Perbedaan Jenis Blok Mesin RX King Y Dan YP

Perbedaan Jenis Blok Mesin RX King Y Dan YP

Sebagai motor legendaris di kalangan 2 tak, Yamaha RX King masih menjadi primadona bagi sebagian besar penghobinya.

Yamaha sendiri mulai merilis RX King pertama kali pada tahun 1983, tepat setelah saudaranya tak lagi di produksi, yaitu RX-K.

Kehadiran RX King di Indonesia menjadikannya dikenal dengan kesangarannya dalam kebut-mengebut (di jamannya) dan motor ini juga sering dijuluki sebagai motor jambret.



Seiring kemajuan jaman, motor ini tak lagi di produksi demi mengurangi polusi. Di Jakarta sendiri pernah berlaku aturan yang melarang kendaraan 2 tak untuk melintas yang akhirnya membuat harga motor ini turun drastis. Tapi tak lama berselang, aturan tersebut memudar dan Jakarta kembali menerima kehadiran 2 tak yang kemudian mengangkat kembali harga RX King dan 2 tak lainnya.

Ngomong-ngomong soal RX King, tak lengkap kalau tidak memfokuskan topik pembicaraan ke judul. Sesuai judul artikel ini, saya akan berikan informasi mengenai perbedaan jenis blok mesin RX King Y dan YP yang di produksi oleh Yamaha. Berikut ini adalah perbedaannya:


Perbedaan Jenis Blok Mesin RX King Y Dan YP




Blok Y

Blok mesin RX King seri Y adalah blok yang diproduksi di Jepang (Original Japan). Perbedaanya ada pada ketebalan Cylinder dan kekuatannya. Blok seri Y ini dibuat dengan bahan yang lebih padat ketimbang seri YP, dan juga terdapat kode 29N.

Blok seri Y ini mampu di Oversize (OS) sampai 2.50 bahkan lebih. Maka dari itu blok seri Y sering menjadi incaran para penggemar Yamaha RX King dan Drag Bike RX Series.


Blok YP

Blok mesin RX King seri YP adalah blok produksi lokal, tepatnya di Pulogadung. Kalau dibandingkan dengan blok seri Y, blok YP lebih enteng dan Cylinder-nya lebih tipis. Blok YP memiliki kode 3KA yang artinya buatan Indonesia.



Banyak orang awam beranggappan kalau blok seri YP itu tidak setangguh blok seri Y. Padahal untuk masalah performa masih tetap sama saja dengan blok seri Y.

Itulah perbedaan jenis blok mesin RX King Y dan YP. Sebagai informasi saja, blok seri Y adalah blok original Yamaha RX King keluaran tahun 2001 kebawah. Sedangkan untuk RX King produksi tahun 2001 keatas sudah menggunakan blok seri YP dari bawaan motornya.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status