Cara Mendapatkan Backlinks Dari Domain EDU dan GOV

Cara Mendapatkan Backlink Dofollow Dari Domain EDU dan GOV

Membuat dan mengelola blog memang tidak akan ada habis-habisnya, mulai dari penataan desain hingga pembuatan konten yang cukup menguras pikiran juga waktu. Bukan hal yang aneh jika seorang blogger bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar monitor hanya untuk membuat satu artikel, itu pun belum ditambah dengan pencarian dan pengeditan gambar yang sesuai dengan postingan yang akan dibuat.

Hal diatas adalah langkah awal nyata yang hampir dilakukan oleh semua blogger di selurih dunia. Setelah blog rampung dibuat dan mulai diisi dengan artikel-artikel (konten) tentu perjalanan sebagai blogger masih di garis start yang siap untuk memulai.



Lho kok baru memulai?


Apabila seorang blogger sudah selesai membuat blog dan mengisinya dengan artikel yang cukup, tentu wajib baginya untuk mendapatkan pembaca secara organik yang biasanya berdatangan dari mesin pencari seperti Google, Bing maupun Yandex. Pembaca inilah yang akan menyemangati blogger untuk terus menerus membuat artikel. Semakin banyak pembaca yang berdatangan setiap harinya, semakin berkobar semangat untuk menggeluti dunia blogging.

Kalau kamu seorang blogger, tentu paham betul rasanya memiliki banyak pembaca yang berdatangan secara organik, betul?

Nah untuk mendatangkan pembaca organik ke dalam blog bukanlah hal yang mudah. Blogger harus tahu dimana harus berpromosi dan bagai mana metode yang tepat. Saya sendiri melakukan banyak eksperimen setiap kali membuat blog baru dengan tujuan mempersingkat waktu untuk mendapat banyak pembaca organik yang berdatangan dari mesin pencari.

Cara yang paling awal saya lakukan adalah menanam backlinks dari situs besar dan situs terpercaya seperti situs pemerintahan dan pendidikan. Langkah ini saya lakukan dengan cara tradisional, yaitu memanfaatkan kolom komentar untuk menanam backlinks.


Apa manfaat Backlinks?


Backlinks adalah link blog kita yang ditanam pada halaman situs lain. Misalnya saya membuat backlinks ke situs Google, maka kamu akan bisa mengklik teks Google tersebut dan mengarah ke situs Google. Dengan menanam banyak backlinks dari situs-situs populer, blog kamu akan mendapatkan nilai lebih dari mesin pencari karena semakin banyak backlinks yang mengarah ke blog kamu, maka posisi blog kamu akan melejit dengan sangat cepat di  SERP (Search Engine Result Page). Itulah manfaat backlinks untuk sebuah blog atau web yang ingin cepat menduduki page one di mesin pencari.




Eitssss... Tapi tunggu dulu, jangan terburu-buru untuk langsung mencari situs untuk kamu komentari dan menanam backlinks, masih sisi nilai negatif dari penanaman backlinks lho.


Apa sisi ngatifnya gan?


Untuk menanam backlinks dari situs populer atau terpercaya, kamu perlu menyesuaikan situs tersebut dengan kategori blog kamu atau artikel yang kamu tulis. Maksudnya? Jadi gini, misalkan blog kamu fokus ke topik tentang Teknologi, lalu kamu menanam backlinks dari situs yang bertopik Kesehatan, pastilah itu sangat berlawanan. Karena berlawanan, Google dan mesin pencari lainnya menganggap blog kamu menyebarkan link spam otomatis dan menyebabkan penurunan kualitas, bahkan bisa juga blog kamu akan dihapus dari SERP mesin pencari.

Memang kejadian penghapusan blog dari mesin pencari tidak begitu sering terjadi, tapi untuk menghindari hal tersebut agar tidak terjadi pada blog kesayangan kamu, lebih baik menanam backlinks yang sesuai dengan topik blog kamu. Biarpun bukan situs populer yang kamu tanami, asalkan sesuai itu akan berimbas lebih baik.

 BACA JUGA :  Cara Optimasi Blog Agar Mudah Ditemukan Di Google

Cara menanam backlinks dari situs populer terbilang mudah. Kamu tidak perlu nyepam pada kolom komentarnya, cukup dengan mencari artikel dari situs populer di Google yang ditambah sedikit kata kunci khusus, maka kamu bisa menemukan artikel yang bisa ditanami backlinks. Menurut berbagai sumber, backlinks yang berkualitas adalah backlinks dari situs yang memiliki domain khusus seperti .edu (pendidikan) dan .gov (pemerintahan).

Bagai mana cara mencari artikelnya gan? Saya sudah coba cari di Google tapi susah dapetin artikel dari situs .edu dan .gov yang bisa di komentarin.




Pertanyaan ini juga sering saya baca di berbagai forum dan grup blogger. Seperti yang saya bilang, kamu harus menyisipkan sedikit kata kunci khusus pada kolom pencarian Google, jika perlu sesuaikan waktunya seperti gambar dibawah ini.


Pencarian Backlinks Dari Situs EDU


KETERANGAN :

Garis bawah hijau menandakan kata kunci yang ada pada halaman.
Garis bawah merah menandakan waktu konten / artikel tersebut dibuat.

Jangan lupa untuk mengatur waktu yang paling pas, yaitu satu minggu. Mengapa satu minggu? Karena kalau kamu memilih satu minggu, maka hasil pencarian yang kamu dapati akan menampilkan SERP dari update-an seluruh situs dalam kurun waktu satu minggu terakhir, termasuk artikel yang baru yang dipublikasikan. Kamu juga bisa memilih satu hari atau satu bulan jika ingin mpersempit atau memperluas pencarian.


Pencarian Google Seminggu Terakhir


Setelah kata kunci dan waktu pencarian sudah kamu pikirkan, terakhir adalah memberikan kata kunci khusus yang dapat menampilkan halaman dari situs-situs berdomain khusus seperti .edu dan .gov atau lainnya sesuai yang kamu inginkan.

Hanya dengan menambahkan kata site: dan intext: kamu bisa menemukan artikel dari situs tertentu dengan mudah. Contoh kata kunci khusus untuk pencarian artikel dari situs .edu :


intext:Leave a Comment site:.edu
intext:Leave a Reply site:.edu



Kata kunci khusus tersebut akan menampilkan halaman-halaman / artikel dari situs yang berisi kalimat "Leave a Comment" dari semua domain .edu yang ada di internet seperti gambar diatas. Kamu juga bisa bereksperimen lagi dengan mengganti kata Leave a Comment misalnya Leave a Reply pada target kata kunci agar menemukan situs berdomain .edu atau .gov yang bisa di komentari (memiliki kolom komentar).


Kolom Komentar Situs EDU


Jika menemukan artikel yang sesuai dan bisa di komentari, komentarlah dengan kata-kata yang berhubungan dengan artikel tersebut. Jangan berkomentar asal-asalan karena hampir seluruh situs populer yang berdomain .edu dan .gov memoderasi setiap komentar. Kalau kamu berkomentar asal, tentu komentar kamu tidak akan diterbitkan. Tapi, jika komentar kamu sesuai dengan artikel yang ingin kamu komentari, pastilah komentar kamu akan disetujui dan akhirnya kamu mendapatkam backlinks dari kolom komentar.

Itulah cara yang saya lakukan untuk menanam backlinks berkualitas dari situs populer dan terpercaya. Tidak perlu banyak, cukup 10-20 backlinks kamu sudah bisa mendapatkan hasil positifnya beberapa bulan kedepan setelah Google merayapi dan mengakui bahwa blog kamu terkait dengan salah satu konten di situs populer.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status