Cara Reupload Video Ke YouTube Tanpa Upload

Cara Reupload Video Ke YouTube Tanpa Tanpa Upload

Apa kamu bingung dengan judul artikel kali ini? Kalau iya, berarti kamu masih YouTuber yang jujur dan bermodal, kenapa? Karena kalau kamu belu tahu pastinya kamu masih memakai cara yang memang dianjurka, sedangkan dengan cara yang akan saya share pada artikel ini kamu tidak perlu mendownload video untuk di reupload, cukup dengan trik sederhana untuk memindah-mindahkan file yang memanfaatkan Cloud Sync.

Cloud Sync adalah teknologi untuk mengelola banyak cloud dalam satu cloud. Jadi, kamu bisa mengelola seluruh file yang ada di server cloud seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, Box, Mega, dan lain sebagainya hanya dalam satu situs.



Dengan memanfaatkan Cloud Sync kamu juga bisa mirror file agar proses download file besar menjadi lebih cepat seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya dalam artikel yang berjudul Cara Mirror File Ke Google Drive Agar Download Lebih Cepat.

PERINGATAN : Reupload adalah cara yang dilarang keras oleh pihak YouTube. Sebaiknya, jangan re-uoload video-vidro sepeti musik, acara tv, film, atau video yang sudah jelas memiliki hak cipta (copyright). Baca lebih lengkap tentang peratutan upload video disini.

Untuk keperluan re-upload, kamu juga bisa menggunakan Cloud Sync agar tidak membuang banyak waktu dan pastinya ga boros kuota internet. Yang kamu perlukan sebelum mengikuti cara ini adalah memiliki tiga akun cloud yaitu Google Dive, pCloud dan Multcloud. Semua akun cloud tersebut wajib kamu miliki, jika belum punya silahkan daftar di masing-masing situs tersebut.

• Google Drive : https://drive.google.com
• pCloud : https://www.pcloud.com
• Multcloud : https://www.multcloud.com

Saya anggap kamu sudah memiliki semua akun cloud tersebut ya, jadi tinggal Sync antar cloud saja. Untuk melakukan re-upload caranya sangat mudah, berikut ini langkah demi langkahnya:



Cara Reupload Video Ke YouTube Tanpa Upload



1. Buka situs Multcloud dan tambahkan cloud yang kamu miliki, yaitu Google Drive dan pCloud.


Google Drive dan pCloud


2. Sampai disini barulah kamu bisa menulai untuk memindah-mindahkan file khususnya video dan juga re-upload dari YouTube orang lain ke akun YouTube milikmu.




3. Sebagai percobaan, buka situs YouTube dan carilah video yang tidak memiliki hak cipta kemudian buka juga situs yang dapat melihat link video YouTube misalnya Save The Video atau situs serupa.


4. Salin link video YouTube yang ingin kamu re-upload ke kolom Save The Video dan klik DOWNLOAD VIDEO.




 Kemudian salin link hasil generatenya.


Salin Link


5. Tempel atau letakkan link yang di generate oleh Save The Video ke kolom Remote Upload pCloud.


Remote Upload


6. Saat video sudah tersimpan ke sever pCloud, sekarang ubah nama filenya (rename) menjadi nama video yang kamu inginkan dan jangan lupa memberi ektensi .mp4 di akhir namanya.



7. Selanjutnya transfer file video yang ada di pCloud ke Google Drive dengan memanfaatkan fitur Cloud Transfer dari Multcloud. Baca lebih lengkap tentang transfer file dari pCloud ke Google Drive disini.


8. Apabila file sudah ada di dalam akun Google Drive, sekarang tinggal menyesuaikan pengaturan Google Photos kamu agar bisa mengimpor file ke YouTube tanpa harus menguploadnya. Buka pengaturan Google Photos di alamat https://photos.google.com/settings kemudian aktifkan Sync antara Google Drive dan Google Photos seperti gambar dibawah ini.




CATAT : Proses sinkronisasi antara Google Photos dan Google Drive memakan waktu beberapa jam tergantung dari seberapa besar data multimedia kamu yang ada di Google Drive.



9. Terakhir adalah mengimpor file video tersebut dari Google Photos ke YouTube. Buka situs YouTube versi Desktop dan klik ikon upload yang ada di sudut kanan atas layar. Setelah masuk ke dalam halaman upload, pilih Impor.




Saat halaman impor muncul pilih tab Album dan lihatlah folder yang terkunci.




Itulah video-video kamu yang ada di Google Drive dan siap untuk di impor ke YouTube. Untuk mengimpornya cukup klik saja videonya dan klik lagi Pilih maka kamu akan dibawa ke halaman edit video untuk mempublikasikannya di YouTube.


10. Selesai.

 BACA JUGA :  Cara Atasi Video YouTube Agar Tidak Terkena Copyright

Begitulah Cara Reupload Video Ke YouTube Tanpa Upload yang bisa kamu coba. Trik ini tergolong sederhana dan masih jarang yang mengetahuinya kecuali re-uploader sejati hehe.

INFORMASI : Karena dengan cara ini durasi video yang di re-upload akan sama persis seperti video yang sudah ada di YouTube, jadi kamu perlu melakukan sedikit editing pada bagian trim atau slow/speed video tersebut di YouTube Creator Studio agar durasinya berbeda dengan yang sudah ada. Selain itu kamu juga bisa menyesuaikan gambar thumbnail agar lebih berbeda dan menarik. Baca lebih lengkap tentang Cara Membuat Thumbnail Video YouTube Dengan Canva.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

1 komentar: