Cara Menggunakan FTP Di Android Untuk Mengelola Website

File Transfer Protocol

FTP atau File Transfer Protocol kini juga tersedia di hampir semua sistem operasi termasuk Android. FTP sendiri digunakan oleh beberapa software komputer sebagai sarana transfer file (kirim dan terima) yang sering kita kenal dengan sebutan upload dan download.

Bukan hanya di komputer, ternyata protokol FTP juga tersedia di Android yang sekarang ini sering kita gunakan sebagai fitur transfer file antar perangkat termasuk ke komputer server.



Banyak juga aplikasi android yang menggunakan FTP untuk berkirim dan terima data menggunakan akses protokol FTP. Contoh aplikasi android yang mendukung pengiriman file menggunakan FTP adalah ES File Explorer, Solid File Manager dan File Manager+.

Nah untuk keperluan lain seperti mengelola website, FTP pasti sangat diperlukan untuk mengirim, menerima, memindahkan, menghapus dan beragam aktifitas manage web lainnya. Kalau di komputer, software FTP client dapat ditemukan dengan mudah, sebut saja Filezilla, Cyberduck dan WinSCP. Kesemuanya dapat digunakan untuk mengelola backend web dan pastinya aman karena semua software FTP client untuk komputer saat ini sudah mendukung koneksi protokol FTPS dan SFTP, yaitu koneksi FTP yang lebih aman dan terenkripsi.


Bagai mana cara menggunakan FTP di Android untuk mengelola web?


Untuk mengelola web khususnya melalui backed, kamu bisa menggunakan aplikasi File Manager yang menyediakan fitur FTP client. Ada belasan aplikasi File Manager di Google Play Store yang sudah menyediakan FTP pada menunya seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

Cukup mengisi form login dengan informasi login FTP yang kamu miliki, lalu login dengan akun tersebut, maka kamu akan dihadapkan pada seluruh data dalam web an bisa melakukan upload, download, edit, move dan delete file atau folder yang ada dalam direktori web.

Berikut ini adalah contoh saat saya menggunakan FTP untuk mengelola backend :




Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum menggunakan FTP adalah memilik koneksi protokolnya. Dengan aplikasi File Manager+ kamu diberikan beberapa pilihan untuk memilih mana koneksi yang kamu ingin gunakan.


Pemilihan Protokol
Pemilihan Protokol


INFORMASI : Kebanyakan penyedia web hosting hanya akan memberikan akses FTP saja, sedangkan hosting VPS memberikan SFTP, jadi sesuaikanlah dengan layanan host yang kamu miliki.

Setelah kamu memilih koneksi protokol, langkah selanjutnya adalah mengisi form untuk login.


Login FTP dari Android
Login FTP


Lakukan login untuk memastikan data yang kamu masukkan benar. Jika login berhasil, kamu akan langsung bisa melihat seluruh file dan folder yang ada dalam direktori web hosting.


Direktori Web


Kalau kamu mau mengeditnya, itu bisa dilakukan langsung dari aplikasi File Manager+. Klik salah satu file yang ingin kamu edit, kemudian buka dalam bentuk Teks.




CATAT : Tidak semua ponsel android memiliki fitur teks editor, jika kamu gagal dalam membuka dan mengedit file tandanya ponsel kamu tidak memiliki fitur teks editor dan harus menggunakan aplikasi pihak ke-3 seperti QuickEdit, Turbo Editor atau semacamnya.


Mengeit File
Mengeit File


Untuk melakukan upload, kamu cukup menyalin / copy file yang ada di folder lokal ponsel kemudian menempel / paste  di folder web hosting. Sedangkan untuk mendownload file dari web hosting ke lokal, menggunakan cara yang sama, hanya saja kebalikannya.


Mengupload File
Mengupload File


Kemudahan ini tentunya akan membuat kita bisa mengelola website dari mana pun dan kapan pun yang kita inginkan, asalakan terhububg dengan internet.



Mengakses FTP untuk mengelola web dari ponsel android nampaknya masih jarang di minati oleh webmaster, namun ini akan menjadi sesuatu yang sangat penting jika ada hal yang sifatnya mendesak dan butuh penanganan secepatknya, FTP di android tentu menjadi alternatif yang paling tepat dari pada harus mencari warnet atau membuka laptop.

Begitulah Cara Menggunakan FTP Di Android Untuk Mengelola Website yang paling mudah dan cepat. Saya sendiri sering menggunakan FTP dari File Manager+ meskipun ada komputer nganggur hehe. Alasannya adalah kalau hanya untuk upload, download, move dan delete di ponsel tentu akan lebih mudah dilakukan. Bahkan sambil tiduran atau sambil melakukan aktifitas lain.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status