Cara Membuat Sitelink Dengan Kolom Pencarian (Searchbox)

Google Sitelink Searchbox

Sitelink adalah salah satu fitur Google yang diperuntukkan bagi situs web atau blog yang sudah cukup banyak memiliki konten atau halaman dan menurut algoritma Google sudah saatnya diberi penilaian khusus, dan penilaian tersebut ialah Sitelink itu sendiri.

Situs-situs besar seperti berita atau blog terkenal tentu sudah menapatkan Sitelink pada hasil pencarian dan itu tentu akan mendapat perhatian khusus bagi orang yang melihatnya.

Apa itu Sitelink?



Tampilan sitelink dapat kamu lihat pada situs besar yang pastinya sudah memiliki sitelink, sebagai contoh situs detikcom yang memiliki sitelink seperti dibawah ini.


Sitelink Detikcom
Sitelink Detikcom


Pada kolom yang saya beri kotak hijau adalah sitelink (link penting atau kategori dari sebuah situs / blog).

Sitelink seperti gambar diatas bisa kamu dapatkan jika situs web atau blog kamu memiliki banyak konten dan sudah cukup berumur, maka secara otomatis Google akan menampilkan sitelink untuk situs atau blog kamu.

Meskipun cara mendapatkan sitelink tidaklah sulit karena otomatis, tapi ada juga sitelink yang membutuhkan penambahan kode pada halaman web atau blog kamu agar lebih menarik dan tentunya terlihat profesional.




Ya, Sitelink Searchbox adalah saudara dari sitelink biasa yang dapat menampilkan kolom atau form pencarian pada mesin telusur Google. Sitelink Searchbox biasa digunakan oleh situs-situs yang memiliki halaman atau artikel berskala besar seperti ribuan atau jutaan.


Seperti apa Sitelink Searchbox itu?


Untuk sitelink yang satu ini mungkin masih sangat jarang situs atau bog yang menggunakannya, sebab siapapun yang ingin mendapatkan sitelink searchbox harus mengkonfigurasi struktur script pada halaman web, tepatnya pada bagian kolom pencarian dan hasil pencarian (search form dan search result). Berikut ini contoh sitelink searchbox dari situs Pinterest.


Pinterest Sitelink Searchbox
Pinterest Sitelink Searchbox


Sitelink searchbox ini memang diperuntukkan bukan untuk blogger atau blog yang tidak memiliki kendali penuh pada kontrol inti, dan biasanya sitelink searchbox hanya digunakan pada situs web yang dibangung dengan secara independent seperti CMS (Content Management System) yang menggunakan PHP atau bahasa web programming yang lebih advanced.

* Tapi tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan pada blogspot jika kamu mahir dalam mengotak-atik script sitelink searchbox.




Pemasangan atau konfigurasi sitelink searchbox pada situs independent bisa menggunakan beberapa cara dan yang paling sederhana adalah menggunakan HTML Markup Sitelink Searchbox. Markup ini tidak berbeda jauh dengan form pencarian pada umumnya, yang membedakan adalah penargetan tombol (button) dan hasil pencarian (result) menggunakan kueri yang disesuaikan dengan situs web yang kamu buat.

Berikut ini adalah contoh Markup Sitelink Searchbox yang saya buat dalam bentuk gambar.


HTML Markup Sitelink Searchbox
HTML Markup Sitelink Searchbox


Pinterest juga menggunakan markup sitelink searchbox pada struktur kodenya, namun dengan JSON, dan inilah hasilnya.


Pinterest Source Code
Pinterest Source Code

Google memang memberikan dua cara untuk menerapkan sitelink searchbox pada situs web yaitu HTML (Microdata) dan JSON-LD.

Untuk marup JSON kamu bisa menuliskan dan mengkonfigurasikan script ini pada kolom pencarian situs web.


JSON-LD Markup Sitelink Searchbox
JSON Markup Sitelink Searchbox


Setelah mengkonfigurasikan salah satu cara menerapkan sitelink searchbox diatas, kamu bisa memeriksa kodenya dengan alat pengujian data milik Google untuk memastikan apakah ada kesalahan atau tidak. Jika semua normal tanpa kesalahan, bertanda kalau kamu berhasil menerapkan strukturnya dengan benar.



INFORMASI : Menurut berbagai sumber yang saya baca, dengan menerapkan sitelink searchbox akan membuat situs web kamu semakin maksimal di hasil penelusuran Google, juga menambah kesan profesional. Secara tidak langsung, menerapkan sitelink searchbox termasuk dalam kategori SEO untuk menatangkan lebih banyak pengunjung.

Itulah cara membuat sitelink searchbox dengan HTML dan JSON yang bisa saya sampaikan. Jika kamu ingin mempelajari alur kodenya bisa langsung mengunjungi halaman Google Developers.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status