Cara Upload File Ke Google Drive via URL (Remote Upload)

Cara Upload File Ke Google Drive via URL (Remote Upload)

Karena banyak orang yang kesulitan untuk mengupload file besar ke Google Drive jadi pada artikel ini saya akan membahas Cara Upload File Ke Google Drive via URL yang dapat menghemat kuota internet kamu karena tidak perlu mendownload atau mengupload file dari perangkat, cukup dengan memasukkan URL dari file yang ingin di simpan ke Google Drive.

Cara Upload File Ke Google Drive via URL terbilang jarang digunakan oleh orang karena memang masih sedikit situs web yang memberikan fitur untuk Remote Upload. Terlagi Google yang tidak menghadirkan fasilitas untuk upload file dari jarak jauh.

Oke buat kamu yang ingin menyimpan atau memanfaatkan server Google Drive sebagai sarana untuk mirror file cloud bisa membaca artikel ini sampai akhir.



Apa sih keuntungan menyimpan file di Google Drive?


Kalau ditanya soal keuntungan tentu sangat banyak, Google sebagai pemilik Google Drive tentu sangat mengutamakan keamanan dari setiap data atau file yang disimpan dalam cloud miliknya. Selain itu kita bisa mendapatkan full speed saat mendownload file dari Google Drive. Misalnya, saya ingin mendownload file berukuran besar dari server luar negeri seperti Kali Linux yang berukuran 3GB tentu kecepatan download sangat lambat dan tidak full speed karena server file tersebut berada jauh dari lokasi kita berada, yaitu Indonesia.

Nah untuk mengatasi lambatnya proses download file besar kita perlu memindahkan file yang ada di server luar negeri tersebut ke server Google Drive agar kecepatannya download menjadi full speed. Karena Google Drive tidak menyediakan fitur upload via URL, jadi kita perlu menggunakan situs pihak ketiga untuk melakukannya. Berikut ini caranya:


Cara Upload File Ke Google Drive via URL


1. Pastikan kamu sudah login ke akun Gmail atau Google Drive dan periksalah ketersediaan ruang penyimpanan akun kamu. Jangan sampai file yang mau di upload melebihi ruang penyimpanan.


Ruang Penyimpanan Google Drive


Apabila ruang penyimpanan masih lega, berarti kamu bisa menggunakannya dan jika hampir penuh, silahkan sortir untuk menghapus file dan data-data yang tidak penting. Opsi lainnya adalah menggunakan akun lain jika Google Drive  utama kamu sudah penuh dengan data penting.




2. Jika akun Google Drive sudah siap sekarang kamu bisa melakukan upload via URL dengan menggunakan fitur yang disediakan oleh situs Savetodrive.net. Situs ini juga memberikan banyak pilihan untuk mengupload file seperti Google Drive, Dropbox, Box, pCloud, Dailymotion dan YouTube.


Save To Drive


Kalau kamu ingin mengupload ke Google Drive, klik ikon Google Drive dan jika ingin mengupload ke situs lain pilih ikonnya.


3. Saat ikon di klik kamu akan dibawa ke halaman autentikasi dimana mereka meminta akses untuk bisa terhubung dengan akun kamu, dalam contoh ini saya menggunakan Google Drive dan jika di ijinkan aksesnya maka ikon akan menunjukkan centang berwarna hijau.


Save To Drive Add Cloud


Setelah tanda centang hijau telah muncul itu pertanda kalau kamu sudah bisa melakukan upload via URL ke Google Drive.




4. Masukkan URL file yang ingin kamu upload ke Google Drive.

CATAT : Pastikan URL file yang kamu masukkan adalah URL yang spesifik misalnya http://cdimage.kali.org/kali-2018.2/kali-linux-2018.2-amd64.iso dan jangan masukkan URL yang dibuat otomatis oleh sistem atau short link seperti https://bit.ly/downloadlinuxos.


Remote Upload to Google Drive


Jika sudah klik verifikasi dan klik Upload.


5. Tunggu beberapa detik sampai halaman merespon dengan menampilkan proses uploading ke Google Drive, biasanya memakan waktu beberapa detik saja untuk ukuran file 3GB.


Upload via URL to Google Drive


6. Terakhir adalah cek Google Drive kamu, apakah file yang di upload sudah muncul atau belum. Kalau pesan dari situs Savetodrive menyatakan sukses berarti file berhasil di upload dan akan langsung tampil di Google Drive kamu saat itu juga!


7. Selesai.



Begitulah Cara Upload File Ke Google Drive via URL. Sangat mudah dan singkat, kamu hanya memerukan URL file spesifik yang ingin di upload agar proses upload sukses.


Berikut ini video saat saya mengunggah file besar menggunakan Savetodrive :


Tertarik menggunakan cara ini untuk mengupload dan menyimpan file di Google Drive?

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status