Panduan Lengkap Cara Setting Yoast SEO

Panduan Lengkap Cara Setting Yoast SEO

Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO WordPress paling populer dan digunakan oleh blogger untuk mempermudan pengerjaan SEO (Search Engine Optimization) dari dasbor WordPress langsung. Plugin Yoast SEO memang salah satu plugin terbaik karena selain gratis, fitur yang disedialan juga sangat lengkap dan akurat.

Plugin Yoast SEO menduduki peringkat nomor satu dari sekian banyak plugin SEO untuk WordPress self-hosted dan direkomendasikan untuk pemula hingga professional.



Sayangnya, plugin ini masih sulit untuk dipahami pemula karena terlalu memberikan informasi yang minim di pengaturannya. Apalagi bahasa yang digunakan dalam terjemahan plugin juga terbilang membingungkan orang yang awam di dunia SEO.

Karena hal itu, banyak blogger yang sekedar menginstall plugin Yoast SEO namun tidak melakukan setting agar maksimal.

Nah, pada artikel ini saya mau berbagi sedikit tip untuk mempercepat kamu dalam pemahaman fitur Yoast SEO yang perlu kamu setting agar sesuai dengan harapan dan pastinya blog kamu menjadi maksimal dalam segi SEO.




Oke kita langsung saja ke inti pembicaraan mengenai cara setting Yoast SEO. Perhatikan langkah demi langkah dibawah ini.

INFO : Agar kamu mudah memahami sebaiknya baca artikel ini sambil mempraktikkannya.




1. General


Pada halaman General kamu bisa melihat notifikasi yang diberikan oleh Yoast SEO. Tapi itu tidak penting, yang terpenting adalah mengatur Feature dan Webmaster Tools pada menu General ini.

1.1. Feature


Pada bagian ini kamu bisa menyesuaikan keninginan kamu dalam menggunakan Yoast SEO seperti SEO Analysis, Readability Analysis, dan lain sebagainya.

Kamu boleh ON kan semuanya jika ingin menulis artikel secara maksimal dalam segi SEO.

1.2. Webmaster Tools


Webmaster Tools adalah tempat untuk menyisipkan kode verifikasi dari berbagai mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex dan Baidu.

Untuk mendapatkan kode verifikasi ini kamu perlu mendaftar ke Webmaster masing-masing situs mesin pencari. Agar lebih mudah, dibawah ini sudah saya sediakan link langsung ke halaman Webmaster masing-masing situs.

Google Webmaster
Bing Webmaster
Yandex Webmaster
Baidu Webmaster

Jika sudah mendapatkan kode verifikasi, letakkan pada kolom Webmaster Tools verification dan simpan.

Dengan melakukan verifikasi blog kamu ke mesin pencari akan membuat mesin pencari lebih mudah menemukan halaman-halaman blog kamu dan pastinya berdampak baik pada perkembangan blog.


2. Search Appearance


Search Appearance adalah menu untuk mengatur berbagai META dalam struktur kode blog WordPress kamu. Ada banyak varian fitur META yang disajikan dalam plugin Yoast SEO diantaranya adalah :

2.1. Search Appearance - General


Fitur ini wajib kamu isi sesuai dengan identitas blog kamu seperti Judul, Deskripsi dan Pemisah.


Search Appearance Yoast SEO


Judul boleh kamu isi dengan nama blog kamu sedangkan deskripsi bisa kamu isi dengan keterangan singkat tentang blog kamu dalam 60 kata atau kurang.

Judul dan deskripsi ini akan tampil di mesin pencari saat seseorang mencari dan menemukan halaman depan (homepage) blog kamu.


Search Result Yoast SEO


2.2. Search Appearance - Content Types


Content Types adalah menu untuk memaksimalkan artikel kamu dengan beragam META SEO seperti Judul artikel, Pemisah artikel dan SEO META BOX.

Pengaturan content types boleh kamu biarkan default saja, yang penting SEO META BOX wajib dalam status ON sebab, dengan fitur ini kamu bisa mengkustomisasi META SEO saat sedang menulis artikel.


2.3. Search Appearance - Media


Pengaturan Media harus dalam status ON karena ini akan berdampak pada pencarian gambar di mesin pencari seperti Google Images. Jangan matikan fitur ini jika kamu tidak ingin kehilangan pengunjung yang datang dari pencarian gambar.


2.4. Search Appearance - Taxonomies


Taxonomies adalah pengaturan Judul dan Deskripsi untuk halaman kategori dan tag pada blog kamu.

Tidak perlu merubah apapun pada pengaturan ini, yang pasti status fitur Remove the categories perfix harus ON.


2.5. Search Appearance - Archive


Archive adalah pengaturan untuk mengelola Judul dan Deskripsi halaman Author dan halaman Not Found 404.


Date Archives Yoast SEO


Pengaturan Archive bisa kamu sesuaikan sendiri untuk memilih ENABLE/DISABLE.


2.6. Search Appearance - Breadcrumbs


Breadcrumbs tampaknya bukan fitur yang aneh ya, hampir rata-rata tema WordPress maupun template Blogger sudah menggunakan fitur breadcrumbs. Jadi, kalau di tema atau template kamu sudah ada fitur breadcrumbs, tidak perlu mengaktifkan pengaturan Breadcrumbs Yoast SEO. Tapi kalau belum ada, kamu wajib mengaktifkannya agar permalink kamu tidak tampil eksplisit di hasil penelusuran Google.


2.7. Search Appearance - RSS


Settingan RSS pada Yoast SEO tidak perlu diubah lagi karena sudah pas.




3. Search Console


Sedikit orang yang menautkan Google Search Console dengan Yoast SEO sebab akan membuat halaman dasbor admin lebih lambat karena mengambil data melalui API dari Search Console milik Google. Baiknya, jangan aktifkan fitur ini jika kamu belum menautkannya. Tapi, apabila kamu sudah terlanjur menautkannya, biarkan saja.

Fitur ini sebenarnya penting untuk menampilkan informasi perkembangan blog di mesin pencari. Akan tetapi untuk melihat informasi tersebut kita bisa langsung mengakses Google Search Console dari web browser.


4. Social


Di halaman pengaturan Social kamu bisa memasang link akun sosial media sesuai dengan namanya. Khusus untuk pengaturan Facebook dan Pinterest kamu perlu menyesuaikan API Key dan verifikasi domain blog.


Facebook OpenGraph Yoast SEO


Untuk mendapatkan API Key Facebook kamu bisa membaca dihalaman resmi mereka disini dan untuk Pinterest disini.


5. Tools




Terakhir adalah fitur yang masih jarang dilirik oleh blogger yang awam di bidang SEO. Pada halaman Tools kamu bisa menemukan beragam fitur lainnya yang dapat membantu memaksimalkan pengeditan dan analysis SEO seperti File Editor, Bulk Editor, Text Link Counter dan banyak lagi.

Yang perlu kamu aktifkan disini adalahn Text Link Counter untuk menghitung banyaknya link yang kamu muat pada sebuah artikel.


Nah itulah fitur-fitur utama Yoast SEO yang perlu dan wajib kamu setting agar blog kamu memiliki SEO yang maksimal.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status