Cara Mengatasi Aplikasi Dan Sistem Android Berhenti

Cara Mengatasi Aplikasi Dan Sistem Android Berhenti

Ada banyak alasan yang menyebabkan aplikasi dan siatem Android berhenti bekerja pada ponsel. Alasan paling umum yang di alami banyak orang adalah ruang penyimpanan yang terlalu penuh yang akhirnya membuat aplikasi tidak dapat memperoleh resource yang dibutuhkannya.

Selain ruang penyimpanan, masih ada banyak alasan lain yang mengakibatkan aplikasi dan sistem berhenti beroperasi.



Untuk mengatasi aplikasi dan sistem yang berhenti dan menimbulkan pesan pemberitahuan seperti Sayangnya aplikasi telah berhenti atau Sayangnya com.google.process.gapps telah berhenti dan macam-macam notif lainnya yang mengganggu tentu tidak mudah untuk dibenahi. Kamu harus mencoba berbagai metode agar dapat mengetahui dimana kesalahannya. Dan dibawah ini saya akan berikan beberapa informasi yang bisa kamu coba untuk memecahkan masalah tersebut.


1. Diagnosis Kesalahan

Sebelum melakukan apapun di ponsel, sebaiknya kamu mencari tahu dimana letak kesalahan / error yang terjadi. Apa aplikasi yang rusak dan seperti apa pesan notifikasi yang muncul. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mencari tahu masalah yang sebenarnya ada dimana dan disebabkan oleh apa.


2. Update Semua Aplikasi


Update Aplikasi Play Store


Jika kamu sudah melakukan pengecekan pada langkah no 1, sekarang kamu bisa coba untuk memperbaharui seluruh aplikasi yang meminta update di Play Store. Pastikan kamu mengupdate semuanya ya.




3. Perbaharui Sistem Android


Pembaruan Sistem Android


Beberapa jenis ponsel Android memiliki Framework-nya sendiri seperti Xiaomi salah satunya yang punya Framework sendiri yaitu MIUI. Framework inilah yang harus kamu perbaharui ke versi terbaru agar dapat menyelesaikan masalah yang kamu hadapi. Pembaharuan sistem Android ini bisa kamu temukan pada pengaturan ponsel di bagian Tentang Ponsel (About Phone).


4. Menginstal Semua Aplikasi Resmi Google


Android Sistem


GAPPS adalah singkatan dari Google Apps dimana seluruh sistem milik Google yang tidak terlihat di home screen ponsel harus terinstal seperti sistem WebView, Google Services, dan lain sebagainya. Penyebab hilangnya GAPPS bisa saja karena ponsel yang kamu gunakan sudah di otak-atik seperti perubahan ROM / Custom ROM bahkan karena posel di ROOT.

Cara menginstal GAPPS cukup mudah, kamu hanya perlu mendownload GAPPS Intsaller dan install di ponsel Android kamu, maka seluruh aplikasi Google juga akan terinstal dan kamu hanya perlu memperbaharuinya ke versi terbaru dari pembaharuan di Play Store.




CATAT : GAPPS Installer ada banyak varian, pilihlah yang sesuai dengan jenis ponsel kamu dan jangan sampai salah.

Selain menggunakan GAPPS Installer juga bisa mendownloadnya satu per satu secara manual menurut apa yang tidak ada di ponsel, misalnya Google Services atau Google Play Store.


5. Mengembalikan Ke Pengaturan Pabrik


Reset Ponsel Android



Cara terakhir dan paling ampuh untuk mengatasi aplikasi dan siatem Android yang berhenti adalah dengan mengembalikan seluruh pengaturan ponsel kamu ke default. Umumnya langkah ini akan menghapus seluruh data pada penyimpanan internal ponsel seperti aplikasi dan game, jadi baiknya lepas kartu memori jika kamu menggunakannya. Namun apabila data kamu berada di internal semua, backup seluruh data pentiung terlebih dahulu agar tidak hilang.


Cara Mengatasi Aplikasi Dan Sistem Android Berhenti diatas sudah saya urutkan sesuai dengan step by step. Jadi kamu bisa mencoba dari nomor 1 - 5, apa bila kamu mencoba nomor 2 dan berhasil, berarti kamu tidak perlu melanjutkan ke nomor 3, begitu juga seterusnya.

Tapi, jika ponsel kamu mengalami kerusakan pada bagian hardware tentu saja semua cara diatas tidak akan bisa membenahi masalah tersebut.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status