Cara Mengatasi Instagram Lemot LAG dan Force Close

Cara Mengatasi Instagram Lemot

Instagram sekarang bukan lagi nama yang asing di telinga setiap orang yang mengenal sosial media. Instagram ialah satu dari sekian banyak anak perusahaan Facebook yang paling populer setelah WhatsApp.

Belakangan ini, Instagram sering melakukan inovasi baru terhadap sosial media berbasis aplikasi ini, dan tentunya dengan inovasi baru itu timbul fitur-fitur canggih yang belum pernah ada di sosial media manapun.



Fitur slide, story, filter, sticker dan archive membuat Instagram menjadi primadona bagi sebagian besar orang yang ingin eksis di dunia maya. Kebanyakan pengguna Instagram adalah publik figure seperti artis, musisi dan toko terkenal lainnya.

Ngomongin soal Instagram, tidak lengkap rasanya kalau kita tidak membahas salah satu kekurangan dari aplikasinya. Ya, LAG atau lemot menjadi masalah besar bagi sebagian orang yang menggunakan ponsel dengan koneksi dan spesifikasi pas-pasan, pasalnya Instagram adalah sosial media berjenis photo dan video sharing yang seharusnya membutuhkan koneksi internet cepat untuk membuka gambar dan memutar video (streaming). Kamu tentu tahu seberapa cepat koneksi di Indonesia. Hal inilah yang membuat pengguna Instagram sering mengeluh karena lemotnya yang super duper.

Eitsss.. Tapi bukan hanya koneksi saja lho yang jadi penyebab Instagram menjadi LAG dan tiba-tiba menutup sendiri (force close). Ternyata, spesifikasi ponsel juga bisa mempengaruhi kinerja aplikasi Instagram. Banyangkan, sembari memuat gambar-gambar, Instagram juga memutar video otomatis dimana banyak sistem latar belakang ponsel yang harus bekerja untuk menjalankan banyak perintah sekaligus.

Hal ini bisa dibuktikan saat kamu menggunakan Instagram lebih dari 10 menit, tentunya ponsel akan mulai terasa hangat, dan jika kamu tetus menggunakannya akan semakin panas dan efek terakhirnya adalah pesan dari sistem yang biasanya bertuliskan "Instagram tidak menanggapi, Ingin menutup aplikasi ini?".




Mau tidak mau kamu harus menutup aplikasi Instagram sebab, jika kamu memilih opsi Tunggu itu akan sama saja, dan parahnya membuat ponsel semakin panas karena dipaksa bekerja melebihi spesifikasinya.

 BACA JUGA :  Cara Buat Video Jahil Dan Ngagetin Dari HP

Karena masalah ini, para Selebgram mau tidak mau harus memiliki ponsel yang spesifikasinya jauh diatas ponsel biasa agar dapat menggunakan Instagram terus menerus tanpa keluar. Perlu bukti? Coba kamu bandingkan antara ponsel dengan RAM 2GB dan RAM 4GB mana yang akan panas lebih dulu dan mana yang akan force close lebih cepat.

Tips sederhana dari saya agar kamu dapat menggunakan Instagram dengan nyaman adalah :


1. Tidak Membuka Menu Pencarian


Ikon Pencarian Instagram


Menu pencarian ini adalah salah satu yang membuat ponsel kamu panas dengan cepat. Pemuatan gambar yang sekaligus banyak ditambah pemutaran video otomatis akan memicu seluruh komponen penting di ponsel kamu bekerja maksimal. Maka dari itu, hindari pencarian jika kamu tidak benar-benar membutuhkannya.


2. Jangan Terlalu Banyak Scroll




Stalker sejati pasti akan melakukan sceolling timeline atau beranda sendiri dengan perlahan tapi dan membuat banyak penyimpanan cache (tembolok/data temporer) pada memori. Semakin banyak kamu scroll gambar dan video di home atau timeline seseorang, semakin membuat ponsel kamu panas dan berakibat LAG bahkan force close.

 BACA JUGA :  Cara Upload Foto Ke Instagram Dari PC / Laptop

Sebaiknya scroll sewajarnya saja, jangan terlalu jauh kebawah jika hanya di home Instagram. Tapi kalau kamu mau melihat update-an si doi, bisa langsung mengklik namanya di daftar pertemanan. Dengan begitu kamu akan terhindar dari melihat gambar dan video yang tidak segarusnya dilihat.


3. Menghapus Temporary Files


Hapus Data Instagram


Jika kamu sudah terlalu lama menggunakan aplikasi Instagram tanpa pernah keluar (logout) dan menghapus data, pastilah memori ponsel kamu penuh dengan file temporary yang tersimpan (biasanya disebut file sampah). File temporer ini juga dapat mempengaruhi kinerja aplikasi Instagram.

Usahakan kamu rajin menghilangkan file-file temporer yang tidak terpakai dengan cara menghapusnya melalui pengaturan ponsel atau aplikasi pembersih sampah. Dengan begitu, aplikasi Instagram akan terasa fresh seperti baru di install.


4. Update Aplikasi Instagram



Apabila kamu menggunakan aplikasi Instagram versi lawas, tentu saja kamu harus melakukan upgrade agar dapat menggunakan fitur-fitur baru dari Instagram. Ternyata, mengupgrade aplikasi Instagram juga dapat memperbaiki masalah LAG atau lemot (hanya di beberapa jenis ponsel). Ada baiknya kamu yang masih menggunakan versi lawas Instagram segera melakukan upgrade agar dapat menggunakan fitur baru dan pengoptimalan aplikasi Instagram itu sendiri.


Itulah beberapa Cara Mengatasi Instagram Lemot LAG dan Force Close yang bisa kamu lakukan sambil kita menunggu aplikasi Instagram maksimal.

Oh ya, sekarang kamu bisa menggunakan Instagram di browser Android lho, misalnya menggunakan Google Chrome atau Firefox browser. Jadi tanpa harus menginstall aplikasi Instagram, kamu bisa mengunggah foto dan video langsung ke Instagram.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar