Cara Tingkatkan BPK Atau CPC Adsense Terbaru (Update 2018)

Cara Tingkatkan BPK Adsense

Cara meningkatkan nilai BPK atau sering juga disebut CPC pada Adsense bukanlah hal yang mudah. Kita harus pintar-pintar mengetahui tren yang sedang gencar dipromosikan serta mengetahui kata kunci yang jarang digunakan blogger lainnya namun memiliki nilai klik iklan yang mahal.

Ada banyak artikel yang mengulas cara tingkatkan nilai klik iklan Adsense yang telah disampaikan oleh para ahli periklanan khususnya Adsense. Saking banyaknya, kita juga malas membaca semua artikel apa lagi yang berbahasa inggris. Betul tidak?



Saya sendiri masih menggunakan cara sederhana untuk meningkatkan nilaik klik Adsense yang menggunakan Keyword Planner sebagai acuan nilai BPK.


Apa itu Keyword Planner?


Keyword Planner adalah fitur yang disediakan Google khusus untuk pengguna Adwords dimana alat ini mampu memprdiksi nilai perklik iklan Adsense. Berikut ini adalah contoh nilai BPK (Bayar Per Klik) atau CPC (Cost Per Click) yang disampaikan oleh Keyword Planner milik Google.


Nilai BPK Keyword Planner
Nilai BPK Keyword Planner


Kata kunci yang saya ketikkan pada gambar diatas memiliki nilai tafsiran BPK Rp 10.000 (bisa kurang dan bisa lebih). Sedangkan jika ingin mencari kata kunci lainnya yang memiliki nilai BPK lebih tinggi namun masih dalam induk kata kunci yang sebenarnya, bisa melihat yang terkait tepat dibawah hasil pencarian kata kunci utama.


Nilai BPK Kata Kunci Terkait
Nilai BPK Kata Kunci Terkait


Lumayan besar ya nilai per kliknya? Tapi sayang, itu hanyalah prediksi saja. Nilai klik yang sebenarnya tidak 100% akurat dengan yang ditampilkan oleh Keyword Planner. Meskipun tidak akurat, tapi nilai BPK yang ditampilkan Keyword Planner tidak akan jauh berbeda dengan nilai klik yang sebenarnya.




Banyak pakar periklanan juga menganjurkan untuk memfokuskan kata kunci yang memiliki nilai BPK tinggi agar pendapatan Adsense lebih maksimal.

CATAT : Sekarang, mendaftar Keyword Planner tidak semudah beberapa tahun lalu. Ada cara tersendiri untuk mendapatkan akunnya secara gratis dan itu bisa kamu baca pada artikel saya sebelumnya mengenai Cara Daftar Keyword Planner Gratis.


Kalau kamu sudah menemukan kata kunci yang memiliki nilai mahal, selanjutnya buat artikel yang menarik dan lengkap dengan menyertakan kata yang banyak dalam setiap paragraf dan gambar yang mewakili isi artikel. Dengan begitu iklan Adsense dengan nilai yang mahal tersebut akan ditampilkan pada blog atau web kamu.


Tertarik untuk riset kata kunci dengan Keyword Planner?


Apakah kamu pernah heran dan bertanya-tanya dengan orang-orang yang memperjuangkan mati-matian blog dengan topik yang dalam tanda kutip "kurang diminati" misalnya seperti blog review properti atau blog yang membahas asuransi?




Blog seperti itulah yang sebenarnya lebih menguntungkan ketimbang blog yang ramai dikunjungi namun memiliki artikel gado-gado, seperti blog ini contohnya yang saya buat hanya untuk melampiaskan tulisan-tulisan waktu luang.

Bisa kita bandingkan dengan mudah mengenai penghasilan antara Blog Penghasil Uang dengan Blog Penampung Traffic.


BLOG PENGHASIL UANG
Jumlah total artikel50
Jumlah artikel pageone20
Pengunjung uniq perhari200
Nilai BPK rata-rataRp 10.000
Jumlah klik iklan perhari10
Tafsiran pendapatan perhariRp 100.000
Tafsiran pendapatan perbulanRp 3 Juta

Bagaimana jika nilai BPK diatas Rp 10.000?
Bagaimana jika jumlah klik lebih dari 10?
Bagaimana jika memiliki lebih dari satu blog serupa?
Silahkan kamu bayangkan sendiri.


BLOG PENAMPUNG TRAFFIC
Jumlah total artikel300
Jumlah artikel pageone50
Pengunjung uniq perhari3000
Nilai BPK rata-rataRp 1.000
Jumlah klik iklan perhari50
Tafsiran pendapatan perhariRp 50.000
Tafsiran pendapatan perbulanRp 1,5 Juta

Bagaimana jika nilai BPK kurang dari Rp 1.000?
Bagaimana jika jumlah klik kurang dari 100?
Bagaimana jika traffic menurun?
Silahkan kamu bayangkan sendiri.


Alasan mengapa blog gado-gado memiliki nilai BPK yang jauh lebih murah adalah, karena blog gado-gado akan menampilkan iklan yang tidak relevan (tidak sesuai) dengan isi blog. Bisa kamu lihat contohnya pada blog atau artikel di blog ini. Banyak iklan yang tidak sesuai dengan konten blog karena ini adalah blog gado-gado yang memiliki banyak kategori acak-kadul hehe.

Itulah sebabnya mengapa blog dengan micro keyword atau niche tertentu lebih memiliki BPK jauh lebih tinggi dibandingkan blog gado-gado.

Pastinya kamu tahu persis ya mana blog yang lebih menguntungkan? Meskipun blog atau web penghasil uang lebih sedikit pengunjung, tapi jika artikel atau konten yang disajikan memiliki nilai jual tinggi (berpotensi mendatangkan pembeli ke produk yang di iklankan pada Adsense) yang membuat nilai BPK atau CPC juga ikut naik setinggi-tingginya. Hal ini juga berkaitan dengan teori Adsense mengenai nilai CPA (Click Per Action) dan PPS (Pay Per Sale).



Cara riset kata kunci dengan keyword palnner juga sering digunakan oleh para sesepuh Adsense yang menghasilkan ribuan dolar setiap bulannya hanya bermodalkan Minisite dan Micro Keyword yang memiliki nilai BPK maknyus.

Nah setelah kamu membaca artikel ini apakah kamu akan berniat membuat blog gado-gado dengan tujuan pengunjung yang ramai atau membuat blog penghasil uang dengan artikel yang menjual? Pilihan tentu ada pada diri kamu sendiri.

HAPPY BLOGGING ^.^

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

1 komentar:

  1. Terima kasih atas infonya, saya coba dulu moga berhasil..

    BalasHapus

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status