Cara Daftar Dan Menggunakan Keyword Planner Gratis (Update 2018)

Google Keyword Planner

Setahun yang lalu Google merubah tampilan pendaftaran Adwords dan efek sampingnya juga berimbas pada penggunaan tool pencari kata kuncinya. Keyword Planner atau alat riset kata kunci ini memang ada di dalam akun Adwords dan hanya akun yang sudah terdaftarlah yang dapat menggunakan tool tersebut.

Karena perubahan Adwords di awal tahun lalu, banyak blogger dan orang yang ingin menggunakan Keyword Planner menjadi kesulitan karena model pendaftarannya yang hampir membuat siapapun yang tidak cermat akan terperangkap di status pembayaran tertunda (topup). Jika sudah dalam halaman ini, kakmu tidak akan bisa berbuat banyak kecuali melakukan topup untuk beriklan atau meninggalkan Adwords dan mencari situs keyword planner alternatif seperti KeywordTool.io.



Saking penasarannya akhirnya saya coba untuk membuat akun Gmail baru yang saya buat asal-asalan berharap bisa untuk mendaftar keyword planner secara gratis.

Ketika akun Gmail baru sudah saya miliki, kemudian saya coba untuk membuka situs Adwords lagi dengan fokus pandangan mata pada link yang ada disana.

Benar, ternyata ada link yang tidak diperdulikan oleh kebanyakan orang khususnya blogger yang ingin menggunakan keyword planner untuk mendapatkan kata kunci yang SEO Friendly tanpa harus memiliki akun Adwords. Setelah saya coba, cara ini terbukti berhasil dan bisa mendapatkan akun keyword planner gratis tanpa membuat akun Adwords berbayar.


Bagaimana caranya gan?


Berikut ini cara daftar keyword planner gratis yang saya daftarkan melalui browser hp dan setelah akun jadi, barulah saya membukanya di browser desktop. Perhatikan langkah demi langkah dibawah ini dengan teliti.


Cara Daftar Dan Menggunakan Keyword Planner Gratis


1. Siapkan akun Gmail yang belum pernah terdaftar di Adwords. Karena akun yang sudah pernah terdaftar dan terjebak di halaman topup / pembayaran, itu sudah tidak bisa digunakan lagi sebelum kamu melakukan topup.


Terjebak Di Pembayaran Adwords
Contoh Akun Yang Terjebak Di Pembayaran Adwords


Cara mengatasinya adalah membuat akun Gmail baru untuk mendaftar Adwords lagi.


2. Jika akun Gmail baru sudah siap, buka situs Adwords dan mendaftar dengan mengklik Mulai Gunakan Keyword Planner.


Mulai Gunakan Keyword Planner
Mulai Gunakan Keyword Planner


3. Setelah masuk, kamu akan ditampilkan formulir pendaftaran Adwords yang menyuruh untuk mengisi alamat website. Pada sesi ini hampir rata-rata blogger melakukan kesalahan karena langsung mengisi email dan alamat website dikolom formulir yang disediakan.


Daftar Keyword Planner Gratis
Daftar Keyword Planner Gratis


Padahal, kolom tersebut adalah formulir untuk mendaftar akun Adwords berbayar. Blogger yang tidak peka (termasuk saya) memang tidak akan membaca tulisan kecil yang tertera tepat diatas formulir pendaftaran (karena malas baca dan buru-buru mau menggunakan keyword planner hehe).




4. Klik link yang saya garis bawahi hijau Tidak usah menggunakan akun terpadu ini maka kamu akan melewatkan sesi pendaftaran Adwords berbayar dan dilanjutkan ke pembuatan Adwords biasa / gratis.


Formulir Pendaftaran Google Adwords Gratis
Formulir Pendaftaran Google Adwords


Isi semua kolom yang tersedia dengan lengkap, kemudian klik Simpan dan lanjutnkan. Otomatis halaman akan memuat halaman berikutnya dan loading yang cukup lama (beberapa detik) untuk pembuatan akun. Tunggu saja sampai loading selesai dan halaman dasbor Adwords tampil dengan sempurna.


Tampilan Adwords Versi Mobile
Tampilan Adwords Versi Mobile


5. Sesudah berhasil membuat akun dan masuk ke dasbor Adwords, selanjutnya tutup atau close tab browser halaman Adwords, tapi jangan tutup aplikasi browsernya. Lalu buka lagi tab kosong baru untuk membuka Google.

Di Google, ketikkan "keyword planner" (tanpa tanda kutip) dan pilih lamaman yang paling atas untuk masuk.


Masuk Keyword Planner Dari Google
Masuk Keyword Planner Dari Google


Dannnnnnnnn.... Jrengggg....

Kamu akan dibawa masuk otomatis ke dasbor Adwords yang juga tersedianya tool keyword planner gratis.


Tool Keyword Planner
Berhasil Mendapatkan Keyword Planner Gratis


Sampai disini kamu sudah berhasil membuat akun Adwords gratis dan bisa menggunakan tool keyword planner tersebut tanpa harus topup atau membayar.


Langkah-langkah diatas bisa kamu praktikkan di hp dengan browser yang lebih cocok untuk Adwords seperti Chrome, Firefox atau EDGE sebab, saat saya mencoba beberapa browser yang menggunakan adblock seperti UC Web, halaman tidak tampil dengan sempurna.




Lanjut, sesuai judul artikel ini, Cara Daftar Dan Menggunakan Keyword Planner Gratis saya juga akan memberikan tips untuk menyetel keyword planner. Setelan ini akan dangat mempengaruhi hasil (result) halaman blog atau web kamu di mesin pencari. Berikut cara setting keyword planner :


a. Buka dasbor Adwords kamu dan masuk ke menu Keyword Planner.


b. Ubah beberapa filter seperti Lokasi, Bahasa dan Waktu.


Targeting Keyword Planner


c. Simpan dan mulai gunakan!


Begitulah cara setting keyword planner untuk menemukan kata kunci terbaik dengan bahasa Indonesia. Sedangkan jika kamu menggunakan bahasa lainnya, pilih filter dengan bahasa tersebut agar hasilnya lebih akurat.

Terakhir adalah menentukan keyword yang paling cocok digunakan untuk artikel blog atau web kamu. Keyword dengan kata kunci yang pas akan sangat berdampak pada hasil pencarian Google. Inilah cara menentukan keyword terbaik untuk artikel atau konten :


I. Pilihlah volume pencarian yang Medium atau Low dengan melihatnya pada bagian kanan kata kunci. Semakin sedikit volume pencarian, semakin besar peluang artikel kamu untuk masuk ke posisi teratas di Google juga mesin pencari lainnya. Tapi jangan lupa juga untuk menuliskan artikel tersebut dengan teknik menulis artikel blog yang menarik.

Result Keyword Planner
Result Keyword Planner


Gambar diatas ini adalah contoh kata kunci yang bisa kamu pilih (yang diberi tanda kotak hijau) dengan volume pencarian 10K - 100K perbulan.


II. Otak-atik keyword yang kamu tentukan dengan menambahkan beberapa kata penyambung. Kata yang ideal adalah dua sampai tiga kata (2-3 words). Sebagai contoh kata kunci yang ideal adalah "asuransi perjalanan" atau "paket internet murah".



Sedangkan lebih tiga kata disebut Long Keyword yang mungkin jarang orang  mengetiknya di kolom pencarian Google. Jadi kata kunci panjang sebaiknya dihindari, kecuali memang benar-benar penting dan sesuai.


III. Hindari menggunakan kata kunci yang memiliki volume pencarian High atau Tinggi untuk blog yang baru seumur jagung. Volume pencarian high biasanya sudah dikuasai oleh situs-situs besar yang sudah populer. Kecil kemungkinan menang dalam persaingan Page One dengan mereka.


Nah itulah Cara Daftar Dan Menggunakan Keyword Planner Gratis yang bisa saya sampaikan. Apabila ada kesalahan ejaan atau penulisan kata mohon dimaklumi. Kritik dan saran saya tunggu dikolom komentar dibawah ini.

ENJOY BLOGGING ^.^

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status