5 Software Pengganti AutoCAD Gratis Untuk Desain 2D Dan 3D

Software Pengganti AutoCAD Gratis

AutoCAD bukanlah satu-satunya software desain untuk arsitek atau drafter yang dapat melakukan perancangan 2D dan 3D, masih ada banyak software desain gratis yang menyerupai AutoCAD dan dapat digunakan secara cuma-cuma tanpa memerlukan pembelian lisensi.

Di Indonesia AutoCAD memang menjadi primadona, terlagi sudah banyak para ahli desain yang menyarankan untuk menggunakan software buatan Autodesk ini yang memiliki harga cukup fantastis. Namun untuk ukuran pekerjaan, tentu perusahaanlah yang akan menanggung semua pembelian software, betul?



Nah bagaimana jika kita ingin menggunakan software AutoCAD secara pribadi? Mengingat harganya yang ribuan dolar.

Karena hal tersebut, banyak developer software yang merelakan waktunya untuk membuat Software Pengganti AutoCAD Gratis yang dapat digunakan oleh semua orang termasuk perusahaan dan perorangan.

Developer software gratis ini tentu bukanlah tim sembarangan, sebab software-software yang dihasilkan adalah software yang sangat canggih dan tidak kalah dengan AutoCAD asli, ya meski tidak akan sepenuhnya serupa dengan AutoCAD.

Oke berikut ini adalah Software Pengganti AutoCAD Gratis yang dapat kamu gunakan untuk mendesain 2D dan 3D.


1. LibreCAD


LibreCAD


LibreCAD adalah software yang dirancang untuk bekerja pada sistem operasi Windows, Mac, dan Linux. LibreCAD memiliki antarmuka yang terlihat familiar bagi pengguna AutoCAD dan secara default menggunakan format DXF AutoCAD untuk mengimpor dan menyimpan (dapat menggunakan format lain juga).

Sayangnya, LibreCAD hanya mendukung desain 2D, dan itu sudah lebih dari cukup untuk sebuah software CAD gratis.


2. FreeCAD


Design created with FreeCAD


FreeCAD adalah software CAD open-source yang diciptakan untuk dapat mendesain objek nyata dari berbagai ukuran. FreeCAD dibuat dalam bahasa pemrograman C++, dan jika kamu seorang coder Python, itu akan menguntungkan karena kamu dapat lebih mudah memahami, memperluas dan mengotomatisasi FreeCAD menggunakan antarmuka Python.




FreeCAD juga dapat mengimpor dan mengekspor dari berbagai macam format umum untuk objek 3D dan arsitektur modularnya. Hal ini memudahkan pengguna untuk memperluas fungsi dasar dengan berbagai plugin. Software CAD gratis ini memiliki banyak opsi antarmuka, mulai dari sketche, renderer hingga kemampuan simulasi robot.

Saat ini FreeCAD masih dalam versi beta, dan sedang aktif dikembangkan dengan rilis reguler, tetapi developer memperingatkan bahwa FreeCAD mungkin belum cocok untuk penggunaan produksi.


3. BRL-CAD


Design created with BRL-CAD


BRL-CAD adalah software CAD lintas platform yang kembali hadir kembali sejak mati suri pada 1979. Bahkan, BRL-CAD yang sudah cukup lama dikreditkan dengan menjadi repositori kode sumber tertua dari software yang saat ini dalam perkembangan aktif.




Awalnya, BRL-CAD dikembangkan oleh Mike Muuss di Army Research Laboratory, BRL-CAD telah digunakan selama beberapa dekade oleh militer Amerika Serikat untuk pemodelan sistem senjata, tetapi BRL-CAD juga telah digunakan untuk banyak tugas desain sehari-hari, mulai dari desain akademis, desain industri hingga kesehatan.


4. QCAD


Design created with QCAD


QCAD adalah software desain gratis untuk Computer Aided Drafting (CAD) dalam dua dimensi (2D). Dengan QCAD kamu dapat membuat gambar teknis seperti bangunan, interior, mesin atau skema dan diagram. QCAD dapat bekerja di sistem operasi Windows, macOS dan Linux.

Hal yang paling sering diandalkan orang-orang tentang QCAD adalah antarmuka pengguna yang intuitif. QCAD adalah software CAD 2D gratis yang mudah digunakan oleh semua orang. Bahkan kamu tidak memerlukan pengalaman khusus tentang CAD untuk segera memulai desain dengan QCAD.


5. Blender


Design created with Bleender


Blender adalah software perancang desain 3D gratis dan open-source. Blender juga mendukung keseluruhan dari 3D pipeline-modeling, rigging, animation, simulation, rendering, compositing and motion tracking, bahkan video editing dan pembuatan game.

Sekarnag, Bleender termasuk salah satu software desain 3D gratis yang paling populer saat ini. Saking canggihnya, software ini juga mampu membuat film.



Itulah 5 Software Pengganti AutoCAD Gratis yang paling populer dan dapat membantu kamu untuk membuat desain 2D dan 3D. Seluruhnya dapat langsung di download dari masing-masing website resmi mereka.

Perlu dicatat, bawasannya software desain membutuhkan laptop atau komputer dengan spesifikasi khusus seperti AutoCAD 2018 misalnya, yang memmerlukan RAM 8GB dan beragam requirements lainnya.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar