Inilah Perbedaan Adsense, AdWords dan AdMob

Inilah Perbedaan Adsense, AdWords dan AdMob

Kalau kamu baru saja mengenal dunia blogging atau app maker, tentu saja bingung untuk memahami ketiga layanan buatan Google tersebut. Ya, Adsense, Adwords dan Admob adalah anak usaha milik Google yang diperuntukkan bagi pemilik blog, website serta para pembuat aplikasi dan game.

Kalau kamu mengetikkan di mesin pencari mengenai Apa itu Adsense? Apa itu AdWords Apa itu AdMob? pastilah kamu akan dibawa ke halaman-halaman yang menjelaskan mengenai ketiganya.



Pada artikel ini saya ingin merangkum seluruh layanan tersebut agar lebih mudah dipahami. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.



Perbedaan Adsense, AdWords dan AdMob



AdSense

Google AdSense Logo
Google AdSense Logo

Salah satu periklanan yang paling banyak diminati pemilik blog dan website di seluruh penjuru dunia adalah Adsense. Adsense ialah layanan Google yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan uang dari blog atau website dengan cara memasang iklan. Iklan yang sudah terpadang pada blog atau web harus di klik oleh pengunjung untuk mendapatkan uang sebagai bentuk timbal balik promosi.




Situs-situs besar termasuk situs berita internasional dan lokal mengandalkan Adsense sebagai tulang punggung penghasilan. Untuk mendapatkan uang dari ngeblog dan menggunakan Adsense bukanlah hal yang mudah. Kamu dituntut untuk menulis dengan kualitas yang baik dan bermanfaat bagi pembaca. Selain itu, konten atau artikel juga menjadi bagian penting dari nilai per klik setiap iklan yang ditayangkan Adsense.


AdWords

Goolge Adwords Logo
Goolge Adwords Logo

Kalau kamu pernah melihat situs yang di sponsori oleh Google di mesin pencarian (srarch result) itu adalah salah satu contoh iklan yang dibuat menggunakan AdWords.

AdWords adalah layanan yang memungkinkan kamu untuk memasang iklan di AdSense atau situs Google sendiri. Dengan memasang iklan di AdWords, jaminan pengunjung dan pembeli akan meningkat pesat pada website yang ditargetkan.




Dengan kata lain, AdWords adalah layanan khusus bagi orang yang ingin beriklan. Tidak jarang merek-merek terkenal seperti smartphone atau otomotif menggunakan AdWords untuk mendongkrak popularitas merek atau produk baru mereka agar cepat dikenal oleh publik. Pasalnya, jika Google AdWords yang memasarkan, tentu hasilnya akan sangat akurat dan memuaskan.


AdMob

Google AdMob Logo
Google AdMob Logo

Layanan yang satu ini terbilang 'sangat khusus' sebab hanya dapat digunakan bagi pembuat (developer) aplikasi atau game di smartphone. Tidak jauh berbeda dengan AdSense, AdMob juga menjanjikan setiap pemilik atau pembuat aplikasi dan game untuk mendapatkan uang dari layanan periklanannya.

AdMob mirip dengan AdSense yang mengharuskan kamu untuk membuat aplikasi atau game unik dan menarik agar dapat ditinjau untuk kelayakan pemasangan iklan. Semakin bagus aplikasi atau game yang dibuat, semakin besar hasil dari pendapatan AdMob.

Tentunya kamu pemilik smartphone pernah melihat iklan muncul saat menggunakan aplikasi atau game kan? Itulah contoh AdMob yang diterapkan pada aplikasi atau game. Intinya, AdMob hanya untuk mencari uang melalui karya yang dibuat dalam bentuk aplikasi.



Google memang selalu memiliki layanan yang berguna bagi semua orang termasuk untuk pekerja lepas agar dapat menghasilkan uang melalui web, blog atau aplikasi.


KESIMPULAN :

AdSense dan AdMob adalah layanan milik Google yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang. Sedangkan AdWords adalah layanan untuk mempromosikan atau mengiklankan produk ke AdSense atau AdMob.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

2 komentar:

  1. Tulisan nya sangat membantu saya singkat dan padat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya gan :)

      Hapus

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status