Bagian Bagian MS Word Yang Perlu Diketahui Pemula

Bagian Bagian MS Word

MS Word atau Microsoft Word yang memiliki nama asli Microsoft Office Word ialah software untuk mengelola kata andalan Microsoft. Software ini pertama dirilis pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word.

Selanjutnya versi lain dari Multi-Tool Word dikembangkan untuk berbagai OS (Operating System), misalnya DOS yanf dirilis pada1983, Apple Macintosh dirilis pada 1984, dan SCO UNIX, OS/2 serta Microsoft Windows pada tahun 1989.



Selidik punya selidik, menurut Wikipedia, ide dan konsep Microsoft Word diambil dari Bravos, yaitu pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan oleh Xerox di Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft Worf pada tahun 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, dan pengembangan Multi-Tool Word dimulai.

Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office 2003 dan 2007, akhirnya Multi-Tool Word diberi nama baru yaitu Microsoft Office Word. Pada Microsoft Office 2013, namanya disingkat menjadi Word saja.

Saat ini MS Word menjadi satu-satunya software yang paling sering digunakan oleh seluruh pembisnis dan perusahaan, badan pemerintahan, organisasi bahkan personal untuk membuat dan mengelola dokumen.

Saking banyaknya pengguna MS Word, banyak juga buku atau ebook yang berisi panduan untuk menggunakan MS Word yang bisa kita cari dan temukan di internet dengan mudah. Banyak juga perusahaan yang membutuhkan spesialis MS Word untuk mengelola dokumen atau pekerjaan lainnya yang membutuhkan keahlian khusus pada software MS Word.

 BACA JUGA :  3 Software Alternatif Microsoft Office Gratis

Nah kalau kamu baru saja mengenal atau ingin belajar Microsoft Word, sebaiknya ketahui dahulu fitur-fitur dasar yang ada pada software MS Word. Berikut ini adalah panduan dasar menggunakan MS Word untuk pemula.


Bagian Bagian MS Word Yang Perlu Diketahui Pemula



1. Home


Bagian Bagian MS Word 1


Home adalah tab yang memiliki hampir semua fitur asar yang kamu butuhkan saat menulis dokumen. Kamu dapat mengubah jenis font, ukuran font, paragraf, dll.


2. Insert


Bagian Bagian MS Word 2


Tab ini memungkinkan kamu untuk menambahkan tabel, clip art, atau chart ke dokumen. Apapun bisa kamu sisipan dengan fitur Insert ini.


3. Page Layout


Bagian Bagian MS Word 3


Page Layout adalah fitur yang menyediakan pilihan untuk orientasi halaman, ukuran, kolom, batas, warna halaman, dll.


4. References


Bagian Bagian MS Word 4


Dalam bahasa Indonesia disebut "Referensi" adalah tab untuk menambahkan halaman indeks atau daftar pustaka.


5. Mailings


Bagian Bagian MS Word 5


Fitur Mailings ini adalah fitur yang difungsikan untuk membuat label alamat dan surat menyurat.




6. Review


Bagian Bagian MS Word 6


Review bisa diartikan fitur untuk mengecek ulang dokumen sebelum kamu menyimpannya. Misalnya memeriksa ejaan atau typo dan sebagainya.


7. View


Bagian Bagian MS Word 7


View ialah tab yang dapat digunakan untuk melihat-lihat dokumen di dalam tata letak yang berbeda.


8. Ikon Office


Bagian Bagian MS Word 8


Logo atau ikon MS Word adalah menu dropdown untuk hal-hal yang bisa kamu lakukan di Microsoft Word.


9. Save As


Bagian Bagian MS Word 9


Save As adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk menyimpan dokumen ke berbagai macam jenis format dokmen.


10. Print


Bagian Bagian MS Word 10


Menu Print ini dapat kamu gunakan untuk mencetak atau print dokumen ke alat printer (jika printer tersedia).




11. Prepare


Bagian Bagian MS Word 11


Prepare adalah menu yang digunakan sebelum kamu menerbitkan atau menyimpan dokumen. Ada banyak fitur yang dapat kamu gunakan pada menu prepare ini dan salah satu fitur penting di Microsoft Office Word.


12. Send


Bagian Bagian MS Word 12


Send atau kirim adalah menu khusus untuk mengirim email dan fax langsung dari MS Word kamu.


13. Publish


Bagian Bagian MS Word 13


Fitur yang tersedia pada menu Publish adalah fitur untuk mengirim atau menyimpan dokumen yang kamu buat di MS Word ke blog pribadi, server lokal maupun server jauh yang menggunakan internet untuk menirim dan menyimpannya.


14. Word Options


Bagian Bagian MS Word 14

Word Options adalah satu-satunya menu untuk mengatur software Microsoft Word kamu. Banyak pengaturan yang bisa kamu sesuaikan seuai selera dari Word Options ini.



Itulah beberapa Bagian Bagian MS Word Yang Perlu Diketahui Pemula saat ingin menggunakan Microsoft Word. Masih ada banyak bagian lainnya yang bisa pelajari secara langsung di MS Word jika kamu sudah berada di depan komputer dan memulai menggunakannya.

Software buatan Microsoft ini memang memiliki banyak keunggulan di menu yang tidak nampak pada interface desktopnya, namun kamu tidak akan memerlukan menu yang sulit tersebut jika hanya ingin membuat dokumen standar.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status