Cara Downgrade Versi Aplikasi Android Dengan Mudah

Cara Downgrade Versi Aplikasi Android Dengan Mudah

Downgrade atau menurunkan versi dari aplikasi Android memang bukan hal yang di ijinkan oleh Google, buktinya Play Store tidak memiliki fitur untuk downgrade aplikasi atau pun game.

Menurunkan versi aplikasi berarti mengembalikannya ke versi sebelumnya (jadul) yang bisa dibilang masih ada kekurangan seperti bug atau fitur yang tidak tersedia. Oleh sebab itulah Google tidak memberilan fasilitas untuk melakukan downgrade.



Tapi di lain sisi, banyak pengguna Android yang ingin menggunakan aplikasi jadul meskipun sudah dianjurkan untuk upgrade ke versi terbaru. Beberapa beralasan karena aplikasi jadul lebih mudah dan ringan digunakan juga hemat RAM. Berbeda dengan aplikasi-aplikasi terbaru yang menguras RAM dan terkadang bikin ponsel hank / LAG.

Karena tidak tersedianya fitur downgrade resmi dari Google, akhirnya saya buat postingan ini untuk membantu teman-teman semua yang sedang mencari cara untuk menurunkan versi aplikasi Android. Berikut ini langkah demi langkahnya.


Cara Downgrade Versi Aplikasi Android Dengan Mudah


1. Pastikan kamu mengingat versi aplikasi jadul yang ingin kamu gunakan. Dan jika di ponsel sudah terinstall aplikasi versi terbaru, uninstall dahulu.




2. Buka situs penyedia APK yang sudah saya jabarkan pada artikel sebelumnya mengenai 5 Alternatif Play Store.


3. Download versi aplikasi yang kamu inginkan.


Aplikasi APK Jadul


Gambar diatas jelas menunjukkan beberapa versi sebelumnya yang bisa kamu download. Situs yang saya gunakan pada screenshot adalah APKPure.


4. Install dan selesai.



CATAT : Apabila kamu menggunakan versi jadul dari aplikasi yang selalu up-to-date seperti FB, IG, dan sosmed lainnya, tentu tidak akan bisa menemukan dan menggunakan fitur-fitur baru.

Cara diatas adalah cara satu-satunya untuk downgrade aplikasi di ponsel Android dengan mudah. Selain itu, belum ada cara lainnya yang bisa menurunkan versi aplikasi Android.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status