Cara Mengetahui Kode Warna Dari Gambar (HEX & RGB)

Cara Mengetahui Kode Warna Dari Gambar

Kode warna atau color code adalah kode yang umumnya digunakan oleh desainer untuk membuat gambar menggunakan software tertentu pada komputer. Ada dua jenis kode warna yang paling sering digunakan oleh kebanyakan desainer yaitu HEX dan RGB. Jika kamu seorang yang suka mendesain gambar di komputer atau membuat desain template blog maupun website tentu sudah sangat paham fungsi dari kode warna.

Ribuan kode warna dapat di temukan dengan mudah melalui situs penyedia color picker dan color palette seperti Color-HEX atau HTML Color Codes dimana kedua situs tersebut memberikan kemudahan bagi semua orang yang ingin mencari kode warna tertentu yang dibutuhkan untuk mendesain.



Pada artikel sebelumnya mengenai Cara Membuat Logo Keren saya juga sudah jelaskan kegunaan dari kode warna ini untuk membuat logo yang menarik dan itu hanya menggunakan color palette yang sudah disediakan oleh situs penyedia kode warna.

Lalu bagai mana cara mengetahui kode warna dari gambar?

Nah kalau kamu merasa ada sebuah gambar yang memiliki warna menarik dan kamu ingin menggunakan warna tersebut ke desain yang sedang kamu buat, itu sangat bisa dan mudah! Berikut ini caranya :



Cara Mengetahui Kode Warna Dari Gambar



1. Siapkan gambar yang ingin kamu ambil warnanya.

2. Buka situs pendeteksi warna dari gambar, saya menggunakan HTML Color Codes untuk mengetahui kode warna dari sebuah gambar. Klik disini untuk mengakses situs pendeteksi warna kemudian upload gambar yang ingin kamu ketahui kode warnanya dan klik di warna tersebut.


Kode Warna
Kode Warna Yang Dihasilkan (Kuning)


Alternatif lainnya menggunakan Image Color Extract Tool yang juga mampu menjabarkan seluruh kode warna pada sebuah gambar.

3. Selesai!


Kamu dapat mengetahui kode warna dari gambar hanya dengan mengklik warna pada gambar yang kamu upload di situs pendeteksi warna.



Sayangnya, dengan fitur pendeteksian warna ini kamu tidak bisa langsung melihat kode warna RGB dan lain-lainnya namun hanya kode warna HEX saja.

Bagai mana cara mengetahui kode warna RGB-nya?

Cukup masukkan kode warna HEX yang kamu dapatkan dari pendeteksi warna ke kolom pencarian warna di situs Color-HEX kemudian klik Get Info maka kamu akan mendapatkan informasi lengkap mengenai kode warna tersebut seperti gambar dibawah ini.


Info Kode Warna
Info Kode Warna Kuning (#FECD38)


Mudah dan simple kan? Tidak memerlukan software apapun untuk mengetahui kode warna dari sebuah gambar. Cukup menggunakan browser dan koneksi internet, kode warna bisa kamu dapatkan.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar