Cara Mirror File Ke Google Drive Agar Download Lebih Cepat

Cara Mirror File Ke Google Drive Agar Download Lebih Cepat

Terkadang saat kita mendownload suatu file besar di internet kcepatan koneksi download sangat lambat, padahal konekai internet kita terbilang cepat, misalnya memakai jaringan 4G atau WiFi.

Hal ini bisa saja terjadi karena server file yang kita download sangat jauh dari indonesia, atau alasan lain seperti diberlakukannya pembatasan download speed dari situs file itu sendiri.



Jengkel, kesal dan emosi pastilah mucul dibenak, tapi jangan berlebihan karena masih banyak cara untuk melakukan mirror terhadap file yang ingin kita download tersebut agar bisa berada di dalam server yang lebih cepat seperti di Google Drive misalnya.


Memang bisa mirror file dari situs lain ke Google Drive tanpa harus download dan upload?


Jelas bisa dong, cara ini sebenarnya yang paling sering dipakai oleh orang-orang yang sudah memahami tentang teknologi Cloud Sync yaitu sebuah metode untuk mengelola file dari berbagai server cloud dalam satu situs web atau software. Dengan teknologi Cloud Sync kita hisa menghubungkan satu cloud dengan cloud lain, misalnya Google Dive, OneDrive, Box, Dropbox, Mediafire, dll dan mengelola seluruh file dari varian cloud tersebut di dalam satu kontol panel untuk mentransfer atau sync.

Nah buat kamu yang ingin mendownload file besar namun server file tersebut sangat lemot, sebaiknya gunakan cara ini untuk mirror file tersebut ke server cloud yang kamu suka.

INFORMASI : Meskipun judul artikel ini untuk mirror ke Google Drive, tapi kamu juga bisa mirror ke situs serber cloud lain seperti yang saya sebutkan diatas.


Oke tidak perlu basa-basi lagi ya, langsung aja kita praktikkan caranya dibawah ini.


Cara Mirror File Ke Google Drive Agar Download Lebih Cepat


1. Daftar terlebih dahulu di situs yang menyediakan fasilitas Cloud Sync. Saya menggunakan Multcloud karena terbilang mudah digunakan dan pastinya gratis.




Setelah kamu berhasil mendaftar di Multcloud, sekarang daftar lagi di pCloud sebab hanya pCloud lah situs cloud yang menydiakan fitur upload file via URL dan bagusnya lagi, pCloud bisa untuk transfer file berukuran besar.


2. Jika kamu sudah memiliki akun Multcloud dan pCloud, kini saatnya menyiapkan akun cloud untuk mirror file seperti Google Drive, OneDrive, Box, Dropbox atau Mediafire.

Siapkan salah satu akun dari situs cloud untuk me-mirror file yang kamu rasa memiliki kecepatan penuh dalam mendownload file.


3. Kalau semua akun sudah kamu miliki, sekarang saatnya melakukan Sync (sinkronisasi) ke semua cloud tersebut dengan Multcloud.

• Buka situs Multcloud dan login.
• Tambahkan cloud yang kamu miliki yaitu pCloud dan Google Drive atau cloud lainnya.


Add Cloud


• Pastikan akun cloud yang sudah kamu sync muncul di dasbor Multcloud.


Dasbor Multcloud


• Selesai.


4. Apabila proses sync selesai, tahap selanjutnya adalah mentransfer file dari situs yang ingin kamu download filenya ke pCloud. Cukup dengan copy dan paste link file yang ingin kamu download, bisa langsung di transfer dengan cepat ke server pCloud.

Remote Upload pCloud


5. Saat file sudah ada di dalam server pCloud, tahap terakhir adalah mentransfernya lagi ke Google Drive atau server cloud yang kamu pilih.

Transfer File pClod Ke Google Drive




Ketika transfer file antar cloud selesai, kamu akan bisa melihat Logs atau histori transfernya lengkap dengan rinciannya.


Transfer File Sukses


Jika sukses berarti file tersebut sudah masuk ke server akun cloud andalan kamu dan saatnya mendownload file tersebut dengan kecepatan maksimal.


Lubuntu Google Drive


Saat file sudah berada di dalam server cloud andalanmu, berarti kamu berhasil melakukan mirroring. Cara Mirror File Ke Google Drive Agar Download Lebih Cepat terbilang mudah jika kamu membaca artikel ini sambil mempraktikkannya.

Saya sendiri masih mengandalkan cara ini untuk mendownload file-file besar agar lebih cepat dan pastinya file tersebut bisa tersimpan rapih di cloud andalan saya hehe.



TIP : Karena Google Drive hanya dapat menampung file hingga 15GB pada akun gratis, jadi jangan lupa setelah kamu mentransfer file dari pCloud dengan Multcloud periksalah kapasitas Google Drive kamu. Kalau sekiranya hampir penuh, hapus file yang sudah tidak penting. Tapi, jika semua itu penting dan ingin kamu simpan selamanya, buatlah akun Google Drive baru dan sync ulang ke Multcloud seperti langkah-langkah diatas.

Tertarik melakukan mirror file agar kecepatan download lebih cepat?

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

2 komentar:

  1. Bagus sekali gan.. ilmunya sangat bermanfaat. terimakasih gan. salam sukses selalu

    BalasHapus