Cara Menggunakan SSL Gratis Dari Cloudflare

Cara Menggunakan SSL Gratis Dari Cloudflare

Setelah terjadi banyak kejadian pencurian data di internet khususnnya melalui website, kini SSL (Secure Socket Layer) menjadi salah satu penangkal dari semua kejahatan maya tersebut. Pasalnya, SSL mampu menangkis berbagai serangan yang dilancarkan oleh hacker atau attacker.

SSL sendiri bekerja dengan cara mengenkripsi data yang dikirim dan terima oleh server, dengan menggunakan protokol SSL setiap data apapun yang kamu lakukan akan terenkripsi dan tentunya aman karena tidak akan ada yang bisa membaca data tersebut.



Sistem enkripsi juga diterapkan pada berbagai jenis aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram untuk melindungi keamanan dan privasi penggunanya. Situs-situs besar termasuk e-commerce dan perbankan juga sudah menyeluruh menggunakan protokol SSL untuk menambah keamanan website dan menghindari pencurian data.

Sertifikat SSL ini dijual secara bebas di internet, mulai dari personal hingga bisnis. Kini kamu mudah mencari penyedia (reseller) SSL di internet termasuk di situs web hosting lokal yang biasanya juga menyediakan layanan Secure Socket Layer seperti Hostinger atau Web Hosting Terpercaya Di Indonesia.


Kalau yang gratis ada ga?


Buat kamu yang hobi gratisan seperti saya, tampaknya kita bisa bersyukur karena sekarang sudah banyak penyedia SSL Gratis yang dapat kita gunakan dengan mudah untuk mengamankan website dari serangan hacker dan attacker.

 BACA JUGA :  Cara Mengaktifkan SSL Di Blogger / Blogspot Custom Domain

Let's Encrypt dan Cloudflare adalah pelopor SSL Gratis yang paling populer dan banyak diminati. Kedua perusahaan keamanan internet tersebut menyediakan SSL Gratis yang dapat dipakai untuk website apapun termasuk e-commerce, personal dan bisnis.

INFO : Karena penggunakan Let's Encrypt lebih rumit dari pada Cloudflare, jadi saya akan menggunakan Cloudflare untuk sebagai alternatif untuk menggunakan SSL Gratis.


Cara Menggunakan SSL Gratis Dari Cloudflare


Sebelum melanjutkan menggunakan SSL Gratis, pastikan website kamu sudah terintegrasi dengan layanan CDN dari Cloudflare. Jika sudah sekarang kamu bisa melanjutkan untuk menggunakan SSL gratis dari Cloudflare.


1. Login ke situs resmi Cloudflare di https://www.cloudflare.com


2. Pilih website yang ingin kamu berikan SSL.




3. Pilih menu Crypto yang terletak di navigasi.


Crypto


4. Selanjutnya pilih Flexible pada pengaturan SSL.


Flexible


Kemudian scroll kebawah dan temukan pengaturan HTTPS, ubah menjadi Always use HTTPS.


Always use HTTPS


5. Terakhir adalah membuat Page Rules yang ada di navigasi. Fitur ini akan memfokuskan SSL pada halaman-halaman tertentu di website kamu.


Page Rules


Tambahkan Page Rules sesuai nama domain kamu dan jangan lupa untuk memilih Always use HTTPS pada setiap nama domain di Page Rules. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dibawah ini.


Page Rules Always use HTTPS


Maka hasilnya akan seperti ini (subdomain "tools" pada gambar tidak perlu dibuat, kamu hanya perlu mengisi 2 domain saja yaitu non-www dan www).


Page Rules Cloudflare


Setelah semuanya selesai, kamu hanya perlu menunggu secepatnya 12 jam dan paling lama 24 jam bahkan bisa lebih. SSL ini tidak otomatis langsung bisa digunakan, namun Cloudflare perlu memvalidasinya terlebih dulu.



Tunggu sampai website kamu bisa di akses dengan menggunakan awalan HTTPS dan jika sudah bisa itu berarti kamu sukses menerapkan SSL. Tapi, jika dalam kurun waktu 48 jam tidak bisa atau menunjukkan pesan kesalahan, sebaiknya ulangi prosedur dari awal. Kemungkinan ada langkah yang terlewatkan.

Mudah kan memasang SSL Gratis dari Cloudflare?

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status