Cara Bikin Website Sendiri 100% Gratis

Bikin Website Sendiri

Website bisa digunakan untuk banyak keperluan yang memungkinkan setiap pemilik website untuk mempromosikan brand, produk, oragisasi atau portfolio perusahaan.

Kegunaan website di era modern seperti sekarang ini sudah semakin banyak. Mulai dari toko online, blog, forum diskusi hingga berbagai macam aktifitas online lainnya yang memungkinkan bekerja pada peramban atau web browser.



Banyak orang menafsirkan bahwa website sama dengan blog atau forum diskusi, namun menurut wikipedia website adalah hlaman-halaman yang saling berkaitan satu sama lainnya nama di internet entah itu blog, forum maupun toko online semua bisa disebut sebagai website.

Perkembangan digital yang semakin cepat memaksa pembisnis atau usaha segera go online agar dapat lebih banyak mendapat klien atau sekedar memasarkan merek dagang / brand ke publik. Usaha kecil hingga usaha yang sudah terkenal pun dianjurkan memiliki website agar dapat dikenal luas dan mengikuti perkembangan zaman.

Membuat website juga sekarang semakin mudah, bahkan banyak jasa pembuatan website murah yang bertebaran di internet. Selain itu, pembelajaran mengenai pembuatan hingga pengelolaan dan desain website sangat banyak tersebar di internet yang siapa saja bisa membaca, memahami dan mempraktikkan secara gratis. Belum lagi sosial media seperti YouTube yang kian membuat kita lebih mudah untuk memahami panduan-panduan khusus yang memerlukan keterlihatan layar monitor.

Bikin website sendiri dan gratis sudah bukan lagi hal yang aneh saat ini. Banyak cara untuk membuat situs web tanpa modal dan bisa dibilang kurang dari 30 menit situs web sudah online di internet dan siap di promosikan.

Bagi kamu yang ingin membuat website sendiri secara gratis untuk belajar atau langsung mempromosikan brand, usaha, organisasi, dll bisa mengikuti metode yang akan saya jabarkan dibawah ini.


Cara Bikin Website Sendiri


1. DAFTAR WEB HOSTING

Web hosting adalah wadah atau tempat untuk menyimpan seluruh data yang ada pada website. Berbagai macam data bisa disimpan pada web hosting seperti kerangka website, database, gambar, video, konten teks, dan banyak lagi.




Banyaknya penyedia web hosting gratis membuat kemudahan dalam melakukan pembuatan web ataupun sekedar tester. Seperti web hosting gratis dibawah ini yang sering digunakan oleh banyak orang untuk membuat website sendiri.

000webhost
Infinity
Byet
Freehostia

Pilihlah salah satu dari daftar hosting gratis diatas dan pastikan kamu mendaftar hingga sukses sampai memiliki status aktif. Apabila akun sudah aktif, maka kamu bisa membuat subdomain lengkap dengan hosting gratisnya.

Saya anjurkan untuk membuatnya di 000webhost, sebab disanalah yang paling mudah dipahami dan dikelola oleh pengguna baru yang ingin bikin website sendiri.

Berikut ini cara membuat akun web hosting gratis dari 000webhost :

#A. Pastikan kamu sudah menaftar di 000webhost dan sudah login ke websitenya.

#B. Klik tanda tambah yang ada dibagian atas layar

Bikin Website 1

#C. Kemudian buat nama website yang kamu inginkan misalnya situswebsaya tanpa spasi atau karakter. Kemudian pilih password yang kamu inginkan, menggunakan password default juga tidak masalah yang penting kamu mengingatnya.

Bikin Website 2

Setelah nama website dan password sudah siap, klik Buat.

#D. Maka kamu akan dibawa ke halaman pembuatan website. Sampai disini kamu sudah memiliki subdomain yang sudah kamu tentukan pada nama website di langkah c. Subdomain berakhiran 000webhostapp.com jadi subdomain kamu adalah situswebsaya.000webhostapp.com.

Bikin Website 3

Sampai disini kamu sudah berhasil membuat akun web hosting dan subdomainnya. Jangan kemana-mana, tetap dihalaman tersebut dan kita akan berlanjut ke langkah selanjutnya.

 BACA JUGA :  Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Menyewa Web Hosting Berbayar


2. MEMILIH PLATFORM WEBSITE

Zaman sekarang jauh berbeda dengan era 90an dimana setiap pemilik website membuat situs web sendiri tanpa bantuan platform atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan CMS (Content Management System).




Dengan menggunakan CMS yang sekarang mulai banyak diciptakan, kamu dapat menginstal aplikasi web hanya dalam hitungan detik tanpa harus mengerti bahasa web programming dan database.

CMS yang paling populer saat ini ialah WordPress, Joomla, Drupal dan Prestashop. Masing-masing CMS tersebut memiliki kriteria yang berbeda-beda dan dapat ditentukan dari apa web yang ingin kamu buat.

Misalnya, kamu ingin membuat web sederhana dengan konten standar bisa memilih Drupal, sedangkan web yang lebih advanced bisa memilih WordPress atau Joomla dan jika ingin membuat toko online gunakan Prestashop.

Menurut Softaculous lebih dari 100 CMS gratis yang dapat digunakan untuk buat website.

Saya ambil contoh membuat situs website instan dengan WordPress (lanjutan cara nomor 1).

#E. Klik Buat Website lalu pilih WordPress.

Bikin Website 4

#F. Isi semua rincian seperti nama admin dan password untuk login ke dasbor WordPress nantinya.

Bikin Website 5

#G. Tunggu proses instalasi yang memakan waktu beberapa detik atau menit sampai halaman menampilkan pesan seperti ini.

Bikin Website 7

#H. Jika pesan tersebut sudah muncul, klik Go to configuration page dan kamu akan dibawa ke halaman dasbor WordPress.

Bikin Website 8

Bikin Website 9

Disana kamu bisa mengelolanya sesuai yang kamu inginkan seperti mengganti tema atau menambahkan plugin.

 BACA JUGA :  CMS Untuk Membuat Web Video Streaming Seperti YouTube


3. SESUAIKAN TAMPILAN WEBSITE

Tahap terakhir adalah menyesuaikan tampilan web baru kamu dengan tema yang sudah terintegrasi dengan CMS yang kamu pilih. CMS terkenal seperti Joomla dan WordPress memiliki ratusan bahkan ribuan tema gratis yang bisa kamu cari dan download dari dasbor atau dari internet.

#I. Dari dasbor WordPress kamu bisa mencari tema kesukaan kamu di pencarian atau berdasarkan kategorinya.

Bikin Website 10

Selain itu kamu juga bisa mencari referensi lain untuk membuatnya lebih menarik. Beberapa contoh situs web terkenal yang menggunakan CMS adalah :

Sony Music WordPress
Microsoft News WordPress
The Walt Disney Company WordPress
Facebook News Room WordPress
Blog Mozilla WordPress
Linux Foundation Joomla
Kementrian Hukum Dan Ham Joomla

...dan banyak lagi lainnya yang bisa kamu cari di Google.

Bagaimana cara mengetahuinya?


Untuk mengetahui apa CMS yang digunakan oleh situs web tersebut ada berbagai cara, misalnya menggunakan tools CMS Detector Online atau melihat source code dengan hotkey CTRL + U pada keyboard komputer saat kamu berada tepat dihalaman web yang ingin di source code.


4. MEMPROMOSIKAN WEBSITE



Langkah terakhir adalah mempromosikan website kamu ke sosial media seperti Facebook, Twitter, dll. Dengan begitu orang bisa dengan mudah mengetahui website baru yang kamu buat sendiri. Tahapan promosi ini biasanya dilakukan setelah website benar-benar rampung dibuat.

 BACA JUGA :  Plugin Yang Wajib Di Install Pada WordPress Self-Hosted


Contoh dari cara bikin website pada artikel ini bisa kamu lihat di alamat bikinwebsitesendiri.000webhostapp.com.

Begitulah Cara Bikin Website Sendiri Tanpa Modal 100% Gratis yang bisa kamu baca, pelajari dan praktikan. Jangan ragu untuk bertanya jika ada hal yang tidak kamu pahami saat bikin website sendiri.

INFORMASI : Apabila kamu membutuhkan bantuan kustomisasi atau pembuatan website bisa menghubungi saya langsung melalui WhatsApp atau Email yang ada di menu kontak.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status