15 Software Untuk Burning CD Atau DVD Gratis Dan Terbaik

Software Burning Terbaik

Terkadang kita ingin mengabadikan atau mem-backup data pada CD maupun DVD agar dapat tersimpan rapih, aman dan tentunya offile. Menyimpan data dalam sebuah disc bukanlah cara baru, melainkan cara yang paling diandalkan pada tahun 2000an sebelum terkenalnya USB Flash Drive atau yang kita kenal dengan sebutan Flashdisk.

Melakukan burning data ke kaset CD atau DVD tidaklah semudah menyalin file seperti dari komputer ke Flashdisk, ada cara tersendiri agar data dapat disimpan dalam kaset CD atau DVD.

Apa maksud burning data?

Burning data ke CD atau DVD adalah sebuah proses penulisan data yang dilakukan dari komputer ke dalam CD atau DVD yang dilakukan melalui DVD Drive di komputer ataupun laptop.



Misalnya, kalau kamu baru membeli CD atau DVD kosong, maka tidak akan bisa langsung mengisinya begitu saja dengan memindahkan data dari komputer ke dalam CD atau DVD tersebut seperti yang biasa dilakukan saat menyalin file ke dalam Flashdisk.

Cara melakukan burning data yang paling mudah adalah menggunakan software khusus yang dapat melakukan burning. Software burning juga biasanya dikemas dengan beragam fitur canggih lainnya. Berikut ini 15 Software Untuk Burning CD Atau DVD Gratis Dan Terbaik.


1. Daemon Tools Lite

Daemon Tools Lite

Daemon Tools Lite memungkinkan kamu untuk memasang semua jenis file gambar disk yang dikenal dan mengemulasi hingga 4 perangkat DT + SCSI + HDD. Software ini juga dapar membuat gambar dari cakram optik dan mengaksesnya melalui katalog yang terorganisasi dengan baik.


2. ImgBurn

ImgBurn

ImgBurn dapat menulis berbagai jenis gambar CD dan DVD (termasuk gambar ISO), dan mampu menangani hal-hal seperti booktype dan bitsetting. Software ini juga mampu mem-burning gambar DVD Video layer ganda yang kamu tentukan dalam file IFO.

ImgBurn mampu menghapus dan memformat media yang ditulis ulang. Fitur lain termasuk kemampuan untuk membuat ISO sendiri, dengan dukungan untuk berbagai level ISO, Joliet, UDF, CD dan DVD yang bisa di boot, dll, dari file dan folder pada disk.


3. AnyBurn

AnyBurn

AnyBurn adalah perangkat lunak untuk mem-burning data ke CD / DVD / Blu-ray yang paling ringan namun profesional. Software ini menyediakan solusi gratis dan lengkap untuk kamu yang ingin mem-burning data.


4. CDBurnerXP

CDBurnerXP

CDBurnerXP adalah software burning gratis yang dapat melakukan burn data ke CD atau DVD yang dapat menulis ke disk CD-R, CD-RW, DVD + R / RW, DVD-R / RW. CDBurnerXP ini juga dapat membuat audio-CD, rip audio-CD, mem-burning dan membuat gambar ISO, mengkonversi file WAV ke MP3 dan sebaliknya, memverifikasi cakram setelah pem-burning-an, membuat cakram bootable, mencetak sampul, mengkonversi BIN dan NRG ke ISO, dll.

CDBurnerXP juga mendukung Burn on the Fly dan perangkat Burn-Proof. Fitur ini bekerja dengan sebagian besar drive IDE, USB, Firewire dan SCSI.


5. DVDStyler

DVDStyler

DVDStyler adalah software authoring DVD lintas platform gratis untuk pembuatan DVD yang profesional. Software ini memungkinkan kamu tidak hanya mem-burning file video pada DVD yang dapat dimainkan secara praktis pada DVD player, tetapi juga pembuatan menu DVD yang dirancang secara individual.


6. BurnAware

BurnAware

Software BurnAware ini memungkinkan kamu untuk mem-burning data ke CD dan DVD, membuat cakram audio dan video, mem-burning file ISO dan Cue disk, dan membuat file ISO dari disk yang sudah ada.


7. Burn4Free

Burn4Free

Burn4Free memungkinkan kamu untuk membuat dan menyesuaikan film DVD. Pembeda terbesar antara software lainnya adalah kecepatan dan kualitas DVD.


8. Free Burning Studio

Free Burning Studio

Free Burning Studio adalah software burning pemenang penghargaan untuk pembuatan CD / DVD / ISO. Setelah kamu mengunduh software ini, tidak mudah untuk mem-burning, mencadangkan, dan memproses semua dokumen, video, dan musik tanpa mengunduh setiap alat satu per satu. Ini adalah satu-satunya software yang burning terbaik yang sepenuhnya terintegrasi dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.


9. Astroburn




Astroburn dikembangkan untuk bekerja dengan mudah pada cakram fisik. Mulai dari software burning gratis untuk membuat cakram data dan burn file ISO. Kamunjuga bisa meningkatkan ke versi PRO untuk mem-burning CD Audio, membuat cakram terlindungi, menyalin CD dan buat gambar ISO.


10. Ashampoo  Burning Studio

Ashampoo Burning Studio

Ashampoo Burning Studio menyimpan semua kelebihan pendahulunya dan menambahkan cadangan file multi-cakram, ripper CD audio terintegrasi, dan dukungan lebih lanjut untuk format Blu-ray baru yang menarik dengan kapasitas hingga 25GB.


11. Tiny Burner

Tiny Burner

Tiny Burner adalah software burner gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial. Software ini dapat digunakan untuk mem-burning data pada semua jenis media penyimpanan optik, seperti CD, DVD atau Blu-ray, bahkan format HD-DVD.

Tiny Burner dapat digunakan bersama dengan banyak software perangkat keras dan mengenali semua jenis cakram optik, seperti CD-R / RW, DVD-R / RW, DVD-R / + R DL, DVD + R / RW, BD -R / RE, BD-R / RE DL, HD-DVD-R / RW dan DVD-RAM.


12. WinBurner




Semua dalam satu software sederhana yang sepenuhnya gratis. Tulis semua jenis file seperti foto digital, gambar, arsip, dokumen, musik dan video ke CD, DVD, dan Blu-ray disc. Dengan WinBurner, kamu juga dapat membuat cakram bootable atau multisession, CD Audio dan Video DVD berkualitas tinggi, membuat dan mem-burning file ISO.


13. Free ISO Burner

Free ISO Burner

Free ISO Burner dapat langsung mem-burnijg file ISO kamu ke dalam CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD-RW, DVD + R, DVD + RW, HD DVD dan Blu-ray disc, tidak perlu mount "Drive virtual" apa pun yang mengemulasikan CD atau DVD fisik, software ini dapat menulis data apa pun secara langsung.


14. InfraRecorder

InfraRecorder

InfraRecorder adalah perangkat lunak gratis untuk mem-burning data ke CD dan DVD yang memungkinkan kamu untuk membuat data pada CD dan DVD. Infra Recorder juga mendukung penyalinan CD dan DVD, menambahkan data ke disk multisesi, merekam file ISO atau BIN / CUE ke CD atau DVD, dll.


15. AmoK

AmoK

AmoK CD / DVD Burning memungkinkan Anda membuat multisession CD dan DVD, mem-burning file media dari ISO, CUE, BIN dan NRG (dengan bantuan plugin tambahan), membuat CD audio langsung dari WAV, MP3, WMA, WMV, dan OGG Vorbis (membutuhkan tambahan plugin), membuat film DVD dan VCD (dengan plugin), dll.

Software ini dapat bekerja dengan baik pada komputer Windows dan mendukung CD-R, CD-RW, DVD + R, DVD + RW, DVD-R, DVD-RW, DVD-RAM , DVD + DL (dual layer) media, dan IDE, SCSI, USB dan Firewire CD atau DVD. AmoK juga dapat dijalankan dari USB Flashdisk.



Diatas adalah 15 Software Untuk Burning CD Atau DVD Gratis Dan Terbaik yang dapat kamu seleksi dan gunakan pada komputer Windows. Pastikan sudah membaca dan memahami paduan penggunaan masing-masing software diatas, atau jika belum memahaminya silahkan mengunjungi situs resmi mereka dan lihatlah pada halaman Tutorial atau Guide.

Beberapa software memerlukan plugin (file tambahan) agar dapat bekerja dengan sempurna. Selain itu, hampir semua software burning diatas memerlukan NET Framework pada Windows yang wajib kamu install atau perbarui.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status