Cara Mengetahui Jenis dan Merk Hardware PC / Laptop Tanpa Bongkar CPU

Hardware Komputer

Bagi sebagian besar orang mengetahui jenis dan merk atau brand dari seluruh hardware yang terdapat pada komputer mungkin hal yang tidak begitu penting, tapi justru sebaliknya bagi orang yang gemar mengotak-atik komputer atau laptop. Rincian atau detail dari hardware sangat dibutuhkan untuk pengetahuan atau sekedar mendapatkan informasi jika ingin mengganti hardware yang rusak.

Sekarang kamu bisa bayangkan jika memiliki sebuah CPU komputer dengan spesifikasi yang orang sebut-sebut maknyus (contoh: intel i7, ram 8gb, vga 2gb), seandainya ram mengalami kerusakan dan komputer sering mati tiba-tiba. Saat kamu datang ke toko komputer dan bertanya untuk mencari memori 8gb kemudian penjaga toko menanyakan merk dan serinya, apa yang akan kamu jawab?

Disitulah gunanya mengetahui jenis dan merk dari hardware yang ada pada komputer pc atau laptop kamu.





Begitu juga jika ingin merakit CPU yang wuzzz wuzzz. Kebanyakan menganggap bahwa rincian sederhana seperti Prosesor, RAM dan VGA Card itu adalah patokan yang mutlak, nyatanya untuk mendapatkan atau merakit sebuah CPU yang bisa ngelibas semua game HD bahkan merender video dengan software berat tidaklah semudah itu. Kita harus tahu apa saja jenis dan merk hardware yang digunakan agar CPU dapat memenuhi kebutuhan kita.

Pernah kan kamu melihat sebuah situs web software memberikan informasi terkait software buatannya yang membutuhkan spesifikasi komputer khusus? Kita ambil contoh AutoCAD 2018, yang mana software ini membutuhkan system requirements seperti :




Untuk mengetahui apakah komputer kamu mampu atau tidak menjalankan software dengan spesifikasi khusus seperti AutoCAD, berikut ini adalah software sederhana yang bisa mendeteksi berbagai macam jenis dan merk hardware pc atau laptop kamu tanpa harus membongkar kesing CPU.




1. Speccy

Speccy adalah software yang paling efektif untuk mengetahui seluruh jenis dan merk hardware yang ada pada pc maupun laptop yang sedang kamu gunakan. Cukup dengan menginstallnya di komputer dan menjalankannya, kamu bisa langsung melihat rincian dari masing-masing hardware secara jelas.


Speccy
Tampilan Awal Speccy


Speccy Motherboard
Informasi Motherboard @ Speccy


Speccy Processor
Informasi Processor @ Speccy


Speccy VGA
Informasi VGA @ Speccy


Gambar diatas membuktikan bahwa seluruh hardware di komputer dapat dibaca dalam hitungan detik oleh Speccy dan itu 100% akurat.




Speecy sendiri adalah software yang dibuat oleh Piriform yang mana mereka juga pengembang software legendaris CCleaner.



2. HWiNFO

Apakah kamu pernah mendengar atau menggunakan software pengecek spesifikasi ponsel bernama CPU-Z? Jika pernah, berarti kamu sudah mengetahui keakuratan software tersebut bukan? Selain sebagai software untuk mengetahui spesifikasi ponsel dan komputer secara singkat, CPU-Z juga menjadi patokan untuk mengetahui ponsel asli atau tiruan. Dengan melihat jenis prosesor dan CPU tentu saja ponsel asli dan duplikat akan sangat jauh berbeda.

Tapi di artikel ini saya sedang tidak ingin membahas CPU-Z, melainkan kakak dari software itu yang bernama HWiNFO.



HWiNFO ialah software yang paling lengkap untuk mendeteksi semua model dan merk hardware di pc atau laptop. Kamu tidak perlu repot untuk membongkar-bongkar kesing komputer jika ingin mencari tahu seri hardware yang ada pada komputer, misalnya RAM, VGA atau Motherboard.


HWiNFO
Tampilan Awal HWiNFO


HWiNFO Motherboard
Informasi Motherboard @ HWiNFO


HWiNFO Processor
Informasi Processor @ HWiNFO


HWiNFO VGA
Informasi VGA @ HWiNFO


Memang tidak jauh berbeda dengan Speccy, HWiNFO juga memberikan informasi sangat lengkap dan akurat dalam mendeteksi model dan brand hardware yang terpasang pada komputer.

Nah pilihlah salah satu dari dua software pendeteksi jenis dan merk hardware diatas untuk mengecek apa jenis dan merk hardware yang ada di CPU atau laptop kamu.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar