Faktor Penentu SEO Paling Dasar

Faktor Penentu SEO Paling Dasar

SEO atau Search Engine Optimization adalah hal yang sangat penting dalam dunia blogging dan webmaster guna untuk menarik pengunjung kedalam halaman web atau blog.

Ada banyak Faktor Penentu SEO Paling Dasar yang dapat membuat sebuah halaman web menjadi sangat SEO Friendly dan sering duduk diurutan pertama mesin pencari Google.

Untuk web yang memiliki spesifikasi khusus seperti toko online, corporate, dan sejenisnya hal ini tentu sangat penting untuk diketahui dan di praktikkan karena dengan melakukan penoptimalan akan membuat daya jual semakin tinggi. Bayangkan jika seseorang yang sedang mencari produk atau jasa di internet menjadi semakin mudah menemukan halaman web kita.



Dengan kata lain, semakin banyak orang yang berkunjung dari mesin pencari, semakin besar juga peluang untuk mendapatkan banyak pembeli atau klien. Hanya bermodalkan Optimsi SEO semua itu bisa di lakukan.


Bagaimana cara membuat halaman web atau blog yang SEO?


Dibawah ini adalah beberapa strategi paling dasar yang sayakemas dari berbagai sumber di internet dan memang terbukti sangat efektif untuk meningkatkan SEO sebuah halaman web atau blog di mesin pencari.



Faktor Penentu SEO Paling Dasar



1. Pemilihan Hosting / Server Yang Handal

Hosting Cepat

Hosting adalah salah satu kunci utama yang membuat sebuah halaman web menjadi cepat di akses. Semakin cepat dan stabil halaman di muat, semakin suka mesin pencari dengan web tersebut. Oleh karena itu, pilihlah hosting yang terpercaya dan memiliki koneksi cepat serta stabil.

Contoh sederhananya, jika sebuah web yang kita akses memiliki server di Amerika (US) dan kita mengaksesnya dari Indonesia, tentu halaman web itu akan lambat dimuat. Berbeda jika kita menggunakan hosting yang memiliki server di Indonesia (IIX), pasti halaman web akan sangat cepat.

Pengunjung akan senang jika web yang mereka akses sangat cepat dimuat. Maka dari itu kamu wajib memikirkan matang-matang untuk memilih penyedia hosting atau server yang benar-benar terbukti kecepatannya.


2. Struktur Pengkodean

Struktur Pengkodean

Umumnya hampir semua website yang ada di internet dibangun menggunakan bahasa web programming seperti PHP, HTML, CSS, JavaScript dan Database. Namun sangat disayangkan, jarang sekali webmaster dan blogger yang memperhatikan struktur pengkodean, sebenarnya hal ini sangat penting untuk membuat Googlebot bisa merayapi halaman per halaman dengan mudah.

Struktur pengkodean juga sangat berpengaruh pada sebuah pencarian Google, karena mereka menganjurkan untuk setiap developer atau pengembang web melakukan susunan kode yang tepat.

Semua urutan kode harus tersusun rapih dan jelas agar mesin perayap milik Google dapat membaca dan menelusuri seisi website dengan baik.

Panduan-panduan mengenai struktur kode sudah dijelaskan oleh Google pada halaman Guide for Webmaster.

Bagi kamu yang merasa kesulitan untuk menerapkan langkah-langkah yang dianjurkan, sebaiknya menggunakan jasa spesialis untuk mengerjakannya agar tidak terjadi hal-hal yang diluar dugaan.

PENTING : Kesalahan dalam mengedit kode dapat mengakibatkan web rusak atau bahkan tidak ditemukan di mesin pencari. Berhati-hatilah jika kamu pertama kali mengikuti langkah-langkah penyesuaian kode.


3. Konten Menarik, Bermanfaat dan Original

Konten

Hampir seluruh pakar SEO di internet menganjurkan konten yang ada di web atau blog asli ditulis oleh pemilik atau author-nya. Sebab konten akan menjadi salah satu faktor penentu yang membuat halaman web mudah ditemukan di mesin pencari.



Konten yang menarik, bermanfaat dan original akan membuat halaman web lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Misalnya, web dengan nama domain belajarbahasainggris.com namun kontennya berisi tentang bahasa jawa. Apakah itu bermanfaat? Tentu saja tidak!

Google akan menampilkan hasil pencarian yang paling relevan untuk ditampilkan ke pengguna. Meski metode pencarian Google adalah sistem, tapi ada algoritma yang cukup rumit didalamnya dan mustahil untuk dikelabui.

Jika konten web kurang menarik tentu halaman web tidak akan ditampilkan pada awal mesin pencari meskipun web itu sangat keren.


Nah itulah Faktor Penentu SEO Paling Dasar yang mempengaruhi SEO web atau blog. Disini saya tidak membahas taktik SEO yang sulit, akan tetapi ketiga tip diatas lebih akurat dan 100% disukai oleh semua mesin pencari.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status