Cara Mengamankan Akun Facebook Terbaru

Cara Mengamankan Akun Facebook Terbaru

Masih ingat masalah yang di alami oleh Facebook beberapa waktu yang lalu mengenai pencurian data pengguna? Dari kejadian tersebut kita bisa tahu bahwa kehilangan privasi di dunia maya bukan hanya kecerobohan orang itu sendiri, melainkan dari banyak faktor dan yang paling sering adalah kelalaian.

Facebook digunjing oleh berbagai pihak atas bocornya data pengguna yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan politik di Amerika (USA). Tidak banyak yang saya ketahui mengenai motif dari pencurian data yang diperirakan lebih dari 50 juta akun pengguna Facebook.

Memang, pencurian data ini tidak terlalu agresif dan bukan soal hacking melainkan tentang kebiasaan dan aktifitas seseorang saat menggunakan Facebook. Begitulah cara oknum tertentu untuk mengetahui minat seseorang yang kemudian di kembangkan lagi untuk mendapatkan hasil perhitungan, lebih tepatnya di kelola lagi untuk kampanye online.



Banyak situs berita nasional dan internasional menyampaikan breaking news tentang pencurian data ini, kabarnya yang melakukan hal ini adalah Cambridge Analytica yaitu salah satu perusahaan analisis politik asal London.

Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook juga telah mengakui kebocoran data ini dan telah meminta maaf diberbagai media masa seperti situs berita online dan koran juga di akun resmi Facebook miliknya. Akibat kejadian ini banyak pihak yang mencekam Cambridge Analytica sebagai perusahaan pencuri data dan pendukung partai polikik dengan cara tidak sehat.

Masalah hukum mengenai kasus ini masih berlangsung di pengadilan Amerika dan entah bagai mana hasilnya nanti kita tunggu saja beritanya.

Pada artikel ini saya ingin berbagi informasi tentang Cara Mengamankan Akun Facebook Terbaru yang dapat meminimalisir pencurian data dari akun kamu agar tidak disalah gunakan oleh pihak lain yang ingin mencari keuntungan. Berikut adalah daftar mengenai hal-hal yang perlu kamu lakukan pada akun Facebook pribadi.





Menghapus Aplikasi Tidak Penting Dari Akun


Facebook mengalami kebocoran data atau informasi dari aktifitas penggunanya melalui aplikasi yang bernama "This Is Your Digital Life" yaitu aplikasi yang berisi tentang kuis. Aplikasi kuis di Facebook memang sedang naik daun belakangan ini, pasalnya aplikasi seperti itu terkadang menyampaikan jawaban yang luar biasa dan siapa saja dapat berbagi hasil mengisi kuis ke beranda Facebook miliknya.




Banyak aplikasi kuis meminta data pribadi seperti email, nomor telepon, umur, nama, alamat serta data-data lainnya sebelum kamu menggunakannya. Dan disinilah banyak orang secara tidak sada langsung mengklik "ijinkan". Lucunya, kesalahan dari pengguna yang lali ini semua dilimpahkan ke Facebook, seakan-akan Facebook telah lalai menjaga data para penggunanya.

Buat kamu yang sering ikutan kuis di Facebook atau menggunakan aplikasi yang meminta data pribadi segeralah menghapusnya dari akun Facebook dengan cara mengunjungi pengaturan dan menghapus atau mencopot aplikasi yang tidak kamu inginkan.


Cara Hapus Aplikasi Facebook


Dengan menghapus aplikasi yang tidak penting atau aplikasi yang menurut kamu tidak seharusnya terkait dengan akun Facebook akan mengurangi resiko data kamu digunakan oleh aplikasi atau game yang ada di Facebook.

INFORMASI : Untuk kamu yang ingin mengetahui apakah akun kamu terkena dampak dari pencurian data di Facebook bisa mengetahuinya melalui tautan ini.

Menambahkan Nomor Telepon dan Email Aktif


Dulunya, membuat akun Facebook sangatlah mudah, kita bisa membuatnya hanaya dengan email dan dalam hitungan menit. Tapi sekarang, membuat akun Facebook membutuhkan verifikasi yang mengharuskan kita untuk menambahkan email dan nomor telepon yang aktif untuk proses verifikasi.


Menambahkan Nomor Telepon Di Akun Facebook


Email dan nomor telepon tersebut dapat membuat akun lebih aman dari sistem otomatis Facebook yang aktif mengunci akun siapa saja yang tidak memiliki nomor telepon. Saran saya, sebaiknya tambahkanlah email dan nomor telepon aktif di akun pribadi kamu.


Menyembunyikan Nomor Telepon dan Email


Nomor telepon dan email sangatlah penting di jaman sekarang, sebab keduanya saling berkaitan untuk digunakan memverifikasi apa pun termasuk akun Facebook. Akun email dan nomor telepon di Facebook pantasnya disembunyikan agar orang yang tidak berkepentingan tidak mengetahui nomor telepon dan email asli kamu.


Cara Menyembunyikan Email Facebook


Cara Mengamankan Akun Facebook dengan menyembunyikan email dan nomor telepon sudah sangat umum dilakukan sebagai langkah awal pencegahan dari email spam dan tool scraper khususnya Facebook.


Rutin Mengubah Password


Melakukan pergantian password atau kata sandi memang sudah kewajiban setiap warganet agar dapat mengamankan setiap akun yang dimiliki. Begitu juga di Facebook, rutinlah mengganti password agar akun kamu tetap aman.







Membuat Keamanan Ganda


Sosial media rasaksa, Facebook, memiliki sistem keamanan ganda yang dapat kamu gunakan untuk masuk ke akun. Sistem ini tampaknya kamu perlukan jika akun pribadi kamu sangatlah penting.


Aktifkan Kemanan Ganda Di Facebook


Dengan mengaktifkan sistem keamanan ganda, kamu akan diminta verifikasi 2X sebelum masuk ke akun Facebook.


Mengaktifkan Pemberitahuan Masuk


Fitur pemberitahuan masuk adalah fitur yang paling saya sukai di Facebook, pasalnya fitur ini akan memberikan pemberitahuan di email dan nomor telepon jika ada seseorang atau kita sendiri yang masuk ke Facebook dari perangkat dan ISP lain.


Pemberitahuan Masuk Di Facebook


Keamanan ini sudah sangat baik menurut saya karena kita akan terus diberitahu secara real-time mengenai siapa saja yang masuk ke akun.


Menambahkan Kontak Terpercaya


Jika kamu ingin akun Facebook kamu lebih aman dan mudah dibuka apabila terkunci, gunakan fasilitas kontak terpercaya yang ada di pengaturan akun. Dengan memilik 3 sampai 5 akun teman atau keluarga, itu akan sangat membantu dikala akun kamu terkunci (check point) nantinya.


Kontak Terpercaya Facebook


Sistem keamanan check point Facebook yang rutin mengunci akun orang-orang yang dicurigai menyebarkan spam dan bertindak buruk di Facebook akan terkunci secara otomatis jika terjaring dengan sistem check point Facebook ini.


Menyembunyikan Akun Dari Pencarian Publik


Yang satu ini mungkin masih sangat jarang orang perduli, padahal fitur menyembunyikan akun dari pencarian publik dan Search Engine mampu menambah keamanan dan privasi.


Menyembunyikan Akun Facebook


Hanya dengan menonaktifkan pencarian publik, akun kamu akan aman dari pencarian orang-orang yang secara random menambahkan teman atau memang menggunakan alat untuk mencari seseorang dengan taeget tertentu (biasanya alat marketing).

Selain itu, di halaman yang sama kamu juga dapat mengatur agar orang tidak dapat menemukan profil kamu jika dicari menggunakan email dan nomor telepon.


Aktifkan Perijinan Penandaan


Hal paling menjengkelkan memiliki teman yang sangat aktif di Facebook adalah penandaan. Sering kali kita ditandai oleh teman (atau orang tidak dikenal) di Facebook tanpa perijinan kita, dan hal tersebut tentunya membuat kita geram. Apalagi kalau foto atau status yang tidak berhubungan dengan kita.



Agar dapat terhindar dari penandaan otomatis, kamu bisa mengaturnya dari pengaturan akun Facebook dimana fitur filter dapat membuat penandaat dari teman akan tertunda sebelum kamu mengkonfirmasinya.


Penandaan Di Facebook


Kalau sudah begitu, siapapun yang ingin menandai nama kamu di Facebook tidak akan langsung muncul kecuali kamu yang mengkonfirmasinya secara manual.


Setelah semua hal diatas sudah kamu lakukan, keamanan akun Facebook kamu akan bertambah ketat dan menambah proteksi terhadap pencurian data atau aktifitas merugikan lainnya. Jangan lupa juga untuk membaca artikel sebelumnya tentang 5 Hal Paling Dilarnag Untuk Dilakukan Pengguna Facebook.


Selain Cara Mengamankan Akun Facebook diatas, apakah kamu punya ide lainnya yang lebih baik? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar