Cara Membuat Twitter Card Di Blog Dengan Mudah

Cara Membuat Twitter Card Di Blog

Twitter Card adalah salah satu fitur yang diperuntukkan bagi setiap blogger juga webmaster yang ingin tampilan tautan tweet menjadi terlihat menarik dan rapih. Fitur Twitter Card ini memiliki banyak varian jenis yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhkan.

Twitter Card yang paling sering digunakan blogger dan situs-situs besar adalah Twitter Card Large Image yang mana memiliki ciri khas gambar yang besar. Berikut ini contoh dari Twitter Card Large Image.



Twitter Card Large Image
Twitter Card Large Image


Tampilannya memang tidak jauh berbeda dengan Facebook Opengraph, hanya saja Twitter Card ini berfungsi di situs Twitter sedangkan Facebook Opengraph hanya berfungsi di Facebook. Jadi masing-masing situs tersebut memiliki markup opengraph yang berbeda dan hanya bekerja jika struktur kodenya benar (valid).

Kode untuk membuat Twitter Card Large Image juga sudah disajikan pada halaman Twitter Developers yang bisa kamu lihat disini. Sedangkan untuk blogger, kamu perlu kode yang berbeda dari yang disediakan oleh Twitter Dev, kode Twitter Card khusus untuk template blogger / blogspot bisa kamu lihat dibawah ini.





Kede tersebut akan menghasilkan Twitter Card dengan gambar yang besar seperti contoh diatas. Pastikan gambar pertama pada postingan kamu memiliki ukuran yang cukup besar dan berjenis wide / lebar.

Cara pemasangannya cukup sederhana, salin lalu tempel (copy-paste) kode di atas ke header template blog kamu, lebih tepatnya dibawah kode <*head*> (tanpa tanda bintang).



Saya sendiri menggunakan ukuran gambar 600x315 untuk Twitter Card, dimana ukuran gambar ini diwajibkan oleh Facebook Opengraph untuk berbagi tautan dengan gambar yang sempurna.

Bagusnya, ukuran 600x315 juga bisa diterapkan di Twitter Card dan menjadi ukuran paling pas buat saya untuk membuat gambar pertama pada setiap artikel.

INFO : Ubah sedikit bagian kode diatas agar sesuai dengan blog kamu, yaitu username Twitter @NgeblogGan dan URL gambar homepage dengan URL gambar yang kamu inginkan.
Jika kode sudah dipasang pada header template blog kamu, tahap terakhir adalah memverifikasi struktur kodenya dengan tool yang sudah disediakan oleh Twitter yaitu Card Validator.


Twitter Card Validator
Twitter Card Validator


Apabila saat kamu validasi menampilkan Card Preview dan Log seperti gambar diatas, berarti kamu sukses untuk memasang Twitter Card di blog dan sudah siap untuk berbagi postingan kamu ke Twitter.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status