Cara Mengatasi Mi Cloud Penuh

Cara Mengatasi Mi Cloud Penuh

Semua ponsel buatan Xiaomi dibekali ruang penyimpanan awan (cloud storage) yang disebut Mi Cloud sebesar 5GB. Tapi tidak hanya 5GB saja, Mi Cloud memberikan pilihan untuk upgrade ke akun berbayar jika kamu memerlukan ruang penyimpanan yang lebih dari 5GB.

Mungkin menurut kamu 5GB adalah ruang penyimpanan yang tidak sedikit, tapi jika di pikir-pikir lagi, 5GB itu sangat sedikit, terlagi untuk menyimpan foto dan video yang diambil menggunakan kamera ponsel Xiaomi yang bersih dan tajam itu.



Bayangkan, jika sebuah foto yang diambil dengan kamera 13MP akan menghasilkan gambar dengan ukuran file antara 2MB sampai 3MB, lalu untuk mencapai 5GB hanya diperlukan 1.666 foto (dengan skala 5000 : 3). Nah Mi Cloud kamu akan penuh jika digunakan untuk mem-backup atau menyimpan 1.666 foto dengan ukuran 3MB. Bagaimana jika ukuran file foto lebih dari 3MP? Tentu saja kamu hanya dapat menyimpan lebih sedikit.

Sedikit memang, itupun belum ditambah dengan data-data lain seperti rekaman suara dan video yang cukup memakan ruang penyimpanan Mi Cloud.

Untuk mengatasi masalah Mi Cloud yang penuh, kamu harus fokus untuk memperhatikan foto dan video mana saja yang menurut kamu penting untuk di backup. Jangan sampai foto dan video yang tidak penting sama sekali ikut ter-backup di Mi Cloud dan memakan sebagian ruang penyimpanan.

Cara memastikan agar foto dan video terpilih saja yang kamu backup di Mi Cloud, bisa mengeceknya melalui web resmi Mi Cloud di alamat https://i.mi.com dan login dengan akun Mi.

INFO : Pastikan nomor ponsel kamu sedang aktif, karena untuk melihat seluruh menu di Mi Cloud diharuskan memverifikasi nomor ponsel demi keamanan data.

Jika sudah berada di dalam web Mi Cloud, klik Galeri, dan lihatlah foto-foto yang ter-backup disana. Hapus yang menurut kamu tidak penting untuk membuat ruang penyimpanan lebih besar.


Mi Cloud Web
Mi Cloud Web


Sampai disini kamu sudah bisa mengelola Mi Cloud sepenuhnya melalui web browser.


Lalu bagaimana jika Mi Cloud sudah penuh dengan data penting?


Apabila Mi Cloud kamu sudah penuh dengan foto dan video penting yang memang harus disimpan rapih, saya sarankan untuk beralih ke penyimpanan Cloud lainnya seperti Google Drive, OneDrive atau BOX.




Google Drive memberikan ruang penyimpanan sebesar 15GB untuk setiap akun gratisnya.
OneDrive memberikan ruang penyimpanan sebesar 5GB untuk setiap akun gratisnya.
BOX memberikan ruang penyimpanan sebesar 10GB untuk setiap akun gratisnya.

Sekarang kamu sudah mendapatkan banyak ruang penyimpanan gratis yang aman dan tanpa batasan waktu. Tidak perlu lagi kesulitan untuk melakukan backup data jika Mi Cloud sudah penuh karena banyak alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan data penting.

Total Ruang Yang Didapat :

Mi Cloud = 5GB
Google Drive : 15GB
OneDrive = 5GB
BOX = 10GB
Total = 35GB

Apakah dengan 35GB kamu masih kurang?

Saya rasa tidak ya, tapi jika masih kurang juga silahkan kamu buat akun Google atau Gmail untuk membuat Google Drive sebanyak-banyaknya dan mencukupi untuk mem-backup seluruh data penting kamu.



PENTING : Membuat akun Google Drive dengan Gmail kini tidak semudah dulu, sekarang membutuhkan verifikasi nomor ponsel yang valid. Jadi, pastikan kamu memiliki nomor yang selalu aktif untuk membuka akun jika suatu saat terkena check point dari Google.
Begitulah cara mengatasi Mi Cloud yang penuh. Tidak perlu membeli atau upgrade ke akun berbayar, hanya menggunakan Cloud Storage dari pihak lain kamu bisa menyimpan seluruh data penting.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

1 komentar: