Cara Menghemat Ruang Penyimpanan Hosting

Cara Menghemat Ruang Penyimpanan Hosting

Jika kamu membangun web atau blog menggunakan CMS seperti WordPress atau Joomla, tentu kamu menggunakan Web Hosting untuk menyimpan semua data dalam website seperti kerangka web, database, teks, gambar, video dan audio.

Data-data multimedia yang berukuran besar tentu akan membuat kapasitas web hosting kamu menjadi cepat penuh, bahkan sangat penuh apabila kamu mengupdate dan menyimpan data di web setiap hari.



Karena hal tersebut, saya ingin berbagi tips sederhana untuk menghemat kapasitas hosting (disk space) kamu.

Ada beberapa cara sederhana untuk melakukan penghematan kapasitas hosting dan yang paling sering digunakan adalah penghematan multimedia yang meliputi gambar, video dan audio.

Untuk kamu yang memiliki banyak biaya, tentu dapat mengupgrade kapasitas hosting sesuai yang dibutuhkan, tapi bagi yang ingin tetap bertahan di kapasitas saat ini, bisa membaca artikel ini sampai tuntas agar bisa menghemat disk space hosting sekaligus biaya.



Cara Menghemat Ruang Penyimpanan Hosting



1. Menyimpan Gambar Di Situs Pihak Ketiga

Gambar adalah salah satu file yang seringkali berukuran besar (tergantung kualitas dan piksel gambar). Untuk gambar yang diambil menggunakan kamera digital atau kamera ponsel canggih tentu akan memiliki ukuran file yang lumayan besar, antara 2MB samapai 5MB setiap satu gambar.




Jika hosting kamu hanya memiliki kapasitas hosting sebesar 1GB, tentu saja hanya 500 gambar (dihitng pergambar 2MB) yang dapat ditampung oleh hosting, itupun belum termasuk gambar yang tersalin otomatis yang biasanya dibuat oleh CMS untuk gambar fitur atau slideshow.

Apabila hosting penuh, pastilah akun hosting kamu tekena peringatan karena telah mencapai batas maksimum penggunaan disk space.

Nah, cara mengatasinya adalah dengan memanfaatkan situs pihak ketiga untuk menyimpan seluruh gambar. Situs pihak ketiga yang saya maksud ialah Image Hosting seperti Postimg atau sejenisnya.

Kamu bisa mengunggah gambar yang ingin kamu tampilkan di situs web dari pemanggilan kode HTML Tag Img atau BBCode. Dengan begitu kamu tidak perlu menyimpan gambar pada hosting, melainkan di situs Image Hosting pihak ketiga.

Alternatif :

Apabila kamu tidak ingin menyimpan gambar pada situs lain, kamu bisa menggunakan metode alternatif untuk menghemat ruang penyimpanan hosting yaitu dengan mengompres atau memperkecil ukuran file gambar tanpa harus merusak kualitasnya.

Cara mengompres gambar kini semakin dipermudah dengan banyaknya situs Online Image Compression yang bisa kamu temukan dengan mudah di Google. Pengompresan gambar dengan situs online bisa mengurangi ukuran gambar hingga maksimal 70% dari ukuran aslinya.


2. Menyimpan Video Di Situs Pihak Ketiga




Untuk menghemat ruang penyimpanan hosting khususnya file video, pasti kamu semua sudah sangat tahu. Ya, dengan menggunakan YouTube sebagai alternatif untuk menyimpan video yang akan ditampilkan pada halaman website.

Selain YouTube, masih ada beberapa situs serupa yang dapat menyimpan seluruh video-video kamu seperti Dailymotion dan Vimeo. Tapi alangkah baiknya jika kamu menyimpannya di YouTube sebab, di sana video kamu akan lebih aman dan memiliki runag penyimpanan tak terbatas.


3. Menyimpan Audio Di Situs Pihak Ketiga

Audio atau musik juga sering digunakan untuk membuat postingan diberbagai website atau blog tertentu yang mengulas niche musik. Setiap file musik dengan format mp3 biasanya memiliki ukuran file variatif dan hampir rata-rata berukuran besar (lebih dari 5MB).

Kalau misalkan menyimpan beberapa puluh atau ratus file musik, hosting dengan kapasitas rendah pasti akan tumbang karena terlalu penuh. Maka dari itu, kamu juga bisa menggunakan situs lain untuk menyimpan file audio khususnya mp3.



Situs penyimpanan audio atau musik di internet saat ini cukup banyak, beberapa diantaranya adalah SoundCloud, Reverbnation, dan Hulkshare. Kamu dapat mengupload dan meng-embed audio ke halaman web atau blog kamu menggunakan kode HTML seperti halnya meng-Embed video YouTube.

Setelah kamu memanfaatkan situs pihak ketiga untuk menyimpan data multimedia, bisa dipastikan disk space web hosting kamu dapat di hemat hingga 50% - 70%.


Selain cara diatas, penghematan ruang penyimpanan juga dapat dilakukan dengan cara pengecekan manual melalui kontrol panel web hosting. Kamu dapat memeriksa melalui Disk Usage dan mencari tahu letak file besar pada folder web, jika ada yang terlihat besar dan berisi file tidak berguna kamu bisa menghapusnya secara manual.


Disk Usage


Lakukan pengecekan web secara berkala / rutin untuk memastikan hosting kamu tetap bersih dari data-data yang tidak penting atau file yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status