Update Algoritma Google Maret 2018

Google Algoritma 2018

Beberapa waktu lalu situs-situs populer yang fokus mengulas seputar SEO banyak yang membuat artikel tentang Google Algoritma yang konon baru saja update. Dampak positif sudah mulai terasa beberapa hari belakangan ini, dan salah satunya adalah lonjakan pengunjung yang tiba-tiba berdatangan dari mesin pencari secara organik.

Blog ini termasuk salah satu yang terkena dampak positif dari beberapa blog yang saya miliki. Biasanya pengunjung unik blog ini perhari kisaran 900+ namun setelah Google merubah Algoritma, pengunjung unik kini hampir 2X lipat lebih banyak, tepatnya 1500+ perhari.


Dampak Update Google Algoritma 2018
Dampak Positif Update Google Algoritma 2018


Update Algoritma Google kali ini tampaknya cukup serius dan mencakup banyak perubahan pada mesin pencari nomor satu di dunia tersebut. Dari sumber-sumber yang saya baca, ada beberapa sektor penting yang di update oleh Google pada pembaharuan Algoritma kali ini.



Perubahan besar yang dilakukan oleh Google sejak awal Maret 2018 lalu sampai artikel ini saya tulis baru terasa efeknya sekarang (mungkin karena Indonesia mendapat update belakangan). Sekarang, sepertinya sudah terasa di hampir seluruh domain Google dari negara manapun seperti Google.com, Google.co.id, Google.co.uk, Google.ca, dan puluhan domain Google lainnya.

Menurut pandangan saya pribadi, Update Algoritma Google kali ini untuk mempermudah orang dalam menemukan konten yang paling sesuai (relevan) serta mencakup e-commerce untuk memajukan perekonomian dimana Google sendiri juga sedang mengembangkan fitur baru mereka yaitu Google Marchant (ini hanya pandangan saya pribadi ya, jangan langsung percaya begitu saja).

Google Marchant tampaknya yang membuat Google mengubah sebagian besar Algoritmanya, mulai dari hasil penelusuran web biasa hingga gambar.

 BACA JUGA :  Cara Optimasi Blog Agar Mudah Ditemukan Di Google

Biarpun update ini membuat blogger konsisten mendapatkan dampak positif, tapi dampak yang sebaliknya justru diradakan oleh blogger yang baru terjun ke dunia blogging. Banyak url blog dan domain baru yang tidak ditemukan di mesin pencari Google, bahkan meski sudah mengirimnya melalui halaman Google Search Console (GSC) dan Google Add URL tetap saja domain atau halaman yang baru dibuat tidak muncul di hasil penelusuran.




Hal ini mungkin dikarenakan Update Algoritma Google yang belum sepenuhnya rampung dan mengakibatkan setiap halaman dari blog atau website baru masuk ke dalam daftar antrian (pending). Blog atau webaite yang dibuat sebelum tahun 2018 mungkin tidak akan merasakan hal ini sebab, di kebanyakan forum diskusi dan grup blogger, hanya url blog dan website baru yang merasakan efek negatif tersebut.

Jadi, buat kamu yang baru saja membuat blog atau website di tahun ini, sebaiknya sedikit bersabar hingga Google rampung mengupdate Algoritmanya.

Sebagai blogger yang menulis semua artikel blog secara orisinil tanpa menjiplak tulisan orang lain, saya sangat setuju dengan update terbaru Google Algoritma. Tentunya blogger-blogger lain yang juga menulis artikel dengan susah payah akan mendapatkan dampak yang positif juga.

 BACA JUGA :  Cara Agar Artikel Cepat Terindeks Di Google Kurang Dari 5 Menit

Untuk blogger yang selalu ingin konten instan (copas/spin/agc), sepertinya harus gigit jari karena domain dan artikel berlahan tapi pasti akan menjauh dari peringkat penelusuran, terlagi blog atau website yang menyediakan konten berhak cipta seperti video dan musik.

Update ini juga telah dikonfirmasi atau telah diakui oleh Google dari cuitan di Twitter yang mengatakan :


Kabar burung mengenai Konten adalah Raja kini sudah terpecahkan karena Google memang mengutamakan hasil pencarian dari konten atau artikel yang orisinil, unik, bermanfaat dan mudah dipahami manusia. Dengan kata lain, CONTENT IS KING itu benar dan sejak dulu dan pada Maret 2018 diperbarui.



Selain konten, Google juga melakukan perubahan hasil penemuan halaman dari pendeteksian layout blog atau website. Blog atau website yang memiliki layout responsive dan AMP sekarang bisa bernafas lega karena Google akan lebih mengedepankan hasil halaman yang mobile-frindly.

Sedikit tips, jika kamu ingin mengikuti perkembangan ini, bisa membaca postingan WEBCEO mengenai peningkatan kualitas SEO yang ditulis di SEJ mereka mengungkapkan secara jelas apa-apa saja yang perlu diperbaiki untuk menduduki peringkat teratas Google.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

2 komentar:

  1. Wow update lagi ya algoritmanya. Bagus lah kalau mengutamakan kualitas konten. Bikin bloger makin semangat nulis dan tetap di jalurnya menulis utk dibaca manusia, bukan mesin😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, saya sendiri juga makin semangat buat ngeblog setelah baca update-an algoritma disana sini. Baiknya lagi, konten orisinil sekarang semakin di kedepankan.

      Hapus