Hardentools Software Untuk Menonaktifkan Fitur 'Bercelah' Di Windows

Hardentools: Software Untuk Menonaktifkan Fitur Bercelah Di Windows

Hardentools adalah software keamanan sederhana yang dirancang oleh Claudio Guarnieri, Mariano Graziano dan Florian Probst untuk menonaktifkan fitur yang diekspos oleh sistem operasi Windows. Fitur-fitur ini, umumnya digunakan oleh pengguna Windows Enterprise.

Namun tidak sedikit orang biasa yang menggunakan Windows Enterprise tanpa tahu resiko dan fitur yang terselubung didalamnya yang justru membuat mereka dalam bahaya karena fitur-fitur terselubung di Windows Enterprise sangat sering disalahgunakan oleh hacker untuk mengeksekusi program berbahaya di komputer korban.



Maksud dari software Hardentools ini adalah untuk mengurangi serangan hacker. Hardentools ditujukan untuk pengguna biasa yang mungkin saja beresiko, dan membuat tingkat keamanan ekstra. Menurut pembuatnya, Hardentools tidak dianjurkan untuk penggunaan di komputer perusahaan dan pemerintahan.

PERINGATAN : Hardentools hanyalah eksperimen, tidak dimaksudkan untuk distribusi publik. Juga, software ini bisa menonaktifkan sejumlah fitur termasuk Microsoft Office, Adobe Reader, dan Windows, yang dapat menyebabkan fitur tidak dapat digunakan.

Jika kamu menjalankan Hardentools kamu tidak akan dapat melakukan perhitungan yang rumit dengan Microsoft Office Excel atau menggunakan terminal. Sebelum memutuskan untuk menggunakannya, pastikan kamu sudah membaca artikel ini secara menyeluruh dan mengerti.

Jika kamu sudah yakin ingin menggunakan Hardentools, kamu bisa mendownloadnya langsung dari halaman GitHub.


Bagaimana cara menggunakannya?




Setelah kamu mendownload dan ingin menginstal Hardentools, kamu akan dihadapkan pada dialog User Access Control (UAC) yang meminta konfirmasi untuk bisa memasang Hardentools pada komputer. Klik "Yes".


User Access Control (UAC)


Kemudian, kamu akan melihat window Hardentools dengan tampilan yang sederhana, cukup klik pada tombol "Harden" dan alat ini akan membuat perubahan pada konfigurasi Windows untuk menonaktifkan sejumlah fitur yang mungkin berisiko. Setelah selesai, kamu akan diminta untuk me-restart komputer agar semua perubahan dapat disimpan dan mulai dijalankan dari awal.


Hardentools


Bagaimana cara menghapusnya?


Jika kamu ingin menghapus atau uninstall Hardentools dan mengembalikan pengaturan asli Windows yang dibuat Hardentools, cukup install ulang Hardentools dan pilih tombol "Pulihkan". Klik dan tunggu beberapa saat sampai semua pengaturan yang telah dibuat dikembalikan seperti sebelumnya.


Fitur apa saja yang di nonaktifkan?


Menonaktifkan Windows Script Host
Windows Script Host memungkinkan eksekusi file VBScript dan Javascript pada sistem operasi Windows. Ini sangat umum digunakan oleh malware biasa (seperti ransomware).

Menonaktifkan AutoRun dan AutoPlay
Nonaktifkan AutoRun dan AutoPlay untuk semua perangkat. Sebagai contoh, ini harus mencegah aplikasi secara otomatis mengeksekusi ketika kamu memasang Flash disk ke komputer.

Menonaktifkan powershell.exe
powershell_ise.exe dan cmd.exe yang melalui Windows Explorer
Kamu tidak akan dapat menggunakan terminal dan harus rela untuk tidak bisa memakai PowerShell setelah mengaktifkan Hardentools, sebab, banyak kode berbahaya yang mencoba untuk menginfeksi sistem melalui dua program pengolah kode tersebut.




Mengatur User Account Control (UAC) untuk selalu meminta izin
Bahkan pada perubahan konfigurasi biasa saja window perizinan UAC akan terus muncul. Hal ini menjadikan sebuah "alarm" jika ada program yang berusaha menginfeksi sistem menggunakan akun administrator.

Nonaktifkan ekstensi file yang sering digunakan untuk tujuan jahat
Menonaktifkan ektensi file: ".hta", ".js", ".JSE", ".WSH", ".WSF", ".scf", ".scr", ".vbs", ".vbe" dan ".pif".

Nonaktifkan Macro
Macro terkadang digunakan oleh pengguna Microsoft Office untuk membuat skrip dan mengotomatiskan aktivitas tertentu, terutama perhitungan dengan Microsoft Excel. Namun, Makro saat ini adalah wabah keamanan, dan mereka banyak digunakan sebagai celah untuk eksekusi. Dengan Hardentools, Makro akan dinonaktifkan sepenuhnya.

Nonaktifkan OLE object execution
Aplikasi Microsoft Office dapat menyematkan "OLE object" dan mengeksekusinya, kadang-kadang juga secara otomatis (misalnya melalui animasi PowerPoint). Windows executable, seperti spyware, juga dapat disematkan dan dieksekusi sebagai objek. Ini juga merupakan kesalahan keamanan yang diamati berulang kali, khususnya dalam serangan terhadap aktivis di wilayah-wilayah yang tertindas. Hardentools sepenuhnya akan menonaktifkan fungsi OLE object execution.

Menonaktifkan ActiveX
Menonaktifkan kontrol ActiveX untuk semua aplikasi Office.

Nonaktifkan DDE
Menonaktifkan DDE untuk Word dan Excel.

Nonaktifkan Javascript dalam dokumen PDF
Acrobat Reader memungkinkan untuk mengeksekusi kode Javascript dari dalam dokumen PDF. Ini secara luas disalahgunakan untuk eksploitasi dan aktivitas kejahatan.



Nonaktifkan eksekusi objek yang disematkan dalam dokumen PDF
Acrobat Reader juga memungkinkan untuk mengeksekusi objek yang tertanam didalamnya saat kita membukanya. Hardentools akan menonaktifkan fitur ini.

Mengaktifkan Mode Terproteksi (diaktifkan secara default).

Mengaktifkan Tampilan Terproteksi untuk semua file dari sumber yang tidak tepercaya.

Mengaktifkan keamanan yang ditingkatkan (diaktifkan secara default).

Software Hardentools ini adalah salah satu alat untilitas yang memiliki banyak fungsi canggih dan diperuntukkan bagi orang yang memahami secara mendalam tentang efek samping dari penggunaan.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status