Cara Mengatasi Masalah Tidak Bisa Masuk Ke BIOS (UEFI DualBIOS)

Cara Mengatasi Masalah Tidak Bisa Masuk BIOS (UEFI DualBIOS)

Kadang kita teledor untuk menyetel kecepatan booting komputer khususnya yang menggunakan UEFI DualBIOS agar lebih cepat masuk ke Windows, tapi nyatanya justru malah merepotkan. Efek dari kesalahan penyetelan Fast Boot ini bisa berakibat tidak bisa masuk ke BIOS atau menu yang menggunakan HotKey.

Beberapa hari yang lalu saya sendiri mengalami masalah tidak bisa masuk ke BIOS melalui HotKey karena settingan booting Fast Boot disetel ke Ultra Fast yang artinya komputer akan startup sesegera mungkin ke Windows tanpa menunggu jeda saat screen booting yang berlogo merek mobo. Alhasil saya tidak bisa mengubah pengaturan apapun yang ada di BIOS termasuk pengaturan booting ini sendiri.



Berjam-jam saya cari solusi untuk cara bisa masuk ke BIOS dan menanyakan ke beberapa forum diskusi komputer tapi semua menjawab hal yang sama yaitu tombol HotKey kemungkinan salah. Kenyataannya setelah saya cari tahu kalau Ultra Fast diaktifkan seluruh hardware yang terhubung ke komputer tidak akan bekerja sebelum masuk ke Windows seperti keyboard, mous dan speaker. Jadi secepat apapun kita menekan tombol HotKey F1 - F12 itu akan percuma karena keyboard tidak berfungsi.

Akhirnya saya temukan solusi sendiri untuk mengatasi permasalahan ini dengan cara yang sedikit merepotkan, yaitu mencopot hardisk dan memasang flashdisk yang sudah bootable dengan linux.


Hard Drive PC
Hard Drive PC / Hardisk Internal Komputer


PERINGATAN : Untuk mencopt hardisk internal komputer perlu ketelitian dan ekstra hati-hati karena kerusakan bisa saja terjadi. Pastikan ada orang ahli yang mendampingi agar kamu tidak kesulitan dalam mencopot dan memasangnya lagi.

Karena saya pikir dengan mencopot hardisk booting akan terhenti sesat karena sistem confused saat mencari OS dan otomatis memilih opsi kedua yaitu booting flashdisk yang sudah bootable.

PENJELASAN BOOTABLE : Flashdisk bootable adalah flashdisk yang sudah terinstall sistem operasi linux dan bisa berjalan tanpa harus menginstallnya terlebih dulu ke hardisk. Untuk membuat flashdisk bootable kamu bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang Cara Install Linux Di USB Flashdisk.




Intinya, flashdisk bootable ini hanyalah untuk syarat saja sebagai pengganti sistem operasi (OS) yang ada di dalam hardisk internal, sebab kalau sama sekali tidak ada OS kemungkinan besar komputer akan mendeteksi kesalahan dan berakibat gagal booting.

Nah pada saat komputer booting sebelum masuk ke flashdisk bootable akan ada jeda beberapa saat di screen logo mobo, saat itulah kamu manfaatkan untuk masuk ke BIOS dengan menekan tombol HotKey (setiap komputer berbeda-beda HotKey tapi kebanyakan memakai F2, F10, F12 dan Delete).


Setting Fast Boot BIOS Ultra Fast
Pengaturan Fast Boot BIOS / UEFI DualBIOS

Setelah masuk ke BIOS langsung saja nonaktifkan Fast Boot menjadi DISABLE. Dan dengan melakukan cara ini akhirnya saya bisa masuk ke BIOS lagi dengan mudahnya.



CATAT : Jika kamu sering mengatur melalui BIOS jangan aktifkan fitur Ultra Fast di menu Fast Boot. Tapi jika kamu tidak pernah dan tidak ingin masuk ke BIOS sama sekali boleh saja mengaktifkannya. Tentu saja saya pribadi menganjurkan untuk tetap tidak mengaktifkan Ultra Fast karena bisa merepotkan kamu sendiri dilain waktu nanti.
Begitulah Cara Mengatasi Masalah Tidak Bisa Masuk Ke BIOS (UEFI DualBIOS) yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa berguna dan menambah pengetahuan.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status