Penyebab Dan Cara Mengatasi Iklan AdSense Tidak Tampil / Blank

Penyebab Dan Cara Mengatasi Iklan AdSense Tidak Tampil / Blank

Sebagian besar orang menempatkan iklan Adsensenya mengikuti aturan-aturan yang sudah disebutkan dalam persyaratan Adsense. Tapi, tidak sedikit yang mengakalinya dengan menyisipkan kode-kode tertentu ke dalam struktur kode iklan maupun template blog.

Iklan Adaense yang di modifikasi tentu tidak akan tampil karena alasan tertentu (biasanya karena terdeteksi curang). Nah buat kamu yang iklan Adsensenya tidak tampil atau blank, bisa memperhatikan penyebab dan cara mengatasinya dibawah ini.



Penyebab Dan Cara Mengatasi Iklan AdSense Tidak Tampil / Blank


1. Akun Belum Di Terima

Penyebab paling umum yang sering terjadi adalah permohonan akun belum diterima oleh pihak Adsense atau masih dalam tahap peninjauan.

Penyelesaian : Tunggu beberapa hari hingga bulan untuk mendapatkan status terbaru dari Adsense yang menyatakan diterima ataukan ditolak. Cek secara rutin Gmail kamu untuk mengetahuinya.


2. Akun Terkena Pelanggaran

Hal yang satu ini tentu membuat publisher terpukul ,sebab akun Adsense yang sudah dibekukan (disable) tidak akan bisa lagi manampilkan iklan. Meskipun masih bisa di ajukan banding, kecil kemungkinan akun yang dibekukan untuk dibuka lagi.

Penyelesaian : Buat akun Adsense baru dan baca aturan yang sudah ditetapkan oleh Adsense. Jangan melanggar kebijakan mereka jika tidak ingin akun Adsense dibekukan.




3. Kode Iklan Konflik Dengan Kode Template

Seperti yang tersirat di halaman Persyaratan Adsense, kode iklan tidak boleh di ubah / modifikasi sedikitpun. Nah, kadang-kadang, blogger tidak sadar menggunakan template blog yang memiliki struktur kode berantakan. Kode yang berantakan tersebut membuat kode iklan Adsense tertimpa dan seperti di modifikasi (untuk memeriksanya bisa dengan inspect element).

Penyelesaian : Rapihkan struktur kode template blog atau web kamu agar tidak terjadi konflik script / tumpang tindih elemen.


4. Pengaturan Iklan Di Akun Adsense

Keempat adalah karena pengaturan si pemilik akun Adsense itu sendiri yang tidak teliti dalam menyesuaikan pengaturan. Periksa bagian pemblokiran iklan dan nilai iklan, jangan sampai memblokir semua kategori iklan atau memberikan nilai iklan dibawah 30% karena jika itu terjadi, bisa dipastikan iklan akan sangat jarang muncul, bahkan tidak muncul sama sekali.

Penyelesaian : Buka akun Adsense dan periksa bagian pemblokiran kategori iklan dan nilai iklan.




5. Perlu Menambahkan ads.txt

Google menyarankan untuk setiap blogger dan pemilik website yang iklannya tidak muncul untuk menggunakan ads.txt. Tidak semua blog dan web harus menggunakan ads.txt namun beberapa harus menggunakannya karena alasan tertentu. Baca panduan penggunaan ads.txt disini.


6. Kesalahan Pada Robots.txt

File robots.txt ternyata menjadi bagian terpenting dalam menampilkan iklan Adsense pasalnya, dengan robots.txt yang salah di konfigurasi akan mengakibatkan iklan tidak muncul / blank.

Penyelesaian : Jika demikian, buat atau ubah file robots.txt pada hosting kamu. Apabila menggunakan blogger, pengaturan robots.txt bisa kamu temukan pada Setelan.

Berikut ini kode robots.txt yang harus kamu gunakan pada blogger maupun web dengan hosting.


User-agent: Mediapartners-Google
Allow: /
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: https://www.domain.com/sitemap.xml


Ubah bagian domain dengan nama domain yang kamu gunakan.



Itulah Penyebab Dan Cara Mengatasi Iklan AdSense Tidak Tampil / Blank di halaman artikel blog atau web.

Penyebab yang paling sering terjadi di kalangan blogger adalah nomor tiga, karena blogger menggunakan template yang mungkin memiliki kode berantakan dan mengganggu kode iklan Adsense.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status