Cara Memproteksi Gadget Agar Tidak Bisa Mengakses Konten Negatif

Cara Memproteksi Gadget Agar Tidak Bisa Mengakses Konten Negatif

Gadget kini menjadi barang yang sangat bersahabat dengan manusia tanpa memandang usia dan golongan. Lebih dari setengah manusia yang hidup diatas bumi menggunakan gadget untuk membantu memudahkan kehiduapan sehari-hari.

Karena dianggap lumrah, gadget serta internet berkolaborasi dan berkembang menjadi suatu barang yang dapat menemukan informasi atau konten apa pun yang kita cari melalui mesin pencarian seperti Google dan Bing. Mulai dari infrmasi pendidikan, ekonomi, bisnis hingga berita terbaru dari seluruh dunia dapat kita lihat melalui gadget.



Sayangnya banyak orang tua yang tidak tahu bahwa di luasnya internet terdapat juga jutaan halaman web yang berisi konten negatif. Parahnya konten seperti itu sangat mudah ditemukan melalui mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Meskipun Kemkominfo dan ISP di Indonesia sudah berupaya untuk memfilter agar masyarakat tidak dapat mengakses situs web yang terlarang, tapi karena saking banyaknya situs web baru dan tersedianya layanan VPN gratis membuat instansi dan organisasi perlindungan di berbagai negara kerepotan. Jelas saja, situs apapun yang di blokir oleh ISP akan tembus jika di akses melalui jaringan VPN, hal inilah yang membuat cemas sebagian besar masyarakat (khususnya orang tua).

Tapi jika kamu sebagai orang tua yang memiliki anak berusia dibawah umur atau belasan tahun, waspadai aktifitas mereka di internet. Jika perlu, hubungkan gadget mereka dengan gadget kamu untuk memata-matai pergerakannya di internet.

Bagai mana cara mengawasi gadget anak?

Jangan khawatir, sekarang telah banyak aplikasi ponsel dan software komputer yang dapat digunakan untuk memantau aktifitas orang lain melalui koneksi internet. Merek-merek besar seperti Antivirus dan keamanan jaringan sudah banyak membuat software dan aplikasi perlindungan untuk orang tua agar dapat memantau anaknya. Berikut ini aplikasi dan software yang dapat kamu gunakan untuk melihat aktifitas anak melalui koneksi internet :


Cara Memproteksi Gadget Agar Tidak Bisa Mengakses Konten Negatif


1. Kaspersky Safe Kids


Kaspersky Safe Kids
Kaspersky Safe Kids


Sebagai orang tua kamu dapat tetap terhubung dengan gadget anak dan memastikan mereka berada di tempat yang aman. Dengan aplikasi Kaspersky Safe Kids kamu dapat menjadwalkan laporan ke ponsel kamu dari ponsel anak dalam bentuk laporan seperti lokasi GPS, kegiatan yang mencurigakan, ringkasan dari apa yang dicari, dilihat dan dibagikan.

Kaspersky Safe Kids memungkinkan orang tua untuk memberikan perlindungan kepada semua anak yang meliputi :

Memblokir akses ke situs yang negatif
Memberikan akses aman pada pencarian di internet
Menyesuaikan daftar blokir situs dan aplikasi yang tidak diizinkan
Memberikan akses ke situs atau aplikasi yang diblokir setelah melalui persetujuan orang tua

Bukan hanya itu, bahkan kamu dapat meningkatkan versi aplikasi Kaspersky Safe Kids Premium agar dapat menggunakan semua fiturnya yang tidak tersedia di versi gratis. Berikut fitur Kaspersky Safe Kids Premium yang akan kamu dapatkan :

Monitor aktifitas anak di web dan penggunaan perangkat (melalui akun Kaspersky)
Mengkategorikan permintaan (yang di ketik) pada kolom pencarian di internet
Menunjukkan lokasi anak pada peta
Membantu mendefinisikan an memantau area aman
Mengirim peringatan instan jika anak meninggalkan tempat yang aman
Mengirim pemberitahuan untuk kegiatan yang mencurigakan
Memberi tahu jumlah teman perubahan
Memantau postingan publik
dan banyak lagi...!


2. Norton Family


Norton Family
Norton Family


Keamanan berinternet adalah kekhawatiran yang terus berkembang untuk semua orang tua pada anak-anaknya. Ancaman umum mengenai keselamatan di internet meliputi: Cyber Bullying, Konten Negatif atau Menyinggung, P0rn0grafi, Kebencian, SARA dan Predator S3ksual.

Anak-anak secara alami ingin tahu hal-hal tersebut namun mereka belum tahu kapan usia mereka boleh mengetahuinya. Dengan Norton Family kamu / orang tua dapat memantau semua aktivitas anak di internet untuk menjaga keselamatan mereka.




Fitur canggih dari Norton Family akan memudahkan anda mengetahui aktifitas anak saat mereka bisa mengakses internet. Berikut fitur yang tersedia alam aplikasi :

Melacak kegiatan pencarian anak melalui Browser Norton di Norton Family Portal
Melacak situs yang mereka kunjungi dan apa yang mereka cari pada Browser Norton atau Browser Chrome
Menyiapkan daftar untuk memblokir akses ke jenis konten tertentu
Dapatkan pemberitahuan jika anak mencoba untuk melanggar aturan
Mengetahui keberadaan anak di peta dengan GPS lokasi di perangkat mereka
Melihat aplikasi yang telah diinstal anak
Mematasi jumlah waktu anak saat menggunakan gadget
Melacak video apa yang ditonton di YouTube melalui Browser Norton atau Browser Chrome
Mengetahui kebiasaan anak dengan meninjau sejarah aktifitas mereka selama 30 hari
Hibah atau memblokir akses ke semua aplikasi, browser, permainan dan lebih dari portal Norton -
Orang tua dan anak masih dapat terhubung satu sama lain ketika perangkat anak berada dalam mode Lock


Cukup menginstal aplikasi Norton Family di perangkat kamu untuk mengontrol perangkat anak dan melakukan pengawasan.

CATAT : Sebaiknya kamu menonaktifkan browser yang ada pada perangkat anak untuk memastikan anak hanya menggunakan Norton Browser agar pemantauan lebih efektif.



3. ESET Parental Control


ESET Parental Control
ESET Parental Control


ESET Parental Control adalah aplikasi yang dirancang untuk melindungi anak-anak saat mereka menggunakan tablet dan smartphone dengan cara yang ramah anak.

Kita semua tahu bahwa sebagai orang tua, tidak mudah untuk mengatur batas-batas untuk anak yang juga berlaku untuk dunia online. Jangan khawatir, kamu tidak sendirian dalam hal ini 9 dari 10 orang tua berpikir bahwa anak-anak mereka tidak siap untuk mengeksplorasi semua aplikasi mobile dan website.




Tujuan ESET Parental Control untuk memberikan kepercayaan dan melindungi Anda anak-anak ketika menggunakan gadget di era digital ini.

Aplikasi ini mampu melindungi anak-anak dari konten dan informasi negatif di internet, dan orang tua lah yang wajib mengontrol itu semua. Berikut daftar fitur yang tersedia pada aplikasi ESET Parental Control Premium :

Memberitahu orang tua situs yang di kunjungi anak
Cukup masukkan usia anak, dan kategori seperti Perjud1an dan P0rn0grafi akan diblokir secara otomatis
Memberi orang tua pilihan untuk memblokir konten dengan segera
  Menunjukkan aplikasi yang cocok untuk anak (didasarkan pada Google Play rating konten)
Memungkinkan orang tua untuk mengatur waktu penggunaan maksimum untuk hari tertentu atau untuk mencegah akses ke kategori tertentu selama sekolah atau waktu tidur
Mengawasi aplikasi yang digunakan anak tanpa menghalangi akses kepada mereka
Menanggapi semua pemberitahuan langsung dari menu notifikasi
Memungkinkan anak untuk meminta izin kepada orang tua untuk diberikan akses ke situs atau aplikasi yang telah diblokir
  Menghubungi anak menggunakan pesan pada layar yang memaksa mereka untuk membaca
Mengetahui lokasi anak melalui my.eset.com atau langsung dari gadget orang tua


4. McAfee Family Protection


McAfee Family Protection
McAfee Family Protection


Apakah kamu pernah bertanya-tanya apa yang anak-anak lakukan saat browsing di internet?

Sekarang kamu / orang tua dapat memiliki Parental Control atas konten yang di akses anak-anak.
McAfee Family Protection memberikan orang tua kontrol dan filter situs dengan kategori seperti 0bat, Perjud1an, P0rn0grafi dan banyak lainnya.

Aplikasi ini melindungi anak-anak dari melihat konten yang tidak pantas sehingga orang tua dapat mengetahui gaya hidup anak.

Untuk menjaga anak dari menghindari aplikasi, McAfee Family Protection mendukung Google Chrome. Jadi, jika anak mendownload browser lainnya, McAfee Family Protection akan memblokir dan menghentikan secara otomatis. Family Protection juga memiliki fitur perlindungan un-install untuk mencegah anak menghapus aplikasi.

Dengan Family Protection McAfee, kamu dapat memiliki ketenangan mengetahui bahwa anak-anak tidak akan bisa berselancar di internet untuk sesuatu yang negatif.


5. Dunia Anak / Kids Place


Dunia Anak
Dunia Anak / Kids Place


Aplikasi Dunia Anak adalah aplikasi yang memungkinkan orang tua membuat 'Mode Anak'. Dengan fitur kontrol orang tua akan melindungi data pribadi dan membatasi anak dari aplikasi (hanya yang disetujui yang dapat digunakan anak).

Aplikasi ini juga dapat mencegah anak mengunduh aplikasi atau game baru, menelepon, kirim sms atau tindakan lain yang perlu biaya. Aplikasi Dunia Anak telah diinstal oleh jutaan keluarga di dunia dan menariknya aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet, email, akun dan tidak perlu membeli lisensi aplikasi. Ini sepenuhnya gratis untuk mengontrol ponsel androi kamu dari genggaman anak.

Berikut daftar fitur yang tersedia pada aplikasi Dunia Anak gratis :
Hanya mengizinkan akses ke aplikasi yang telah disetujui orang tua
Menu ponsel hanya menampilkan aplikasi yang disetujui orang tua
Dapat mencegah anak membeli atau mengunduh aplikasi dan gane baru
Mampu memblokir panggilan masuk ketika aplikasi berjalan
Mampu menonaktifkan semua sinyal nirkabel ketika aplikasi berjalan
Menjalankan ulang aplikasi secara otomatis apabila tidak sengaja dihentikan anak
Cocok untuk anak-anak balita & remaja
Filter konten situs video dan gambar
Mengonversi semua ponsel atau tablet jadi Mode Anak

CATAT : Kamu / orang tua harus mengatur "PIN" saat pertama kali memakai aplikasi.



Meskipun versi gratis aplikasi ini sudah mencukupi untuk mengontrol gadget dari tangan anak, namun pengembang juga memberikan aplikasi berbayar (PRO) untuk mendapatkan fitur canggih lainnya.

Itulah Cara Memproteksi Gadget Agar Tidak Bisa Mengakses Konten Negatif yang paling mudah dan sederhana. Kamu bisa mencoba mana aplikasi yang paling cocok dengan mengujinya satu-persatu atau memastikan itu bekerja dengan baik di kedua gadget (orang tua dan anak).

Mana aplikasi andalan kamu untuk memproteksi konten negatif di internet?

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status