Cara Menyembunyikan Foto dan Video Di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menyembunyikan Foto dan Video Di Android Tanpa Aplikasi

Menyembunyikan foto maupun video di ponsel Android nampaknya bukan hal yang sulit dan aneh. Banyak aplikasi keamanan yang bisa kita download di Play Store untuk menyembunyikan foto dan video dari galeri ponsel.

Aplikasi-aplikasi keamanan yang sering digunakan kebanyakan orang justru memiliki sisi negatif jika kita tidak paham betul cara memakainya. Hal paling parah yang bisa dialami oleh pengguna aplikasi keamanan adalah kehilangan semua foto dan video yang disembunyikan.


Lho ko bisa?



Jelas, aplikasi penyembunyi foto dan video memanfaatkan enkripsi dan mengubah nama serta jenis ektensi file yang membuatnya tidak tampak seperti foto maupun video. Oleh karena itu, galeri di ponsel tidak akan mendeteksi ektensi dari file yang telah diubah oleh aplikasi penyembunyi foto dan video.

Untuk masalah foto dan video yang terhapus, penjelasannya sangat sederhana. Aplikasi penyembunyi file mengubah seluruh ektensi file foto dan video yang kamu sembunyikan, tapi aplikasi pemberih sampah seperti Clean Master dan sejenisnya akan mendeteksi file tersebut sebagai sampah karena ektensi yang tidak umum (tidak berguna untuk ponsel Android) yang menyebabkan file-file hasil perubahan aplikasi penyembunyi dilibas abis oleh aplikasi pembersih sampah.

Itulah kenapa banyak orang yang mengeluhkan foto dan video yang disembunyikan dengan aplikasi menjadi hilang entah kemana, padahal sudah terhapus oleh aplikasi pembersih sampah yang ada di ponselnya sendiri.

Nah buat kamu yang tidak mau ambil resiko, sebaiknya sembunyikanlah foto dan video dengan cara manual yang tidak memerlukan aplikasi tambahan. Kamu hanya perlu File Manager yang bagus untuk dapat mengelola semua file yang ada di ponsel, termasuk untuk menyembunyikan foto dan video.


Bagaimana cara menyembunyikannya?




Sebelum melakukan penyembunyian foto dan video di ponsel Android kamu, download terlebih dahuli aplikasi File Manager yang bagus. Saya anjurkan untuk menggunakan File Manager+ dimana aplikasi ini sangat ringan namun memiliki fitur yang sangat bermanfaat. Tapi kamu juga boleh memakai File Manager lainnya asalkan memiliki fitur Show Hide File and Folder, karena fitur inilah yang akan kita gunakan untuk menyembunyikan foto dan video di ponsel Android kesayangan.

Apabila kamu sudah memiliki aplikasi File Manager yang powerfull, sekarang buka File Manager kamu dan buatlah salah satu folder dengan nama apa saja. Saya ambil contoh untuk memberi nama folder Rahasiaku.

Setelah folder dibuat, klik folder tersebut dan buatlah beberapa folder di dalam folder Rahasiaku misalnya Foto Pribadiku dan Video Pribadiku. Selanjutnya pindahkan foto dan video yang ingin kamu sembunyikan ke dalam folder Foto Pribadiku dan Video Pribadiku.

Jika semua foto dan video yang sudah kamu tempatkan pada masing-masing folder, sekarang kita mulai menyembunyikan folder-folder tersebut dengan mengubah nama (rename) dan memberi tanda titik pada setiap awalan folder yang ingin disembunyikan seperti gambar dibawah ini.


Ubah Nama Folder


Jangan kaget setelah mengklik OKE, untuk kebanyakan ponsel Android folder yang diberi nama dengan awalan tanda titik akan menghilang dari daftar folder di File Manager, hal ini wajar karena nama folder dengan awalan titik memang disembunyikan dari tampilan sistem default.

Terakhir, lihatlah galeri ponsel kamu apakah foto dan video yang disembunyikan sudah menghilang?




Saya rasa pasti hilang, cara ini sudah saya coba diberbagai jenis dan merek ponsel Android termasuk Xiaomi dan berhasil 100%.

Untuk menampilkannya lagi pada galeri, kamu harus mengaktifkan menu Show Hidden File yang dalam bahasa Indonesia adalah Tampilkan File Tersembunyi seperti gambar ibawah ini.


Tampilkan File dan Folder Tersembunyi


Ubah lagi nama foldernya dengan menghapus tanda titik. Otomatis foto dan video yang tadi hilang dari galeri akan muncul kembali seperti sedia kala.

INFO : Dengan cara ini foto dan video yang kamu sembunyikan akan aman dari berbagai macam aplikasi pembersih sampah sebab, folder dengan awalan tanda titik biasanya adalah sistem Android dan aplikasi-aplikasi pembersih menghindari untuk menghapus folder dengan tanda tersebut.



Begitulah Cara Menyembunyikan Foto dan Video Di Android Tanpa Aplikasi. Bahkan orang yang meminjam ponsel kamu juga tidak akan bisa menemukan folder dengan awalan tanda titik di File Manager, kecuali menu Show Hidden File diaktifkan.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status