkah pertama adalah memulai dengan membuka menu Sharing di System Preferences Mac kamu.


System Preferences Mac
System Preferences Mac


Saat berada di menu Sharing, centang kotak yang ada di samping File Sharing. Kamu juga bisa sharing multimedia seperti DVD, CD dan lain sebagainya.

Ketika File Sharing sudah diaktifkan, Mac akan menunjukkan alamat IP Mac seperti pada gambar di bawah.


IP Mac
IP Mac

Klik Options dan di dalam menu options, centang Share files and folders using SMB (Windows) dan Share files and folders using AFP.

Selanjutnya kamu bisa memilih akun pengguna mana yang memiliki akses sharing (kamu akan perlu akun pengguna saat mengkoneksikan fitur sharing dari Windows ke folder sharing milik Mac).

Jika fitur sharing tidak diaktifkan untuk akun pengguna, maka kamu tidak akan dapat menggunakan kredensial untuk terhubung ke folder sharing Mac dari Windows nanti.


Workgroup Mac
Workgroup Di Mac


Apabila settingan sudah siap, klik Done dan kembali ke menu Sharing.


2. Menambahkan Folder Sharing

Masih di folder sharing, sekarang klik tombol + untuk menambahkan folder mana saja yang boleh di sharing.


Tambah Folder Sharing Mac
Tambah Folder Untuk Di Sharing


Finder akan terbuka, kamu bisa telusuri lalu pilih folder mana saja yang ingin di sharing dengan Windows, setelah selesai memilih klik Add.


Folder Sharing Finder
Memilih Folder Sharing Dari Finder


3. Memilih Atau Menambah Pengguna

Sorot ke bagian akun pengguna dan saat kamu berada di dalamnya, pilih izin ke akun pengguna yang ingin ditugaskan untuk baca dan tulis. Kamu dapat memilih salah satu dari hak akses untuk baca dan tulis, baca saja, tulis saja atau tanpa akses.

Sebaiknya, jika komputer Windows dan Mac milik kamu pribadi atau milik perusahaan dan hanya kamu yang menggunakannya, berikan saja izin untuk baca an tulis agar lebih mudah untuk di sharing nantinya.


Permission Read and Write Mac
Hak Akses Baca dan Tulis Di Mac


Melakukan setting ini, kamu dapat menyesuaikan beberapa folder sekaligus, dengan masing-masing hak akses yang berbeda-beda.

Ketika kamu selesai menambahkan dan menyesuaikan folder sharing serta menyiapkan izinnya untuk masing-masing folder, sekarang saatnya beralih ke Windows.



4. Mengakses Folder Sharing Mac Dari Windows

Ketika semua setting di Mac sudah diselesaikan, sekarang saatnya kamu untuk mengakses folder Mac dari Windows.

Buka File Explorer di Windows dan klik Network. Disana kamu akan bisa melihat nama komputer lain pada jaringan yang sama, termasuk komputer Mac yang baru saja di setting pada langkah ke 1-3 diatas.


Mac Di Windows
Folder Sharing Mac Terlihat Di Windows


Apabila kamu tidak dapat melihat nama komputer Mac, ada kemungkinan kamu lupa untuk mengkoneksikannya ke jaringan yang sama dengan Windows. Periksalah kembali untuk menghubungkan keduanya di jaringan yang sama.

Jika sudah, klik 2X pada nama komputer Mac, maka kamu diminta untuk mengetikkan informasi akun pengguna untuk sharing folder dan file.

Di kolom pertama, ketik nama Mac kamu, diikuti dengan tanda slash terbalik (\) dan kemudian nama akun pengguna Mac. Terakhir, ketikkan password akun pengguna Mac dan klik OK.

PENTING : Jika kamu tidak mengetikkan nama komputer Mac, maka kamu tidak akan bisa mengakses folder sharing.

Kemudian, seluruh sharing folder dan file dari komputer Mac akan ditampilkan pada File Explorer Windows seperti gambar dibawah ini.


Sharing Folder dan File Windows Ke Mac
Sharing Folder dan File


Nah sekarang kamu bisa berkirim dan terima data dari kedua komputer tersebut. Ingat bahwa keduanya harus dalam satu jaringan yang sama agar bisa digunakan untuk saling berkoneksi.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status