Cara Kustomisasi WooCommerce (Toko Online Berbasis WordPress)

Cara Kustomisasi WooCommerce

Perkembangan e-commerce yang sangat pesar di tanah air membuat para pemilik usaha dan toko retail berbondong-bondong membuat toko online. Membuat toko online memang menjadi salah satu cara untuk mengikuti perkembangan jaman yang terus menerus maju. Bukan hanya di Indonesia, di belahan dunia lainnya e-commerce menjadi metode promosi yang menjanjikan.

Kita semua tahu, sudah 60% lebih orang di seluruh dunia mengakses internet menggunakan smartphone, jadi hampir kapan saja orang bisa berfikir untuk membeli produk secara online. Dari sinilah mengapa pemilik usaha retail wajib memiliki toko online.



Beberapa orang menggunakan platform toko online siap pakai yang dapat di install melalui kontrol panel web hosting, namun ada juga yang membuatnya lebih menarik dengan menggunakan WorPress serta plugin e-commerce andalannya yaitu WooCommerce.

WooCommerce adalah plugin WordPress Self-Hosted dimana dapat digunakan untuk membuat toko online yang terintegrasi dengan platform WordPress itu sendiri. Dengan menggunakan WooCommerce kamu akan lebih leluasa dalam mengelola toko online dan mudah menemukan solusi jika terjadi masalah, sebab sekarang ini sangat banyak forum webmaster yang membahas WooCommerce serta cara kustomisasinya.

Nah pada artikel ini saya ingin berbagi sedikit kustomisasi WooCommerce agar lebih menarik dan menambah keindahan toko online kamu (cieee...).

PENTING : Sebelum memulai, ada baiknya kamu melakukan Backup seluruh data yang ada di web, termasuk database untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



Cara Kustomisasi WooCommerce






1. Menambah Konten Dibawah / Atas Tombol BUY

Untuk menambahkan konten dibawah atau diatas tombol BUY (Beli/Pesan) kamu perlu menambahkan beberapa baris script secara manual ke fungsi tema. Script tersebut ialah konten yang akan kamu tampilkan tepat diatas atau dibawah tombol BUY, hasilnya akan seperti gambar dibawah ini yang saya beri tanda kotak merah.


Add Content Afrer or Before BUY Button WooCommerce


Berikut ini adalah script yang perlu kamu tambahkan ke function.php pada tema. Konten bisa diisi sesuai dengan yang kamu inginkan.



Cara pemasangannya juga sederhana, cukup letakkan script diatas pada baris paling terakhir di function.php tema kamu.


Edit Function Wordpress Theme


2. Mengubah Warna Default WooCommerce

Warna default setiap button dan link WooCommerce adalah Ungu (warna janda katanya #ehh..). Warna tersebut bisa dirubah, jika kamu tidak menyukai warna ungu dengan warna kesukaan kamu atau yang sesuai dengan warna tema yang sedang digunakan. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menginstal plugin yang bernama WooCommerce Colors kemudian aktifkan dan Kustomisasi warnanya.


WooCommerce Colors





3. Menyembunyikan "Sort by"

Sort by adalah fitur bawaan WooCommerce yang memungkinkan pengunjung untuk memfilter produk berdasarkan menu dropdown yang tersedia seperti filer berdasarkan yang terbaru, terlaris, ulasan, dll.


Showing Sort by WooCommerce


Untuk menyembunyikan sort by pada WooCommerce kamu bisa memanfaatkan kustom CSS yang tersedia pada versi WordPress terbaru. Kustom CSS ini dapat menimpa dan menyembunyikan class sort by bawaan WooCommerce. Berikut kodenya :



Letakkan kode tersebut pada bagian kustom CSS (Additional CSS) yang ada pada bagian Customizing / Customize dan simpan, maka sort by tersebut akan hilang (disembunyikan dengan class).


Hide Sort by WooCommerce


Gimana hilang kan?



Cara Kustomisasi WooCommerce diatas masih sangat sedikit, saya akan update artikel ini kedepannya. Masih ada banyak kustomisasi lainnya yang belum sempat saya praktikkan, jadi tunggu update selanjutnya ya.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status