CMS Untuk Membuat Web Video Streaming (YouTube Clone)

YouTube Clone

YouTube bukanlah satu-satunya situs video streaming yang ada di internet, masih ada beberapa situs besar yang juga memiliki fitur serupa dengan YouTube, sebut saja Vimeo dan Dailymotion. Kedua situs ini adalah pesaing ketat YouTube saat ini, namun kebanyakan orang khususnya di Indonesia masih menggandrungi YouTube sebagai situs video streaming andalan.

Jutaan video apa saja ada di YouTube dan dapat kita tonton dengan bebas. Mulai dari film bioskop, video pengetahuan hingga video kartun ada di YouTube. Tapi sayang, di YouTube juga beredar banyak video yang menampilkan konten dewasa dan ini cukup menjadi perhatian bagi orang tua agar tidak memberikan akses penuh ke anak untuk mencari video di YouTube.



Bukan hanya dapat menonton video atau film, kita juga dapat mengunggah (upload) video ke YouTube agar dapat ditonton oleh publik. Selain itu, YouTube juga bisa menjadi mata pencaharian khusus untuk orang-orang yang hobi membuat vlog dengan serius.

Sebagai salah satu situs video streaming terkenal yang memberikan konten video, tentu banyak perusahaan ingin ikut bersaing dengan YouTube karena diprediksi beberapa tahun yang akan datang nanti, hampir separuh orang di dunia akan lebih menyukai menonton video atau film di internet ketimbang di televisi atau bioskop.

Beberapa perusahaan yang baru-baru ini menginjak dunia video streaming atau video on-demand adalah Vidio.com dan meTube. Kedua situs tersebut merupakan buatan perusahaan digital di Indonesia. Meski banyak orang yang belum tahu, tapi kedua situs tersebut sudah termasuk mirip dengan YouTube dan memiliki fitur yang tak kalah menarik.

Mungkin kamu juga berangan-angan ingin membuat web video streaming seperti YouTube, Vidio.com atau meTube tapi tidak tahu apa CMS (Content Management System) yang harus digunakan?




Nah pada artikel ini saya akan memberikan beberapa CMS YouTube Clone yang bisa menjadi acuan kamu untuk membuat web video streaming dengan mudah dan cepat. Hanya dengan menginstalnya pada web server dan sedikit konfigurasi, kamu akan memiliki situs web seperti YouTube yang dapat mengunggah, menonton dan mengomentari video atau film.

INFORMASI : Untuk membangun web video streaming yang besar, kamu memerlukan hosting yang memadai untuk itu, dan saran saya adalah menggunakan web hosting yang lebih advanced seperti VPS atau Dedicated Server.

CMS Untuk Membuat Web Video Streaming


ClipBucket


ClipBucket
ClipBucket

[ DEMO | DOWNLOAD ]

Solusi termudah membangun web Video Sharing atau Video On Demand (VOD) untuk berbagi video. Clipbucket memiliki fitur seperti HLS, Adoptive streaming, Daftar putar, Upload dan mendukung pemutaran video melalui ponsel. Tidak hanya itu, Clipbucket juga apat digunakan untuk memutar video dalam HTML5 Player, Pay Per View, dan banyak lagi.


CumulusClips


CumulusClips
CumulusClips

[ DEMO | DOWNLOAD ]

CumulusClips adalah Video Sharing CMS yang memungkinkan kamu untuk membuat situs video streaming sendiri. CumulusClips gratis dan mudah digunakan. Kamu juga dapat membangun website YouTube Clone dimana pengguna dapat mengunggah video, menilai video, mengomentari video, dan banyak lagi.


ClipShare


ClipShare
ClipShare

[ DEMO | DOWNLOAD ]

Dengan menggunakan CMS Video Sharing ClipShare, kamu bisa dengan mudah membuat situs web video streaming yang sangat menguntungkan seperti YouTube, Vimeo, Dailymotion dan Hulu.


PHP Melody


PHP Melody
PHP Melody

[ DEMO | DOWNLOAD ]

Apakah kamu memerlukan Video Sharing CMS yang hebat atau galeri video sederhana, semuanya bisa dibuat menggunakan PHP Melody.




PHP Melody adalah CMS yang di-host sendiri (self hosted) yang telah beegelut dibidangnya lebih dari 9 tahun.


PHPVibe


PHPVibe

[ DEMO | DOWNLOAD ]

PHPVibe adalah CMS video sharing modern dengan fitur yang tidak terbatas. Jika kamu merencanakan untuk membuat situs video untuk upload dan tonton diberbagai platform, pertimbangkan untuk memilih PHPVibe sebagai titik awal.


VideNox


VideoNox
VideoNox

[ DEMO | DOWNLOAD ]

VideNox adalah salah satu script video sharing yang dapat kamu andalkan untuk membangun situs video streaming besar. VideNox juga dibundel dengan banyak layanan, plugin dan pengaturan.


ViewShark


ViewShark
ViewShark

[ DEMO | DOWNLOAD ]

ViewShark adalah sistem pengelolaan konten video high-end, kuat dan terpercaya untuk membuat dan menjalankan situs web khusus yang disesuaikan. ViewShark juga sangat cocok untuk menjalankan platform video-on-demand, portal e-learning atau solusi video korporat internal.


HelloVideo


HelloVideo
HelloVideo

[ DEMO | DOWNLOAD ]

Dengan HelloVideo kamu dapat membuat situs video streaming sendiri. Kamu juga dapat menambahkan video, artikel, dan halaman tak terbatas ke situs. Selain itu, dengan HelloVideo kamu bisa memilih untuk membuat video yang tersedia secara gratis atau hanya untuk anggota tertentu.


PlayTube


PlayTube
PlayTube

[ DEMO | DOWNLOAD ]

PlayTube adalah script video sharing yang sederhana dan kuat. PlayTube termasuk CMS video shareing terbaik untuk memulai membuat situs berbagi video.


YouTube CMS Pro


YouTube CMS Pro
YouTube CMS Pro

[ DEMODOWNLOAD ]

YouTube CMS Pro adalah script yang dapat membantu kamu untuk membangun situs web Video streaming seperti YouTube dengan mudah dan efektif. YouTube CMS Pro dapat meng-Embed video otomatis atau manual dari YouTube (Grabbing).



Diatas adalah beberapa CMS Untuk Membuat Web Video Streaming yang dapat kamu gunakan untuk membuat situs web seperti YouTube atau sejenisnya. Beberapa diantaranya berbayar dan sebagain lainnya merupakan CMS Video Sharing gratis.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status