Cara Membuat Thumbnail Video YouTube Keren Dengan Canva

Cara Membuat Thumbnail Video YouTube Keren Dengan Canva

Apakah kamu tahu apa itu Thumbnail? Thumbnail adalah gambar cover video yang biasanya mengutarakan isi video atau bahkan kebalikannya. Di YouTube pengguna akan memilih untuk menonton video yang menggunakan thumbnail dengan gambar menarik, padahal isi video tersebut belum tentu sama dengan thumbnailnya.

Dengan menggunakan thumbnail khusus, siapa saja bisa mengkustomisasi cover video dengan gambar yang diinginkan. Agar gambar lebih menarik dan pas diberbagai jenis perangkat, YouTube membuat aturan khusus untuk ukuran panjang dan lebar thumbnail dalam bentuk piksel.



Ukuran gambar thumbnail YouTube yang dianjurkan adalah 1280 x 720 piksel (rasio 16:9) dalam format file JPG, PNG, GIF atau BMP dan tentu saja gambar dengan ukuran tersebut thumbnail akan "ngepas" banget di video, jadi kelihatan lebih profesional.

Ngomong-ngomong soal thumbnail, apakah kamu pernah membuat thumbnail untuk video YouTube? Kalau pernah, apa tool yang kamu pakai untuk membuatnya?

Tapi kalau kamu belum pernah membuatnya, saya rekomendasikan situs web yang bisa membuat thumbnail untuk video YouTube hanya dalam hitungan menit saja lho. Menariknya lagi, gambar yang dihasilkan berkualitas tinggi dan tidak ada watermark. Selain itu juga sudah tersedia ribuan template yang siap kamu pakai dan ubah sesuai selera jika tidak ingin repot membuat dari awal.

Canva adalah situs web yang bisa membuat thumbnail video YouTube keren dari ponsel Android atau browser komputer kamu. Canva sendiri sebenarnya situs Logo Maker Online Terbaik yang menurut saya pribadi paling lengkap dan paling mudah dipahami. Satu-satunya situs yang memberikan akses ke lebih dari 8.000 template siap pakai.

Buat kamu yang mau membuat gambar apa pun bisa dengan memakai Canva misalnya membuat gambar banner facebook, gambar header twitter, gambar sampul ebook / wattpad, gambar flyer / banner promosi, gambar wallpaper komputer, logo, kartu nama, dan banyak lagi. Semua fitur tersebut bisa kamu gunakan secara GRATIS dan tidak ada batasan untuk membuat gambar yang kamu inginkan.




Khusus yang ingin membuat thumbnail video YouTube, Canva juga sudah menyiapkan templatenya yang tentu bisa menghemat waktu kamu dalam membuat thumbnail. Berikut ini Cara Membuat Thumbnail Video YouTube Keren Dengan Canva :

CATAT : Sebelum menggunakan semua fitur Canva, kamu wajib mendaftar terlebih dahulu di situs resmi mereka dialamah https://www.canva.com dan konfirmasi email pendaftaran.


1. Buka dasbor Canva dan klik Lainnya yang ada tempat disudut kanan.


Canva Template


2. Setelah diklik seluruh template Canva akan muncul dan pilihlah Gambar Saluran YouTube.


Canva Template Thumbnail YouTube


3. Terakhir pilihlah template yang kamu suka dan ubahlah teks, warna serta gambar yang kamu inginkan.


Cara Membuat Thumbnail YouTube Keren


Dan jika sudah selesai, kamu bisa mengunduhnya dengan mengklik tombol unduh yang ada di sudut kanan layar monitor.



Gimana mudah kan?

Bahkan dengan menggunakan Canva kamu tidak perlu belajar desain, hanya menyeret dan mengklik saja gambar bisa dihasilkan sesuai keinginan. Ya begitulah Cara Membuat Thumbnail Video YouTube Keren Dengan Canva.

Tertarik menggunakan Canva?

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status