Cara Merubah Sinyal 3G Ke 4G Di Android

Cara Merubah Sinyal 3G Ke 4G Di Android

Sinyal di ponsel pintar jaman sekarang terbilang banyak pilihan, mulai dari 2G/EDGE, 3G/H/H+ hingga 4G LTE. Semua jenis sinyal tersebut bisa kita gunakan tergantung dimana lokasi kita berada dan paket internet apa yang kita gunakan.

Seperti saya pribadi contohnya yang beberapa hari ini sering menggunakan sinyal 3G/HSDPA karena akhir-akhir ini provider yang saya pakai ada gangguan sinyal 4G di BTS nya. Karena gangguan tersebut, kekuatan sinyal 4G yang jarak BTS (tower pemancar sinyal) hanya beberapa puluh meter dibelakang rumah saya jadi kacau. Bahkan saat download file dari Google Drive yang biasanya 2Mb/s sampai 3Mb/s sekarang hanya 100kB/s di jaringan 4G. Maka dari itu saya beralih ke sinyal 3G untuk sementara waktu yang kecepatan downloadnya di angka 600kB/s sampai 800kB/s.



Jengkel memang karena saya masih memiliki banyak kuota internet 4G yang akhirnya tidak terpakai karena malas menunggu kalau download file besar. Tapi opsi memilih sinyal 3G adalah satu-satunya pilihan terbaik agar saya bisa berinternet dan download, meski lama dan menguras baterai ponsel.

Nah buat kamu yang juga mengalami masalah yang serupa dengan saya bisa mengubah jaringan atau sinyal di ponsel Android kamu ke jaringan yang normal.

INFORMASI : Karena saya menggunakan Xiaomi, jadi screenshot dibawah ini saya ambil menggunakan ponsel Xiaomi.

Untuk tipe ponsel Android lain mungkin agak berbeda cara tapi tetap sama fungsinya. Berikut ini langkah demi langkahnya.


Cara Merubah Sinyal 3G Ke 4G Di Android


1. Buka menu Setelan atau Pengaturan dan pilih Kartu SIM & jaringan seluler.


Kartu SIM & jaringan seluler
Kartu SIM & jaringan seluler


2. Saat Kartu SIM & jaringan seluler diklik maka kamu akan menemukan beberapa pengaturan untuk menyesuaikan sinya. Klik lagi nama provider yang kamu gunakan.




Provider
Provider


3. Selanjutnya pilih Tipe Jaringan Prioritas.


Jaringan Prioritas
Jaringan Prioritas


Pemilihan Jenis Jaringan
Pemilihan Jenis Jaringan Yang Ingin Digunakan


Terakhir tunggu beberapa detik sampai sinyal kamu restart dan muncul lagi dengan jaringan prioritas yang kamu pilih.



Dengan cara ini kamu bisa mengubah jenis sinyal yang ingin kamu gunakan sesuai dengan lokasi kamu berada. Jangan memilih 4G LTE jika lokasi kamu belum terjamah oleh BTS 4G karena jika kamu memilih jaringan yang tidak dapat dijangkau, ponsel akan cepat panas dan baterai cepat habis. Hal itu disebabkan karena ponsel terus menerus berusaha mencari sumber pemancar sinyal BTS.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status