Google Keyword Planner Alat Untuk Riset Kata Kunci Terbaik

Google Keyword Planner Alat Untuk Riset Kata Kunci Terbaik

Google Keyword Planner adalah salah satu alat yang disediakan oleh Google untuk keperluan riset kata kunci yang paling akurat. Alat ini diperuntukkan bagi pengiklan di AdWords agar mendapatkan pengunjung bertarget yang mencari produk atau jasa mereka yang dipasarkan menggunakan layanan iklan AdWords.

Sudah bukan rahasia lagi kalau Google Keyword Planner digunakan oleh hampir seluruh master seo white hat untuk mendapatkan kata kunci paling sesuai dengan halaman web yang ditargetkan. Kata kunci yang pas akan membuat halaman web menduduki posisi teratas pencarian Google (page one) dan tentunya akan mendapatkan banyak pengunjung yang bertarget dengan isi halaman web.



Cara menggunakan Google Keyword Planner juga tidak begitu sulit, hanya mengetikkan kata kunci yang ingin di targetkan ke halaman lalu mengikuti prosedur serta menerapkan tata cara penulisan artikel blog yang baik dan benar agar halaman bisa cepat masuk ke hasil penelusuran Google.

Sebagai contoh, saya menggunakan Google Keyword Planner untuk mencari kata kunci pendek (short keyword) yang akan saya gunakan untuk menaikkan salah satu artikel saya ke pencarian Google dan hasilnya cukup akurat. Kata kunci yang saya targetkan adalah "Alternatif YouTube" dengan volume pencarian 10-100 bertarget dan 13 juta halaman kompetitor di hasil pencarian.


Google Short Keyword Page One
Google Short Keyword Page One


Dalam waktu empat minggu halaman saya masuk ke posisi pertama Google dengan kata kunci pendek tersebut. Jika halaman sudah berhasil masuk ke posisi teratas, dengan mengubah kata kuncinya menjadi apapun halaman akan tetap tampil di posisi pertama. Misalnya mengganti kata kunci dengan kata kunci "Situs Alternatif YouTube" atau "Situs YouTube Alternatif". Posisi halaman artikel tidak berubah dan tetap bertahan di posisi pertama.

Ya, itulah keuntungan menggunakan kata kunci pendek. Berbeda dengan kata kunci panjang (long keyword). Jika kata kunci pendek tidak akan mengubah posisi halaman di pencarian, kata kunci panjang justru akan merubah posisi halaman jika kata kunci sedikit diubah, meskipun hanya satu kata atau bolak balik kata.

Oke saya anggap kamu sudah paham perbedaan antara short dan long keywords ini dan kita akan lanjut ke cara menemukan dan mendapatkan kata kunci pendek yang bagus dengan Google Keyword Planner.


Google Keyword Planner Alat Untuk Riset Kata Kunci Terbaik 


1. Login ke akun AdWords, jika belum memiliki akunnya silahkan daftar terlebih dulu.




2. Kalau kamu sudah memiliki akunnya dan sudah login ke AdWords, sekarang buka menu Tools dan pilih Keyword Planner lalu klik Search for new keywords using a pharse, website or category dan mulailah mencari kata kunci.


Google Keyword Planner
Google Keyword Planner


3. Carilah kata kunci yang sesuai dengan topik blog atau web kamu lalu sortir hasil kata kunci hingga mendapatkan volume pencarian medium kebawah atau pencarian rendah dengan jumlah ribuan atau ratusan. Sebagai contoh gambar dibawah ini.


Mencari Kata Kunci Dengan Google Keyword Planner
Mencari Kata Kunci Dengan Google Keyword Planner


Saya mengambil kata kunci yang memiliki volume pencarian rendah (Low) karena tidak ingin bersaing dengan situs-situs besar pada volume tinggi (High) yang pastinya sudah lebih dulu menduduki posisi teratas Google dan sulit untuk menggesernya.




Selain itu, arahkan penargetan pengunjung dengan kata kunci yang sudah kamu pilih ke Google dan bahasa Indonesia sebab kamu pastinya akan menulis artikel dalam bahasa Indonesia bukan? Nah cara mengaturnya ada tepat disamping kiri halaman Keyword Planner.


Target Negara Google Keyword Planner
Target Negara Google Keyword Planner


4. Jika kata kunci yang kamu inginkan memiliki volume pencarian dibawah 1K-10K, itu pertanda baik dan kamu bisa menggunakannya. Tentu dengan menempatkan kata kunci tersebut pada judul halaman, deskripsi penelusuran, keywords, permalink dan isi artikel atau konten di halaman agar lebih bertarget seperti gambar dibawah ini.


Kata Kunci Pada Halaman
Kata Kunci Pada Halaman


Terlihat jelas ada beberapa yang saya beri tanda kotak merah adalah kata kunci spesifik yang membuat halaman muncul dipencarian teratas.


5. Selesai.


Ulangi cara ketiga saat kamu ingin membuat artikel baru pada blog atau web. Dengan begitu, semua artikel kamu akan nangkring di posisi teratas Google sesuai kata kunci yang kamu inginkan.



Begitulah cara mencari dan mendapatkan kata kunci pendek untuk memperoleh gelar page one di Google. Cara ini terbilang sah karena menggunakan teknik yang dianjurkan oleh Goolge dan bukan cara yang singkat. Sebab dengan menggunakan Google Keyword Planner kamu perlu menunggu dua sampai empat minggu untuk mengetahui kemajuan halaman di mesin pencarian Google.

Jangan lupa juga untuk mengoptimasi halaman tersebut dengan Teknik Optimasi SEO dan agar halaman cepat memuncak. Setelah itu kirim link halaman atau artikel setelah di publikasikan dengan cara Fetch as Google pada halaman Google Webmaster.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar