Cara Membuat Favicon Blog dan Website

Cara Membuat Favicon Blog dan Website

Apa itu favicon? Favicon adalah ikon sebuah halaman yang muncul pada address bar browser dan merupakan logo atau inisial dari halaman web tersebut, favicon juga sering disebut sebagai shortcut icon.

Untuk blog maupun website populer favicon biasanya diambil dari logo website atau ikon ikonik mereka. Salah satu contoh favicon seperti gambar dibawah ini.


Favicon
Ikon halaman / Favicon

Favicon sendiri adalah gambar yang memiliki ektensi file .ico yang memang khusus untuk menampilkan gambar pada address bar atau bookmark. Untuk pembuatan favicon ini cukup mudah, bahkan kamu juga bisa menggunakan favicon yang sudah disediakan oleh situs penyedia favicon gratis seperti Icon Archive atau situs web serupa.



Namun buat kamu yang ingin membuat favicon sendiri dari gambar yang kamu miliki juga bisa, yang kamu perlukan hanyalah gambar yang sesuai yaitu berbentuk persegi (kotak) dan akan lebih bagus lagi jika gambar kamu dalam format file .png dengan background transparan.

Oke saya anggap kamu sudah memiliki gambar persegi, pastikan gambar memiliki dimensi 70 x 70 piksel atau lebih kecil untuk dijadikan favicon.


Icon PNG
Icon PNG


Selanjutnya buka situs favicon generator yang banyak bertebaran di Google, salah satunya adalah Dynamic Drive dimana kamu hanya perlu mengupload gambar yang ingin dijadikan favicon.


Upload Icon PNG
Upload Icon PNG

Setelah gambar kamu upload, maka akan menghasilkan file favicon dengan ukuran 16 x 16 piksel yang memang ukuran terbaik untuk favicon saat ini.


Download Icon PNG
Download Icon PNG

Download favicon tersebut dan terapkan untuk blog atau website kamu.


Favicon ICO
Hasil Favicon ICO 16 x 16 piksel


Bagai mana cara memasang favicon di blog?




Buka Dasbor blogger dan arahkan ke menu Tata Letak lalu klik Edit favicon kemudian upload gambar favicon kamu disana.


Favicon Blogger
Edit Favicon Blogger


Simpan dan selesai, refresh atau reload halaman blog kamu untuk melihat hasilnya. Jika tidak muncul hapus terlebih dahulu cache pada browser kamu dan reload ulang lagi.


Bagai mana memasang favicon pada website?



Untuk memasang favicon di web kamu perlu pengeditan pada bagian header situs web kamu. Misalnya di WordPress kamu harus menambahkan kode untuk menampilkan favicon pada bagian header.php dalam tema kamu.

HTML Favicon Code
Code HTML Favicon

Simpan dan seperti biasa, reload atau refresh halaman web kamu untuk melihat hasilnya.


Itulah Cara Membuat Favicon Blog dan Website yang bisa kamu praktikkan pada blog maupun web. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status