15 Tips Trik OPPO F7 Yang Wajib Kamu Ketahui

15 Tips Trik OPPO F7 Yang Wajib Kamu Ketahui

Salah satu varian smartphone besutan OPPO yang paling populer adalah OPPO F7, dimana seri ini benar-benar berbeda dari yang sebelumnya.

OPPO F7 memiliki fitur yang sangat cocok buat kamu yang gemar fotografi maupun selfie. Jelas saja, kamera yang dibenamkan pada OPPO F7 tergolong luar biasa. Bayangkan, kamera belakang OPPO F7 berukuran 16 MP sedangkan kamera depan 25 MP untuk selfie yang dibekali dengan fitur AI untuk membuat foto menjadi lebih bersih, natural dan tajam.



Ponsel yang dirilis pada April 2018 lalu ini laris manis dipasar gadget Indonesia dan sampai saat ini masih menjadi buruan para maniak selfie.

Selain itu, OPPI F7 juga membawa sistem yang cukup luar biasa dengan RAM 4GB serta ruang penyimpanan 64GB membuat kita leluasa menggunakan ponsel tersebut. Belum lagi layar berukuran 6,2 inch yang sangat luas dengan jenis layar berponi.


OPPO F7 Selfie Expert


Karena termasuk dalam ponsel canggih terbaru, OPPO F7 masih jarang yang mengotak atik, sekalipun ada itu hanyalah beberapa tweak sederhana atau memanfaatkan fitur tersembunyi. Nah disini saya ingin berbagi beberapa tips trik OPPO F7 yang mungkin kamu perlukan atau sekedar pengetahuan.


15 Tips Trik OPPO F7 Yang Wajib Kamu Ketahui



1. Cara Kembalikan OPPO F7 Ke Pengaturan Pabrik (Hard Reset)

Untuk mengmbalikan ponsel ke pengaturan pabrik, kamu hanya perlu masuk ke pengaturan dan memilih Pengaturan Tambahan. Setelah itu buka dan pilih Buat cadangan dan reset, maka kamu akan menemukan beberapa pilihan untuk mengatur ulang OPPO F7 ke pengaturan pabrik.


Hard Reset OPPO F7

CATAT : Jika memilih untuk menghapus seluruh data, pastikan kamu sudah mencadangkan data penting agar tidak ikut terhapus.



2. Cara Aktifkan Mode Pengembang OPPO F7

Mode Pengembang atau Developer Mode adalah fitur yang hanya bisa kamu gunakan setelah mengaktifkannya melalui Tentang Ponsel. Cara mengaktifkannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengetuk sebanyak 5 kali pada bagian Nomor bentukan.


Developer Mode OPPO F7



3. Cara Buat Lima Ikon Berjejer Di Menu Home Screen

Yang satu ini mungkin sudah pernah kamu coba, atau malah sedang kamu gunakan? Ya, dengan mengubah tampilan menu menjadi lima ikon berjejer kesamping membuat tampilan ponsel kamu seperti tablet. Tapi sayangnya ikon menjadi sangat dekat satu sama lainnya.


Tata Letak Layar Depan OPPO F7



4. Cara Aktifkan Screenshot Tiga Jari

Nah ini yang paling kita semua butuhkan ya hehe. Melakukan screenshot dengan menyeret 3 jari sekaligus di layar adalah cara untuk membuat screenshot tanpa menekan tombol fisik. Oleh karena itulah tombol fisik jadi sangat jarang ditekan dan sedikit lebih awet.


Screenshot 3 Jari OPPO F7



5. Cara Membuat Screenshot Panjang Di OPPO F7

Kalau kamu sering menyimpan cerita atau artikel yang diambil dari internet dengan screenshot panjang, di OPPO F7 hal itu juga bisa dilakukan. Cara mengambil screenshot panjang di OPPO F7 juga sangat mudah, pertama kamu ambil screenshot seperti biasa dan saat screenshot sudah diambil buru-buru ketuk hasilnya yang masih mengapung di sudut kanan bawah layar, kemudian klik pilihan Gambar layar untuk mengambil screenshot panjang.


Screenshot Panjang OPPO F7




6. Cara Menyembunyikan Ikon Navigasi OPPO F7

Pada ponsel OPPO F7 tombol navigasi fisik digantikan dengan ikon di dalam layar yang membuat layar menjadi lebih terlihat luas dan mewah. Navigasi yang ada di dalam layar tersebut juga bisa disembunyikan dengan pengaturan yang diubah suaikan.


Menyembunyikan Navigasi OPPO F7



7. Cara Kunci Aplikasi OPPO F7

Meningkatkan keamanan pada ponsel pribadi adalah hal yang wajib dilakukan agar siapapun tidak dapat mengakses informasi dan data penting. Untuk mengamankannya yang paling mudah adalah dengan mengunci aplikasi. OPPO F7 membawa fitur kunci aplikasi yang bisa dipilih mana saja aplikasi yang menurut kamu perlu untuk dikunci. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan dan buka Keamanan. Setelah itu buka menu Enkripsi Aplikasi dan pilih aplikasi mana yang mau kamu kunci.


Enkripsi Aplikasi OPPO F7



8. Cara Nonaktifka TouchPal for OPPO (Keyboard Aman)

Secara khusus pihak OPPO menyediakan keyboard aman agar kamu bisa lebih terlindungi dari pencurian data. TouchPal adalah nama keyboard tersebut dimana saat mengetikkan password atau informasi penting keyboard ini akan otomatis muncul.

Buat kamu yang merasa kurang leluasa dengan fitur keyboard aman ini bisa menonaktifkannya dari pengaturan.


Nonaktifkan TouchPal OPPO F7


CATAT : Saya anjurkan agar tetap mengaktifkan TouchPal agar informasi pribadi yang kamu ketikkan tidak dapat dibaca oleh aplikasi lain yang ada di ponsel.



9. Cara Setting Gboard Agar Nyaman Digunakan Mengetik

Pernah ga sih kamu ngetik tapi selalu muncul koreksi teks otomatis / typo? Jika kamu merasa terganggu, kamu bisa menonaktifkan auto correct atau koreksi teks otomatis pada pengaturan keyboard yang digunakan.

Karena OPPO F7 membawa Gboard sebagai keyboard defaultnya, jadi pengaturannya ada di dalam pengaturan ponsel yang bisa kamu sesuaikan agar nyaman digunakan untuk mengetik.


Koreksi Teks Gboard



10. Cara Aktifkan OTG DI OPPO F7

On the Go atau OTG adalah cara mengirim, menerima dan membaca data dimanapun dan kapanpun melalui port charger ponsel. Saat ini hampir seluruh ponsel pintar seperti OPPO F7 sudah disisipkan fitur OTG yang bisa kamu gunakan, tapi terlebih dahulu kamu harus mengaktifkannya melalui pengaturan ponsel.




Cara mengaktifka OTG di OPPO F7 juga gampang, pertama-tama buka pengaturan ponsel, lalu buka Pengaturan Tambahan dan aktifkan fitur OTG tersebut.


Mengaktifkan OTG Di OPPO F7



11. Cara Kelola Izin Aplikasi

Izin aplikasi ialah fitur perizinan yang memungkinkan aplikasi atau game mengelola ponsel kamu. Ada banyak izin yang perlu kamu perhatikan demi keamanan seperti lokasi, baca kontak dan mengambil foto atau video. Sebab, jika aplikasi yang diberi izin untuk itu akan bisa menggunakan seluruh fitur di ponsel dan juga bisa mengirimkannya ke server pribadi milik merekameskipun itu tidak tertulis pada bagian syarat penggunaan aplikasi.

Selalu cek izin aplikasi yang kamu install di ponsel secara berkala agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.


Izin Aplikasi


CATAT : Aplikasi populer seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dll memerlukan seluruh izin yang saya sebutkan. Jadi jangan blokir izin apapun pada aplikasi populer.



12. Cara Menggandakan Aplikasi (Clone)

Menggandakan atau Clone aplikasi dan game di Android tampaknya bukan hal baru. Beberapa brand ponsel pintar sudah membenamkan fitur ini pada sistem operasi bawaannya.

Khusua di OPPO F7 kamu bisa menggandakan aplikasi tertentu yang direkomendasikan oleh OPPO pada pengaturan ponsel.


Clone Apps OPPO F7



13. Cara Blokir Panggilan Telpon Saat Bermain Game

Gamers tentu sangat jengkel saat sedang asik bermain game di ponsel tiba-tiba ada telpon masuk. Karena hal itu bisa memutus koneksi internet dan membuat game otomatis terhenti.

Di pengaturan Mode Game OPPO F7 kamu diberikan fitur untuk memblokir panggilan masuk. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memblokir notifikasi yang bisa mengganggu layar pandang saat permainan berlangsung.


Akselerasi Game OPPO F7



14. Cara Menghapus Data Tidak Terpakai

Kalau dulu Android masih jarang yang menyediakan fitur penghapus data tidak terpakai (Clean), kini fitur itu sudah menjadi kewajiban di setiap ponsel Android yang diproduksi tahun 2015 keatas.

Seperti di ponsel Android terbaru lainnya, OPPO F7 juga dibekali dengan fitur Cleaner yang memungkinkan kamu untuk menghapus data tidak terpakai / file sampah untuk memperluas ruang penyimpanan.


Cleaner OPPO F7



15. Cara Kirim dan Terima File Ke Komputer Tanpa Kabel Data

Transfer file dari ponsel ke komputer atau sebaliknya bukanlah hal yang baru. Cara ini sudah lama digunakan oleh orang yang memahami FTP (File Transfer Protocol) dengan memanfaatkan satu koneksi internet yang sama.

Untuk menggunakan FTP ini kamu harus menggunakan koneksi internet yang sama antara ponsel dan komputer atau juga bisa theatring koneksi ponsel ke komputer. Jika sudah melakukannya, kamu bisa mengaktifkan FTP dari aplikasi File yang ada di ponsel. Cara mengaktifkannya adalah dengan mengaktifkan Kelola File Ponsel dari Jauh. Setelah itu kamu bisa mengetikkan alamat IP di Explorer komputer.

Kelola File Ponsel dari Jauh


Cara mentransfer ini juga bisa memakai software pihak ke-3 yang pernah saya tulis beberapa waktu lalu di artikel ini.



Diatas adalah tips trik OPPO F7 yang tidak memanfaatkan aplikasi pihak ke-3. Jadi seluruhnya menggunakan fitur asli bawaan ponsel.

Untuk tips trik lainnya yang menggunakan aplikasi pihak ke-3 serta komputer sebagai pendukung akan saya posting pada artikel berikutnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status