Software Screen Recorder Paling Ringan Untuk Komputer Dan Laptop

Software Screen Recorder Paling Ringan Untuk Komputer Dan Laptop

Merekam aktifitas layar komputer atau laptop sekarang bukan lagi hal yang aneh. Berbagai tutorial dan pembelajaran di internet saat ini menggunakan video dan tidak sedikit yang membuatnya menggunakan software screen recorder.

Bagi seorang gaming, melakukan perekaman layar komputer saat sedang main game tentu saja hal yang sering dilakukan, terlagi untuk seorang YouTuber Gaming. Ya, membuat video aktifitas layar memang menyenangkan, selain untuk bekerja, belajar dan hiburan juga banyak manfaat yang mempermudah orang lain memahami suatu hal.



Tapi sayang, tidak semua Software Screen Recorder memiliki kualitas rekaman video yang baik. Sebagian besar hanya memberikan fitur HD saja, tanpa Full HD (FHD) apa lagi 4K.

Dari masalah inilah pemilihan Software Screen Recorder wajib dilakukan jika ingin mendapatkan yang terbaik, ringan, mudah digunakan dan tentunya kaya akan fitur.

Saya sendiri sering melakukan perekaman layar hanya untuk hiburan dan software screen recording andalah saya adalah Bandicam. Software ini mampu merekam layar dengan kualitas yang cukup baik dan terbilang ringan dipakai.

Nah buat kamu yang sedang mencari software untuk merekam layar komputer atau laptop yang ringan, bisa memilih salah satu dari bebeerapa software dibawah ini.


1. CamStudio


CamStudio


CamStudio adalah software gratis yang dapat merekam semua aktifitas layar termasuk audio pada komputer atau laptop. Hasil rekaman CamStudio memiliki ektensi file AVI standar dan menggunakan produser SWF internal yang dapat mengubah AVI tersebut menjadi berukuran lebih kecil.

Dengan CamStudio kamu juga dapat menambahkan keterangan (watermark atau petunjuk) pada video rekaman layar berkualitas tinggi.

CamStudio benar-benar 100% gratis untuk proyek pribadi dan komersial karena CamStudio dan seluruh Codec dirilis di bawah lisensi GPL.

CAMSTUIO SYSTEM REQUIREMENTS
Prosesor400 MHz
Memori RAM64MB
Sistem OperasiWindows


2. UltraVnc




UltraVnc adalah software screen recorder yang paling ringan. Pembuat UltraVnc mengatakan software buatannya ini diambil dari CamStudio namun diubah pada beberapa bagian termasuk metode perekamannya. Karena perubahan tersebut membuat UltraVnc menjadi software screen recorder paling ringan.

ULTRAVNC SYSTEM REQUIREMENTS
Prosesor0.9 GHz
Memori RAM256
Sistem OperasiWindows


3. Bandicam


Bandicam Screen Recorder
Bandicam Free Screen Recorder


Bandicam adalah software screen recorder gratis yang mudah digunakan untuk Windows yang memungkinkan kamu untuk menangkap aktifitas layar, baik sebagai tangkapan layar (screenshot) atau video.

Bandicam juga dapat merekam game dan panggilan video call seperti Skype dengan opsi untuk menambahkan narasi dari mikrofon dan video melalui kamera web. Fitur lainnya adalah berbagi video hasil rekaman ke sosial media langsung seperti YouTube atau Facebook.

BANDICAM SYSTEM REQUIREMENTS
Prosesor1.3 GHz
Memori RAM512MB
Sistem OperasiWindows


4. SRecorder


SRecorder Free Screen Recorder
SRecorder Free Screen Recorder


SRecorder adalah program unggulan di segmennya yang memungkinkan untuk membuat rekaman video layar kelas satu secara gratis. Ini adalah software yang sederhana, mudah digunakan, dan tidak memerlukan banyak sumber daya.

SRECODER SYSTEM REQUIREMENTS
Prosesor1.5 MHz
Memori RAM128MB
Harddisk Kosong80MB
Sistem OperasiWindows


5. Screen Recorder Free




Ingin mendapatkan perekam video gratis untuk menghasilkan rekaman video berkualitas tinggi dan berukuran kecil?

Screen Recorder Free adalah pilihan yang tepat karena menyediakan pengaturan video & audio codec yang canggih. Kamu dapat menggunakan preset standar atau mengatur Target Video Codecs, Frame Rate Video dan Bitrate Video serta kualitas output video untuk membuat video. Untuk efek suara yang lebih baik, cukup sesuaikan audio Bitrate & Channel serta volume.

SRF SYSTEM REQUIREMENTS
Prosesor-
Memori RAM-
Harddisk Kosong-
Sistem OperasiWindows


Dengan mencoba salah satu dari sekian banyak software screen recording diatas, Bandicam dan CamStudio menjadi rekomendasi dari saya untuk kamu gunakan.

CamStudio adalah software perekam aktifitas layar monitor yang palinh populer. Software ini bebas digunakan oleh siapapun dan dapat di download langsung melalui situs resmi mereka. Dengan lisensi dibawah naungan GPL membuat CamStudio salah satu software perekam layaar gratis dan terbaik!



Bandicam ialah software yang sering direkomendasikan oleh para profesional untuk digunakan sebagai alat perekam aktifitas layar komputer atau laptop dengan segudang fitur yang luar biasa. Bandicam bukanlah software gratis sepenuhnya, namun kamu harus membeli lisensi untuk dapat menggunakan seluruh fitur terbaiknya. Tetapi, Bandicam juga menyediakan versi Lite dimana kamu dapat menggunakan fitur-fitur perekamannya yang terbatas.

Kebanyakan YouTuber Gaming menggunakan software andalannya masing-masing untuk merekam layar saat permainan sedang berlangsung. Seperti biasa, software screen recorder yang paling ringan tentu menjadi pilihan tepat untuk dijalankan bersama dengan game maupun aktifitas lainnya.

Kalau kamu pilih yang mana?

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar