Ciri Hosting Yang SEO Friendly

Hosting SEO Friendly

Selain dapat menyimpan seluruh database dan seluruh konten website atau blog berbasis CMS (Content Management System), ternyata hosting juga bisa untuk mempengaruhi kualitas SEO. Namun, hanya hosting dengan spesifikasi khusus yang memenuhi kriteria yang dapat digunakan untuk kepentingan optimasi SEO.

Banyak forum webmaster yang membahas mengenai hosting SEO, lebih tepatnya VPS SEO. Karena akan ada beberapa penyesuaikan khusus yang diperlukan dalam langkah-langkan mengkustimisasi dan VPS akan bisa melakukan itu semua.



Ane baru denger gan hosting untuk SEO?


Kalau kamu baru saja dengar atau tahu ada hosting yang memiliki pengaruh besar terhadap SEO, berarti kamu belum bernah berkunjung ke forum webmaster orang bule.

Hosting yang khusus dibangun untuk keperluan Optimasi SEO sebenarnya tidak berbeda jauh dengan hosting pada umumnya yang memiliki ruang penyimpanan dan batasan bandwidth. Tapi ada beberapa kriteria yang membuat sebuah hosting menjadi efektif dan berfungsi lebih daripada hosting biasa.

Karena hosting SEO masih sangat sedikit yang menjualnya di internet, jadi apa salahnyakalau  saya beri sedikit informasi mengenai kriteria tertentu yang membuat beda antara hosting biasa dan hosting SEO. Berikut perdenaannya :


Ciri Hosting Yang SEO Friendly


1. Fresh IP

Fresh IP atau alamat IP (Internet Protocol Adress) yang baru di daftarkan sebagai ip server adalah salah satu kriterianya. Dengan IP baru, tentu Google dan Antivirus serta situs-situs pencatat daftar hitam belum memberikan reputasi pada alamat ip tersebut hingga dan membuat server host yang fresh ip tersebut mudah diterima dengan baik oleh mesin pencari dan alat-alat pendeteksi spammer.




Hosting Fresh IP yang dijual di internet memiliki harga yang lumayan mahal dan jauh dari harga hosting pada umumnya. Hampir tidak ada reseller web hosting yang menjual hosting fresh ip ke publik, karena sudah di booking dari atas-atasnya oleh pemain SEO Expert.

Tapi kalau kamu memiliki budget lebih dan ingin merasakan memakai hosting SEO, silahkan mencarinya di forum webmaster orang bule.


2. Kecepanan Respon / Ping


Faster Speed


Tidak jauh berbeda dengan pemilihan template yang fast speed, di hosting juga hal ini berperan penting. Semakin cepat server merespon browser pengguna, semakin bagus kualitasnya. Biasanya server dengan ping cepat dihargai mulai dari $20 sampai $30 perbulannya atau setara dengan Rp 300rb sampai Rp 450rb.

Banyak penjual hosting cepat di internet dan beberapa diantaranya sudah mendunia seperti Google Cloud Platform dan Amazon Web Services (AWS).


3. Menghormati DMCA




Di internet Digital Millennium Copyright Act (DMCA) berperan penting sebagai pengadilan yang tugasnya menyortir dan memblokir setiap halaman web yang melanggar kebijakan di internet seperti pelanggaran hak cipta atau pelanggaran konten negatif.

Hosting yang selalu mematuhi dan menaati aturan DMCA tentu akan lebih dihormati oleh mesin pencari sebab mereka menjunjung tingga hak cipta dan kebijakan berinternet. Hosting jenis ini jarang sekali diminati oleh kalangan blogger dan webmaster yang sering mengunggah konten berhak cipta. Tapi untuk bermain White Hat SEO tentu sudah tidak perlu diragukan lagi keampuhannya.


4. Pengelola Terverifikasi


ID Card


Setiap hosting yang ada di internet sebenarnya hanya di kelola oleh sebagian kecil dari penyedia server. Beberapa diantaranya adalah Amazon, Google dan OVH. Catatan pemilik dari sebuah server hosting tidak bisa ditutup-tutupi dan kita juga bisa melihat siapa pemilik server induk sebenarnya . Semakin bagus reputasi pemilik server, maka akan semakin mudah diterima di mesin pencari.

 BACA JUGA :  6 Hal Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Menyewa Web Hosting

5. Terintegrasi Dengan Tools VIP

Yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu ya bahwa sebenarnya server atau vps bisa di kustomisasi sesuai dengan keinginan kita untuk menjalankan tugas yang jauh lebih banyak daripada shared hosting.

Khusus hosting yang servernya sudah disesuaikan dengan alat-alat SEO VIP untuk kebutuhan optimasi, tentu bukan hal aneh jika setiap web yang dibangun di dalam hosting tersebut cepat naik ke permukaan Google dan mesin pencari.


SEO Concept


Tools SEO VIP yang paling sering digunakan oleh berbagai server SEO adalah Scrapebox, SENuKe TNG, GSA, Xrumer dan banyak lagi.

Kalau kamu pernah jalan-jalan untuk mencari Hosting SEO atau VPS SEO di Google mungkin pernah menemukan reseller yang sudah menerapkan alat-alat SEO canggih ke servernya. Jenis hosting ini paling sering digunakan untuk tindakan Blackhat SEO yang penyewanya ingin hasil maksimal tanpa berpromosi normal.

 BACA JUGA :  Daftar Web Hosting Terpercaya Di Indonesia

Kebanyakan reseller web hosting tidak memperdulikan hal ini dan membiarkan kliennya menggunakan hosting berkualitas kurang baik untuk membuat situs web atau blog yang berisikan konten terlarang. Sangat disayangkan, karena hal ini dapat merusak citra dari IP server tersebut dan membuatnya tercatat sebagai IP yang dicurigai melanggar.

Jika sudah tercatat dalam daftar hitam, sebagus apapun konten atau artikel dalam halaman web, sulit untuk masuk ke posisi pertama mesin pencari khususnya Google.



Itulah sedikit informasi mengenai Ciri Hosting Yang SEO Friendly yang saya ringkas dari berbagai sumber. Jika saya cermati dan telaah, semua hal tersebut memang benar adanya dan bisa dibuktikan.

Jika ada kesalahan dalam penjelasan diatas, mohon untuk di koreksi dan bila ada yang kurang jangan ragu untuk memberikan tambahan.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar